Kisah Pedalaman
Resolusi Akhir Tahun Untuk Pedalaman Indonesia
resolusi-akhir-tahun

Tak terasa, Tahun 2021 tinggal tersisa beberapa hari lagi. Banyak hal terjadi di tahun ini, masing-masing mengandung banyak hikmah dan pelajaran sebagai bekal di masa depan.

Demi menjadi pribadi yang lebih baik, kita bisa merancang rencana-rencana untuk menghadapi tahun yang baru. Momen yang sangat tepat karena saat itu energi dan semangat kita juga ikut terbarukan.

Berbagai rancangan, tujuan, dan keinginan dalam hidup tertuang di lembar bernama ‘Resolusi Akhir Tahun.’ Harapannya, dengan adanya resolusi akhir tahun hidup kita akan semakin terarah dan jelas.

Sama seperti kita, saudara-saudara kita di pedalaman juga memiliki harapan di tahun yang akan datang. Apa saja itu? Mari kita simak resolusi akhir tahun untuk pedalaman Indonesia :Lebih Banyak Orang Sakit yang Terbantu

Sakit adalah ujian yang diberikan Tuhan untuk menguji seberapa kuat keimanan hamba-Nya. Di pedalaman sana, karena jauhnya jarak dan sulitnya akses, masyarakat terkadang kesulitan mendapatkan pengobatan yang layak.

Apalagi, untuk penyakit-penyakit yang langka seperti facial cleft, kanker otak, kanker mulut, dan hidrosefalus tentu membutuhkan penanganan khusus dan fasilitas yang baik.

Tahun depan, kita berharap lebih banyak lagi orang sakit yang bisa terbantu sehingga sembuh seperti sedia kala.

Lebih Banyak Masjid yang Dibangun

Masjid menjadi bagian penting khususnya bagi umat islam. Tidak hanya untuk tempat beribadah, masjid juga memiliki fungsi-fungsi lain seperti menjadi tempat pengajian, musyawarah, dan pusat dakwah.

Di daerah minoritas pedalaman, tidak banyak masjid yang tersedia. Warga juga harus berjalan berkilo-kilometer demi bisa sholat berjamaah.

Masjid yang ada pun juga kondisinya banyak yang sudah tidak layak pakai. Karena keterbatasan ekonomi warga tak mampu membangunnya kembali.

Padahal, warga pedalaman sangat bersemangat dalam beribadah ke masjid.

Dengan dibangunnya banyak masjid, warga di pedalaman akan semakin nyaman dan merasa aman ketika beribadah.

Pendidikan yang Layak Untuk Anak Pedalaman

Pendidikan adalah aspek terpenting untuk membangun generasi yang akan datang. Di Indonesia sendiri terdapat ketimpangan pendidikan khususnya di daerah timur Indonesia.

Contohnya, ketika sekolah diliburkan karena pandemi covid-19, anak-anak di pedalaman menjadi tidak bisa belajar dan mengakses fasilitas pendidikan yang ada di sekolah. Tak seperti anak-anak di kota, mereka tak punya smartphone dan akses internet yang biasanya digunakan untuk belajar via online.

Jika sekolah masuk pun, terkadang mereka harus bergantian membaca buku karena jumlah buku di sekolah jumlahnya terbatas.

Kesejahteraan Guru Pedalaman

Memilih untuk menjadi guru di pedalaman Indonesia adalah profesi yang begitu mulia sekaligus penuh perjuangan. Mereka harus menghadapi beragam kesulitan demi bisa mencerdaskan anak-anak bangsa.

Gaji yang diterima oleh guru-guru di pedalaman juga sangat jauh dari kata cukup. Salah satunya adalah Pak Amir, seorang guru honorer di MIS Wolwal, Kabupaten Alor, NTT. Setiap bulan honornya hanya Rp300.000 per bulan. Belum lagi Pak Amir harus berjalan sejauh 2 km setiap harinya untuk menuju sekolah tempat ia mengajar.

Di tengah kesulitan, mereka tetap berjuang sekuat tenaga demi menjadi pelita bagi anak-anak di pedalaman.

Kurban Di Pedalaman

Kurban menjadi momen spesial yang selalu ditunggu kedatangannya oleh seluruh umat muslim di dunia. Di pedalaman, keterbatasan ekonomi membuat mereka tidak banyak berkurban.

Namun berkat bantuan dari Sahabat Pedalaman seluruh Indonesia, kurban di pedalaman semakin tahun semakin meningkat jumlahnya. Tahun ini, sudah ada 2.500 kurban yang membahagiakan masyarakat di pedalaman.
Resolusi akhir tahun ini, kita sama-sama berharap agar tahun depan lebih banyak lagi kurban yang bisa kita layarkan ke pedalaman.

Sahabat, di momen akhir tahun ini. Selain merencanakan resolusi untuk tahun depan, kita juga harus banyak berdoa agar tahun 2021 menjadi tahun yang baik untuk kita semua.

Demi mewujudkan resolusi untuk pedalaman Indonesia, ada setitik asa yang bisa kita lakukan untuk mereka. Sahabat bisa bersedekah akhir tahun di sini.