Pendidikan

Keindahan Danau Tiga Warna di Pulau Flores NTT

danau tiga warna

Pulau Flores yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah dikenal dengan keindahan alamnya. Salah satu destinasi wisata yang memiliki pesona mengagumkan sekaligus keunikannya tersendiri adalah Danau Kelimutu atau yang juga dikenal dengan nama Danau Tiga Warna. 

Seperti namanya, danau ini memang memiliki tiga warna yang berbeda. Dengan keunikan yang dimiliki tersebut, Danau Kelimutu tentu menjadi salah satu tujuan wisata yang tak boleh Sahabat lewatkan saat mengunjungi Pulau Flores. Penasaran untuk melihat seperti apa keindahan Danau Kelimutu ini? Yuk kita intip sedikit pesona yang dimiliki danau ini! 

Pesona Danau Tiga Warna di Pulau Flores

1.Sejarah Danau Tiga Warna 

Mulanya lokasi danau ini ditemukan pertama kali oleh seorang warga negara Belanda bernama Van Such Telen pada tahun 1915. Keindahannya kemudian dikenal luas setelah ditulis oleh Y Bouman pada tahun 1929 sehingga mengundang banyak wisatawan untuk datang ke tempat ini. 

Legenda menceritakan jika danau ini tercipta akibat peperangan besar antara dua tokoh legenda bernama Ata Bupu dan Ata Polo. Masyarakat sekitar juga meyakini jika tiga warna di masing-masing danau memiliki makna tersendiri. 

Danau dengan warna air cenderung biru atau disebut dengan “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” diyakini oleh masyarakat sekitar sebagai tempat berkumpulnya roh-roh orang yang menutup usia ketika mereka masih muda.

Sementara danau dengan air yang berubah berwarna merah atau disebut dengan “Tiwu Ata Polo” diyakini menjadi tempat berkumpulnya roh-roh manusia yang jahat. Sedangkan danau berwarna putih atau disebut dengan “Tiwu Ata Mbupu” diyakini menjadi tempat bersemayamnya roh-roh para tetua mereka.

Namun, jika dilihat dari penjelasan ilmiah yang dilakukan oleh para peneliti, perubahan warna yang terjadi di danau tersebut disebabkan oleh adanya mikroorganisme yang hidup di sana. Tak hanya itu saja, perubahan suhu juga menjadi alasan lain mengapa air di dalam danau dapat berubah dalam kurun waktu tertentu.

Baca juga: 5 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat ke Labuan Bajo

2.Lokasi Danau Tiga Warna

Danau Tiga Warna merupakan kawasan danau di Pulau Flores yang memiliki luas hingga 1.051.000 meter persegi dan mampu menampung air hingga 1.292.000 meter kubik. Danau ini memiliki ketinggian sekitar 50 hingga 150 meter dengan kemiringan mencapai 70 derajat. Dikenal dengan nama Danau Kelimutu karena letaknya yang berada di Pegunungan Kelimutu. 

Lokasinya juga masih satu kawasan dengan Taman Nasional Kelimutu yang berada di Kabupaten Ende. Sahabat bisa mencapai danau ini dengan memulai perjalanan dari pusat Kota Ende. Dari pusat kota, Sahabat hanya perlu melakukan perjalanan menuju Desa Moni, salah satu desa di Pulau Flores yang berada di bawah kaki Gunung Kelimutu. 

Dari Desa Moni, Sahabat perlu melanjutkan perjalanan selama 30 menit dengan berjalan kaki untuk sampai ke gerbang Taman Nasional Kelimutu. 

3.Pesona Keindahan Danau Tiga Warna 

Seperti namanya, daya tarik utama dari Danau Tiga Warna yang terletak di Pulau Flores ini adalah warna air danaunya yang bisa berubah. Danau kelimutu memiliki tiga kubangan raksasa. Masing-masing kubangan mempunyai warna air yang selalu berubah setiap tahunnya. 

Air di salah satu tiga kubangan berwarna merah dan dapat menjadi hijau tua serta merah hati; di kubangan lainnya berwarna hijau tua menjadi hijau muda; dan di kubangan ketiga berwarna coklat kehitaman menjadi biru langit.

Selain menikmati keunikan danaunya, Sahabat juga bisa menikmati keindahan Pegunungan Kelimutu di sekitar danau ini. Di sekeliling gunung, Sahabat dapat menemukan tumbuh-tumbuhan yang jarang ditemukan di wilayah Pulau Flores lainnya seperti pinus, cemara, kayu merah dan edelweis. 

Tak hanya kekayaan fauna, wilayah Hutan Kelimutu ini juga kaya akan ragam fauna seperti rusa, babi hutan, ayam hutan, elang dan lain-lain. Di pagi hari, Sahabat juga bisa menyaksikan keindahan matahari terbit di tempat ini yang tentunya akan menjadi momen tak terlupakan. 

4.Tips Berwisata ke Danau Kelimutu 

Supaya mendapatkan pengalaman terbaik saat berwisata ke Danau Tiga Warna di Pulau Flores ini, Sahabat sebaiknya melakukan perjalanan sejak dini hari agar tidak tertinggal momen matahari terbit. Ada baiknya pula Sahabat mempersiapkan senter mengingat perjalanan dini hari yang masih gelap. 

Mengingat perjalanan yang harus Sahabat lewati dari gerbang utama menuju kawasan danau, pastikan Sahabat sedang dalam kondisi sehat dan stamina yang fit. Jangan lupa juga untuk membawa bekal air untuk berjaga-jaga apabila Sahabat kelelahan di perjalanan. 

Itulah pesona keindahan Danau Kelimutu yang terletak di Pulau Flores. Semoga informasi tadi bermanfaat bagi Sahabat yang saat ini tengah merencakan perjalanan wisata ke Pulau Flores. 

Selain berbagai destinasi wisata yang dikenal dengan keindahan alamnya, ada banyak hal lainnya yang bisa Sahabat temukan di pedalaman Indonesia Timur. Klik di sini untuk mengenal lebih jauh pedalaman Indonesia.

Sumber artikel: 
https://travel.kompas.com/read/2014/02/02/0938265/Indahnya.Danau.Tiga.Warna.di.Gunung.Kelimutu
https://www.topijelajah.com/danau-tiga-warna-di-flores.htm
l