Inspiratif

Sejarah dan Isi teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan peristiwa penting dalam sejarah negara. Peristiwa ini merupakan tanda bahwa negara Indonesia telah dibebaskan dari penjajahan asing. Kemerdekaan Indonesia ditandai pada tanggal 17 Agustus 1945 dengan Soekarno membacakan teks proklamasi dan didampingi oleh Mohammad Hatta.
Lalu bagaimana isi dan sejarah teks proklamasi tersebut?

Di Balik Perumusan Teks Proklamasi

Munculnya teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dimulai ketika sekutu menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki. Akhirnya di tanggal 15 Agustus 1945, Kaisar Hirohito menyatakan menyerah tanpa syarat kepada sekutu.
Penyerahan Jepang pada Perang Dunia II dimanfaatkan oleh para pemuda Indonesia untuk segera membebaskan Indonesia.

Namun, semangat ini menyebabkan adanya perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan muda.
Golongan muda yang dipimpin oleh Chaerul Saleh ingin segera melaksanakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Sedangkan golongan tua yang terdiri dari Soekarno, Moh. Hatta, dan yang lainnya tidak ingin terburu-buru karena takut terjadinya pertumpahan darah.

Akibat perbedaan pendapat ini, golongan muda terpaksa harus menculik Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok untuk segera menyatakan Kemerdekaan Indonesia. Alhasil, desakan dari golongan muda itu disepakati untuk segera mendeklarasikan atau memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia. Kemudian antara malam tanggal 16 Agustus 1945 dan di pagi hari tanggal 17 Agustus 1945, dilakukan upaya untuk Menyusun teks Proklamasi.

Perumusan teks Proklamasi dilaksanakan di kediaman Laksamana Maeda yang berada di Jalan Imam Bonjol Nomor 1, Jakarta Pusat. Teks tersebut diketik oleh Sayuti Melik diatas kertas dengan tinta hitam dan kemudian ditandatangani oleh Soekarno dan Mohammad Hatta.

Baca Juga: 3 Cara Istimewa Rayakan Kemerdekaan Ala Warga Pedalaman

Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilaksanakan di kediaman Soekarno, yang berlokasi di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta.

Berikut ini isi dari teks Proklamasi:

Sumber: thebellbrigade.com

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05 Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta.

Referensi:

https://www.99.co/blog/indonesia/isi-teks-proklamasi-kemerdekaan-indonesia/

https://katadata.co.id/safrezi/berita/61a0681ac32e6/sejarah-dan-isi-teks-proklamasi-kemerdekaan-indonesia

https://katadata.co.id/safrezi/berita/61a0681ac32e6/sejarah-dan-isi-teks-proklamasi-kemerdekaan-indonesia