NTT Pendidikan

Pesona Goa Kristal, Surga NTT yang Wajib Dikunjungi

goa kristal ntt

Menjelajah keindahan alam di daerah Nusa Tenggara Timur seakan tak ada habisnya. Provinsi yang terketak di Indonesia bagian timur ini menyimpan banyak pesona yang akan memanjakan mata bagi siapa pun yang berkunjung. 

Tak hanya pantai-pantainya yang indah, Nusa Tenggara Timur rupanya memiliki surga wisata lain yang tak kalah mengagumkan. Salah satunya adalah Goa Kristal, goa yang unik dan menyimpan pesonanya tersendiri. 

Ketika mendengar kata kristal, mungkin Sahabat akan beranggapan jika goa ini bergelimang batu perhiasan. Namun sebenarnya tu hanyalah kiasan saja. Penamaan kristal pada goa ini  menggambarkan akan adanya air dan batuan mirip kristal didalam nya yang membentuk seperti kolam renang. 

Apabila Sahabat berkesempatan mengunjungi Nusa Tenggara Timur, Goa Kristal NTT ini bisa menjadi salah satu rekomendasi destinasi wisata yang bisa Sahabat datangi. Penasaran seperti apa keindahan Goa Kristal NTT? Yuk kita cari tahu lebih lanjut! 

Pesona Goa Kristal NTT 

1.Lokasi Goa Kristal NTT 

Goa Kristal NTT merupakan salah satu tempat wisata favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke daerah Nusa Tenggara Timur. Secara administratif, Goa Kristal NTT ini berada di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Goa Kristal NTT berada di daerah Pelabuhan Bolok atau sekitar 20 kilometer dari pusat kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. 

2.Rute dan Akses Menuju Goa Kristal NTT 

Rute menuju Goa Kristal NTT ini tak terlalu sulit untuk ditempuh. Lokasinya sangat dekat dengan Kota Kupang hanya memerlukan waktu tempuh 30 menit dengan menggunakan sepeda motor atau kendaraan mobil. Sahabat juga tidak perlu kebingungan akan akses atau petunjuk jalan menuju lokasi goa ini. 

Apabila memulai perjalanan dari arah Kota Kupang, Sahabat cukup mengambil arah menuju Pelabuhan Bolok karena lokasi sangat berdekatan dengan Pos Polisi Air Pelabuhan Bolok. Sesampainya di sana, Sahabat bisa menaruh kendaraan di dekat Pos Polisi Air Bolok lalu berjalan kaki sekitar 500 meter untuk sampai ke bibir goa. 

Apabila Sahabat sudah tiba di bibir goa, akses untuk menuju tempat utama atau ke dasar goa agak sedikit menantang. Sahabat harus menuruni batuan terjal dan licin sepanjang 20-25 meter. Namun jangan khawatir, Sahabat juga bisa menyewa jasa pemandu untuk menjelajah Goa Kristal NTT ini supaya lebih aman. 

Baca juga : Keindahan Danau Tiga Warna di Pulau Flores NTT

3.Pesona Goa Kristal NTT 

Letak Goa Kristal NTT berada di dalam celah Goa Karst. Di sini Sahabat akan melihat pemandangan dinding-dinding goa yang dipenuhi bebatuan. Di dasar Goa Kristal NTT yang memiliki luas 30 meter persegi ini, Sahabat akan menemukan kolam air. 

Kolam tersebut berukuran panjang 10 meter dan lebar 3 meter dengan kedalamannya mencapai 8 meter. Di kolam, Sahabat akan takjub melihat air di kolam ini begitu jernih. Saking jernihnya, Sahabat dapat melihat dengan jelas bagian dasar kolam. Inilah yang membuatnya mendapat julukan Goa Kristal. Dasar kolam yang begitu jernih akan menampakkan bebatuan di dalamnya bak kristal.

Di kolam ini Sahabat akan melihat perpaduan warna yang sempurna dari gradasi warna biru tua dan biru muda pada air. Jenis air di Goa Kristal NTT ini adalah air payau, karena goa ini terhubung dengan air laut yang tak jauh dari goa. Air yang berasal dari pori-pori goa jatuh dari sisi stalaktik yang ada di langit-langit goa.

Selain jernih, air pada kolam ini akan terasa menyegarkan. Sahabat juga bisa berendam dan berenang di kolam Goa Kristal NTT ini. 

4.Tips Berkunjung ke Goa Kristal NTT 

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Goa Kristal NTT adalah di waktu siang hari. Di siang hari, pancaran sinar matahari masuk melalui celah-celah gua dan memantulkan cahayanya di dasar air sehingga Sahabat akan menemukan kilauan warna biru yang menakjubkan.

Ada baiknya juga agar Sahabat membawa alat penerang pribadi seperti senter untuk digunakan saat Sahabat hendak menuruni batuan terjal dan licin. Hal ini dikarenakan cahaya yang masuk terbilang kurang sehingga Sahabat mungkin membutuhkan senter sebagai alat bantu.

Jangan lupa juga untuk membawa pakaian ganti atau pakaian renang masing-masing supaya Sahabat dapat langsung mengganti pakaian yang basah. Selain itu, disarankan pula untuk membawa bekal makanan dan minuman ringan yang cukup. Ini karena tidak ada penjual makanan di sekitar goa.

5.Harga Tiket Masuk 

Pengunjung yang berwisata ke Goa Kristal NTT ini juga tidak dipungut tiket masuk. Namun bagi Sahabat yang hendak menggunakan jasa pemandu untuk mengantarkan hingga ke lokasi, Sahabat dapat membayar seikhlasnya saja.

Selain berbagai destinasi wisata yang dikenal dengan keindahan alamnya, ada banyak hal lainnya yang bisa Sahabat temukan di pedalaman Indonesia Timur. Klik di sini untuk mengenal lebih jauh pedalaman Indonesia.

Baca juga : 8 Alat Musik Khas Nusa Tenggara Timur

Sumber artikel : 
https://genpi.id/gua-kristal-di-kupang/
https://indonesiakaya.com/pustaka-indonesia/menyelami-keindahan-gua-kristal-di-tengah-teriknya-kota-kupang/