Kurban

Pengertian Kurban dalam Islam dan Prioritas Pelosok

Idul Adha adalah momen yang dinanti-nantikan oleh seluruh umat muslim di dunia. Terlepas dari pentingnya momen ini, apakah Anda mengetahui pengertian kurban lebih mendalam?

Pengertian Kurban

Definisi kurban secara harfiah adalah hewan sembelihan. Dalam bahasa Arab, kurban ditulis dengan kata qariba. Adapun pengertian kurban dari segi ibadah diartikan sebagai kegiatan menyembelih binatang ternak yang merupakan ibadah sunah muakad dan dijelaskan dalam Alquran.

Masih berkaitan dengan pengertian kurban, dalam Alquran terdapat pula istilah udlhiyyah, yaitu sebutan untuk hewan yang disembelih saat Iduladha. Selain itu, disebutkan ada pula tadlhiyyah yang bermakna melakukan kurban.

Hari raya kurban atau Iduladha jatuh tepat pada tanggal 10 Zulhijah. Momen ini diperingati atas peristiwa kurban yang mengisahkan tentang Nabi Ibrahim a.s. yang bersedia mengorbankan putranya, yaitu Nabi Ismail a.s. untuk Allah Swt.

Syarat sah hewan kurban adalah binatang ternak, seperti sapi, kambing, domba, kerbau, atau unta. Meskipun begitu, tidak semua yang tergolong ke dalam ternak bisa dikurbankan.

Dasar Hukum Kurban

Dasar hukum dan makna kurban sudah dijelaskan di dalam Alquran maupun hadis. Salah satunya di dalam Alquran surah Al-Hajj yang menjelaskan bahwa berkurban adalah salah satu bentuk ibadah dan wujud ketakwaan kepada Allah Swt.

Selain dalam Alquran, pengertian kurban hingga dasar hukumnya juga dijelaskan dalam hadis. Salah satu hadis yang menjelaskan mengenai dasar hukumnya adalah HR. Ahmad dan Ibn Majah.

“Dari Abi Hurairah: Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa yang mempunyai kemampuan tetapi tidak berkurban, maka janganlah ia menghampiri tempat salat kami.”

Sabda Rasulullah saw. tentang dasar hukum kurban ini menerangkan bahwa menurut jumhur ulama, hukum berkurban tidaklah wajib melainkan sunah muakad. Namun, hukum berkurban menunjukkan pentingnya ibadah ini untuk dilaksanakan oleh umat muslim.

Baca Juga : Sejarah Kurban dan Makna Idul Adha

Bolehkah Berkurban ke Daerah Pelosok?

Melalui ulasan mengenai pengertian kurban dan dasar hukumnya di atas, Anda mengetahui bahwa jika sudah mampu, alangkah baiknya untuk menunaikan ibadah ini.

Apakah boleh berkurban di luar tempat tinggal Anda? Jika dilihat dari sudut pandang tujuan pemerataan daging atau kepentingan daerah bencana yang membutuhkan bantuan, hal ini boleh bahkan dianjurkan untuk dilakukan.

Hal ini sesuai dengan pendapat Taqiyyuddin Al-Hishni dalam Kifayatur Akhyar yang menjelaskan tentang bolehnya memindahkan hewan kurban ke luar kota untuk tujuan tertentu. Berikut adalah dalil kurban mengenai pemindahannya ke luar daerah.

“Tempat ibadah kurban adalah daerah domisili orang yang berkurban, sedangkan perihal memindahkan kurban terdapat dua pendapat ulama yang ditarik logikanya dari pemindahan zakat. Namun pendapat yang sahih adalah boleh memindahkan kurban. Wallahu a’lam.”

Di Indonesia sendiri tidak sedikit daerah pedalaman yang bisa dijadikan tujuan berkurban, salah satunya adalah wilayah Indonesia timur. Di sana, infrastrukturnya terbilang kurang merata dan itulah yang menjadikannya tertinggal dibanding daerah lain.

Keterlambatan pembangunan insfrastruktur terjadi karena akses publik dinilai kurang memadai dan pola pikir warganya yang belum terlalu memprioritaskan aspek pendidikan. Oleh karenanya, tak mengherankan jika kondisi perekonomian warganya tidak sebaik orang-orang yang tinggal di perkotaan.

Ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk berkurban di luar daerah, khususnya wilayah pedalaman.

1. Ketersediaan Daging di Lingkungan Tempat Anda Tinggal Sudah Mencukupi

Pertimbangkan untuk berkurban di daerah yang lebih membutuhkan daging apabila di tempat Anda tinggal kebutuhan tersebut sudah tercukupi. Hal ini terkait dengan pemerataan daging kurban.
Alangkah lebih baik jika yang menerima kurban Anda adalah orang-orang yang tepat, yaitu mereka yang tidak mampu untuk membeli daging demi memenuhi gizinya sehari-hari.

2. Adanya Kasus Gizi Buruk di Beberapa Daerah di Indonesia

Sudah menjadi rahasia umum jika daging adalah salah satu sumber gizi. Bahkan dari kecil, Anda pasti sudah akrab dengan semboyan “empat sehat, lima sempurna” di mana salah satu dari menu makanan yang disarankan untuk dikonsumsi sehari-hari adalah daging.

Meski demikian, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Faktor ekonomi yang rendah menjadi salah satu alasannya. Bahkan di beberapa daerah, masih banyak anak-anak yang menderita gizi buruk.

Jangankan mengonsumsi daging, besar kemungkinan untuk mencukupi kebutuhan makanan sehari saja sudah sangat kesulitan karena faktor kemiskinan.

Menurut data dari UNICEF yang dirilis melalui laporan State of the World’s Children 2019: Children, Food, and Nurition, 50 persen balita di Indonesia mengalami gizi buruk.

UNICEF juga menyebut persoalan gizi buruk umumnya terjadi pada anak-anak dari golongan keluarga miskin. Mereka yang hidup di tengah konflik pun berisiko terkena kasus ini.

Melihat hal tersebut, tak ada salahnya jika Anda menyumbangkan hewan kurban di daerah-daerah pedalaman yang masih memiliki angka kasus gizi buruk tinggi. Bantu mereka untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian, khususnya bagi anak-anak usia dini.

3. Menyambung Persaudaraan Sesama Muslim

Semua muslim itu bagaikan satu tubuh. Bahkan, ada pula ungkapan yang menyatakan bahwa seluruh muslim bersaudara. Maka, membantu satu sama lain adalah hal yang tak terelakkan.

Dengan berkurban di pelosok daerah, sama saja Anda membantu saudara sesama muslim yang berdomisili di daerah lain. Tambahan lagi, membantu muslim lain yang tidak Anda kenal serta menyembunyikan kebaikan tersebut juga lebih berpahala.

Itulah informasi mengenai pengertian kurban hingga uraian mengapa berkurban di pelosok daerah dibolehkan bahkan dianjurkan.

Jika berniat berkurban di daerah pelosok nusantara, Anda dapat menitipkannya ke Insan Bumi Mandiri. Seluruh proses akan disiapkan hingga distribusi hewan kurban ke seluruh wilayah di Indonesia Timur.

Semoga pembahasan tentang pengertian kurban dan prioritas kurban di daerah pedalaman tadi bisa menambah wawasan dan makin memotivasi Anda untuk menunaikan ibadah ini.

Tonton keseruan kurban tahun lalu di sini.