Kesehatan

Peringatan Hari Jantung Sedunia dan Pentingnya Menjaga Kesehatan Jantung

peringatan hari kesehatan jantung sedunia

Setiap tanggal 29 September Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingati Hari Jantung Sedunia atau biasa dikenal dengan World Heart Day (WHD). Peringatan ini dilakukan sebagai bentuk kesadaran akan betapa pentingnya menjaga kesehatan jantung yang merupakan salah satu organ vital yang sangat berperan dalam kehidupan manusia.

Penyakit jantung koroner (Ischaemic Heart Disease) merupakan penyebab kematian terbesar di Indonesia. Pada 2016, tingkat kematian akibat penyakit jantung mencapai 122 orang per 100 ribu populasi. Angka ini tentu lebih tinggi dibandingkan penyakit berbahaya lainnya, seperti stroke, TBC, maupun diabetes.


Dari tahun ke tahun, kelaziman penyakit jantung koroner pun terus meningkat. Tidak hanya pada penduduk usia tua, penyakit ini pun telah banyak menyerang kelompok usia muda. Meskipun demikian, penyakit jantung koroner bisa dicegah dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin dan mengontrol konsumsi makanan, serta rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah, kolestrol, dan gula darah.

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

beberapa alternatif yang bisa dilakukan untuk jaga kesehatan jantung
Alternatif untuk Menjaga Kesehatan Jantung.

Jantung sebagai organ dalam tubuh manusia memiliki peranan yang sangat penting, yaitu sebagai alat pemompa darah ke seluruh tubuh.  Secara umum fungsi jantung yang utama adalah memompa darah ke seluruh tubuh dan kemudian menampungnya kembali setelah dibersihkan organ paru-paru.

Setelah darah di pompa, jantung akan menyediakan oksigen darah yang cukup untuk dialirkan ke seluruh tubuh serta membersihkannya dari hasil metabolisme (karbondioksida). Darah yang kaya oksigen dan berasal dari paru-paru akan dipompa ke jaringan seluruh tubuh manusia. Akan tetapi, perlu di ingat juga bahwa bertambahnya usia seseorang akan sangat berpengaruh terhadap fungsi jantung ini.

Sementara itu, fungsi jantung bisa dikatakan tidak normal apabila terjadinya kerusakan dalam sistem sirkulasi darah ini. Baik pada saluran peredaran, maupun pada alat pemompa darah (jantung). Dalam beberapa kasus mereka yang mengalami kelainan pada jantung koroner ini bisa mempengaruhi organ lain, seperti otak, paru-paru maupun ginjal.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung diantaranya:

1.  Berolahraga Secara Teratur

Melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga secara ringan dan rutin dapat menolong jantung kita untuk tetap sehat. Saat kita berolahraga serta melakukan pemanasan yang tepat juga dapat membuat tubuh menjadi lebih fit. Hasilnya sirkulasi di dalam darah akan lancar dan jantung pun menjadi lebih sehat.

2.  Menjaga Pola Makan Sehat

Salah satu penyebab dari penyakit jantung lainnya adalah saat seseorang mengonsumsi makanan dengan tingkat lemak dan juga garam yang tinggi. Beberapa makanan fast food, daging asap dan juga sosis seringkali diolah dengan menggunakan teknik deep fry.

Mengonsumsi makanan segar seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan dan ikan salmon sangat baik dikonsumsi terutama bagi kesehatan jantung. Tidak hanya itu beberapa makanan seperti oat juga baik untuk kesehatan jantung.

3.      Mengontrol Kadar Kolesterol

Salah satu penyebab dari jantung koroner adalah menumpuknya kolesterol dalam darah seseorang. Kolesterol merupakan zat yang diproduksi secara alami oleh organ hati, tetapi juga bisa ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan seperti daging dan juga susu.

Sebenarnya kolesterol diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel sehat. Memproduksi sejumlah hormon, dan menghasilkan vitamin D. Meskipun penting bagi tubuh, akan tetapi jika kadarnya terlalu tinggi kolesterol dapat mengganggu kesehatan.

Penting bagi Sahabat untuk melakukan check-up agar dapat mengontrol kadar kolesterol tersebut.

4.  Berhenti Merokok

Jika Anda pernah melihat peringatan pada bungkus rokok, tentu hal tersebut tidak dibuat tanpa adanya alasan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) setiap tahun ada 1,9 juta orang yang meninggal karena penyakit jantung yang dikaitkan dengan penggunaan tembakau.

Mereka menemukan bahwa ternyata kandungan nikotin dan karbon monoksida yang ada pada rokok tidak hanya merupakan paru-paru, tetapi juga berbahaya bagi jantung manusia. Oleh karena itu, penting bagi Sahabat untuk mempertimbangkan berhenti merokok.

5.  Istirahat yang Cukup

Meskipun jantung kita bekerja setiap saat, terlalu banyak melakukan aktivitas termasuk begadang dapat membuat tekanan darah seseorang cenderung meningkat. Tidak hanya itu pengaruh stress dapat membuat jantung bekerja lebih keras.

Pada saat Sahabat memaksa tubuh sampai ke luar batasnya, ada banyak bagian dalam tubuh yang akan terganggu, salah satunya adalah jantung. Solusinya, istirahat yang cukup dapat memastikan bahwa metabolisme Anda berjalan lebih optimal, dapat mengelola stress dan tekanan darah yang normal.

Kesadaran akan betapa pentingnya menjaga kesehatan jantung tentu tidak hanya pada saat peringatan Hari Jantung Sedunia saja melainkan perlu dilakukan setiap saat. Seperti kata pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati. Saat Anda merasa ada yang tidak baik dengan kondisi saat ini, tidak ada salahnya untuk memeriksakannya ke dokter.

Sahabat akan tetapi di luar sana masih ada saudara kita yang hidupnya serba berkekurangan. Di tengah perjuangan mereka bertahan dengan penyakit jantungnya. Anda bisa membantu mereka melalui halaman berikut.