Kesehatan

Pentingnya Mencuci Tangan dengan Menggunakan Sabun (Memperingati Global Handwashing Day)

peringatan hari cuci tangan sedunia

Artikel kali ini akan membahas mengenai salah satu hal yang selama ini sering sekali kita bicarakan, yaitu mengenai cuci tangan. Ya, dalam rangka Hari Mencuci Tangan Sedunia, kali ini penulis akan membahas mengenai perbedaan antara mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan juga tidak.

Pentingnya Mencuci Tangan

Kesehatan merupakan hal yang penting untuk dijaga, ada begitu banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan, salah satunya adalah dengan menjaga pola hidup sehat. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan diantaranya mulai dari menjaga pola hidup seperti mengonsumsi makanan yang bergizi, tidur cukup dan juga berolahraga secara teratur.

Tapi, tahukah Anda ada salah satu kebiasaan yang begitu sederhana tapi memiliki dampak yang begitu signifikan?
Apalagi kalau bukan kebiasaan mencuci tangan. Seperti yang dilansir oleh Halodoc kebiasaan mencuci tangan memiliki beragam manfaat diantaranya:

1. Mencegah Diri Tertular Penyakit

Pada saat mencuci tangan, jutaan bakteri yang bisa saja masuk ke dalam tubuh kita pada saat makan maupun mengusap mata akan hilang dan juga mati. Apalagi jika mencuci tangannya dengan menggunakan sabun dan air, maka efektivitas yang didapatkan pun akan semakin tinggi.

Hasil studi dari para ahli pun mengatakan bahwa membersihkan tangan dengan menggunakan sabun dapat mencegah penularan penyakit yang berhubungan dengan bakteri dan virus. Beberapa penyakit tersebut seperti diare, sakit tenggorokan, pilek, hepatitis, ISPA, cacingan, dan penyakit lainnya.

2. Mencegah dari Penularan Covid-19

Pandemi COVID-19 menyadarkan kita akan betapa pentingnya menjaga kesehatan terutama dari paparan virus corona. Terutama bagi Sahabat yang seringkali harus berpergian dikarenakan ada kepentingan maupun keperluan, karena bisa saja virus tersebut menempel di tangan pada saat kita memegang sesuatu di jalan.

Mencuci tangan secara teratur dimanapun dan kapanpun merupakan salah satu upaya agar virus corona tidak masuk ke dalam tubuh kita. Tidak hanya itu, mencuci tangan secara teratur dengan menggunakan sabun juga dapat melindungi kita dari paparan virus lain.

Tambahan lain menurut Kementerian Kesehatan – Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit mencuci tangan dengan menggunakan sabun mampu membersihkan kotoran dan merontokkan kuman pada tangan. Kotoran dan kuman yang masih tertinggal di tangan jika kita tidak mencuci tangan menggunakan sabun dan air.

Baca Juga: Peringatan Hari Jantung Sedunia serta Pentingnya Menjaga Kesehatan Jantung

3. Lebih Baik Daripada Hand Sanitizer

Meskipun hand sanitizer dapat digunakan untuk mencuci tangan dan juga dapat membantu membasmi kuman. Namun, bukan berarti kehadirannya dapat mengganti peran dari mencuci tangan dengan air dan juga sabun.

Membersihkan tangan dengan air dan sabun maupun hand sanitizer memang sama-sama penting dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebersihan tangan. Namun, keduanya memiliki efektivitas yang berbeda-beda.

Hand sanitizer akan lebih efektif jika tangan Anda sedang dalam keadaan kering dan juga tidak terlalu kotor. Lain cerita apabil kondisi tangan sedang sangat kotor dan juga berminyak, misalnya seperti saat selesai makan, berkebun, hingga berolahraga.

Jika memang memungkinkan, sebanarnya mencuci tangan dengan menggunakan sabun lebih baik daripada menggunakan hand sanitizer, akan tetapi jika memang tidak memungkinkan menurut CDC (Centres for Disease Control and Prevention) pilihlah hansanitizer yang memiliki kandungan alkohol sebesar 60%.

4. Menjaga Diri Tetap Nyaman

Tangan yang kotor dapat membuat diri tidak nyaman dalam menjalani hari, baik itu saat bekerja maupun menjalani sebuah kegiatan. Misalnya saja pada saat kita baru saja makan (dengan menggunakan tangan) tangan akan berminyak dan juga kotor.

Mencuci tangan, apalagi menggunakan sabun, dapat dengan cepat menghilangkan minyak dan juga kotoran yang terdapat di tangan kita, sehingga dapat membuat diri kita lebih nyaman dalam bekerja.

Sejarah Singkat Hari Cuci Tangan Sedunia

Setiap tanggal 15 Oktober dunia memperingati sebagai Global Handwashing Day atau Hari Cuci Tangan dengan Sabun Sedunia. Hari Cuci Tangan Sedunia ini diprakarsai oleh Global Public-Private Partnership for Handwashing with Soap (PPPHW).

Menurut sejarahnya sendiri Hari Cuci Tangan Sedunia ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 2008. Pada saat itu, setidaknya diperkirakan ada lebih dari 120 juta anak di 70 negara mencuci tangannya dengan menggunakan sabun.

Beberapa bukti ilmiah pun menunjukan bahwa mencuci tangan dengan menggunakan sabun menjadi upaya dalam intervensi kesehatan yang sangat efektif sekaligus juga hemat biaya. Mencuci tangan terbukti ampuh dalam mencegah beberapa penyakit seperti diare dan juga pneumonia seperti tujuan awal dari pendirian PPHW itu sendiri pada tahun 2011 lalu.

Baca Juga: Menilik Masalah Gizi di Indonesia Timur

Demikian Sahabat sedikit tulisan mengenai pentingnya menjaga kebersihan tangan dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun dalam rangka Global Handwashing Day. Semoga kita senantiasa sehat selalu dan juga diberikan diperlindungan dimanapun berada.

Bagi Anda yang ingin membantu meringankan beban mereka, terutama agar dapat hidup dengan lebih sehat lagi. Sahabat dapat menitipkan kebaikan Anda melalui laman berikut.

Referensi:

https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-4-manfaat-mencuci-tangan-dengan-sabun

https://nationaltoday.com/global-handwashing-day/

https://www.cdc.gov/handwashing/why-handwashing.html