Ekonomi

Apa Itu Pemberdayaan Masyarakat? Berikut Pengertian serta Contohnya

pemberdayaan masyarakat

Kegiatan pengembangan masyarakat sangat berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat. Dengan pemberdayaan, masyarakat akan lebih mandiri terhadap diri mereka sendiri. Merealisasikan potensi yang dimiliki oleh masyarakat adalah salah satu cara yang dapat dilakukan dalam memberdayakan masyarakat.

Menurut World Health Organization (WHO), pemberdayaan masyarakat adalah sebuah proses yang memungkinkan masyarakat untuk meningkatkan kontrol atas kehidupan mereka. Proses tersebut melibatkan peningkatan aset dan atribut masyarakat serta membangun kapasitas mereka untuk mendapatkan akses, mitra, jaringan, hingga mendapatkan kendali. Dalam pemberdayaan masyarakat kita seringkali melibatkan pihak eksternal. Namun, perlu diingat bahwa dalam pemberdayaan masyarakat, diri seseorang menjadi aset mereka sendiri, sehingga peran pihak eksternal adalah untuk memfasilitasi atau mendampingi masyarakat dalam memperoleh kontrol atas kehidupannya.

Tujuan Pemberdayaan Masyarakat

Secara umum memang tujuan dari pemberdayaan masyarakat adalah agar masyarakat mendapatkan kontrol atas kehidupannya. Dalam buku Pemberdayaan Masyarakat oleh Dedeh Maryani dkk., tujuan pemberdayaan masyarakat dijelaskan secara lebih jauh. Berikut ini tujuan tersebut:

1. Perbaikan kelembagaan

Lembaga yang baik adalah lembaga yang memiliki kegunaan yang jelas, tujuan yang dapat diukur, serta program kerja yang terarah. Selain itu, semua anggotanya wajib menjalankan fungsi dan tanggung jawabnya dengan baik. Pemberdayaan masyarakat diharapkan dapat mewujudkan hal ini.

Kelembagaan yang baik akan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berbagai program komunitas. Dengan begitu, kelembagaan dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal. Dengan demikian, masyarakat yang terlibat dalam program atau kegiatan semacam ini dapat merasa berdaya dan memiliki peran dalam memajukan lembaganya.

2. Perbaikan usaha

Selanjutnya, pemberdayaan masyarakat diharapkan mampu memperbaiki usaha warga setempat. Perbaikan usaha ini nantinya dapat berguna dalam mengembangkan masyarakat setempat. Dengan demikian, masyarakat dapat memenuhi semua kebutuhan para individunya.

3. Perbaikan pendapatan

Masih menyambung tujuan sebelumnya, perbaikan usaha atau bisnis juga akan berdampak pada perbaikan pendapatan masyarakat. Dengan begitu, individu-individu dalam masyarakat dapat memiliki kehidupan yang lebih layak.

4. Perbaikan kehidupan

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat di antaranya adalah kesehatan, pendidikan, dan ekonomi (pendapatan). Pendapatan yang menjadi lebih baik karena pemberdayaan masyarakat menjadikan masyarakat memiliki akses yang lebih baik pula terhadap pendidikan maupun kesehatan.

5. Perbaikan masyarakat

Pada akhirnya, semua perbaikan-perbaikan yang dihasilkan dari pemberdayaan masyarakat akan membuat masyarakat lebih baik secara keseluruhan. Jika setiap individunya memiliki kehidupan yang baik dan layak, maka kehidupan sosial yang tercipta akan baik juga. Mereka dapat berinteraksi dan mendukung satu sama lain sehingga tercipta kehidupan sosial yang rukun.

Baca juga : Pemberdayaan Masyarakat: Tujuan dan Upaya yang Harus Dilakukan

Contoh Pemberdayaan Masyarakat

Agar lebih baik dalam memahami pemberdayaan masyarakat, Sahabat dapat melihat beberapa contoh pemberdayaan masyarakat berikut ini:

1. PNPM Mandiri atau PNPM Pedesaan

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan atau dikenal sebagai PNPM Perdesaan merupakan program yang digagas oleh pemerintah dengan tujuan untuk menanggulangi kemiskinan dan mengembangkan lapangan pekerjaan di pedesaan. Program ini memungkinkan masyarakat untuk mendapatkan fasilitas pemberdayaan, pendampingan, dan pelatihan. Program ini aktif melibatkan masyarakat dalam semua proses yang berlangsung, dari perencanaan, pengambilan keputusan, hingga pelaksanaannya. Program ini diharapkan mampu memperlambat atau mencegah urbanisasi.

2. Lembaga swadaya masyarakat (LSM)

Lembaga swadaya masyarakat atau LSM menitikberatkan pada pelayanan sukarela atau menurut kehendak sendiri kepada komunitas atau masyarakat. LSM biasanya bergerak di suatu bidang tertentu yang telah ditetapkan oleh organisasi atau lembaga sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat. LSM tidak ditujukan untuk mencari keuntungan.

3. Tenun.in

Tenun.in adalah program pemberdayaan masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) yang diinisiasi oleh Insan Bumi Mandiri. Dalam program ini, penenun-penenun NTT mendapatkan beragam pembinaan, mulai dari pengembangan produk hingga pemasaran. Misi dari program pemberdayaan ini adalah untuk meluaskan keindahan lokal tenun NTT dengan memberdayakan setiap penenun lokal di sana.

Pihak Insan Bumi Mandiri sama sekali tidak terlibat dalam proses produksi komoditas tenunnya, namun hanya berperan sebagai pendamping maupun fasilitator. Dari contoh pemberdayaan ini kita dapat memahami dengan jelas maksud dari pemberdayaan masyarakat yang berusaha merealisasikan potensi masyarakat agar masyarakat memiliki kontrol penuh terhadap hidupnya.

Hingga sekarang, Tenun.in sudah memiliki 3 sentra yang tersebar di berbagai wilayah di NTT. Program pemberdayaan ini tidak akan berhenti pada 3 sentra Tenun.in yang sudah berdiri. Sahabat juga dapat menjadi bagian dari kolaborasi kebaikan untuk penenun di wilayah pedalaman lainnya. Mari bantu gali potensi lokal dan memberdayakan masyarakat di pedalaman NTT bersama Insan Bumi Mandiri.

Sumber artikel:
https://kumparan.com/berita-hari-ini/community-empowerment-pengertian-tujuan-dan-contoh-programnya-1zBjpGdCSxI/full
https://www.gramedia.com/literasi/strategi-pemberdayaan-masyarakat/#Tujuan_dan_Strategi_Pemberdayaan_Masyarakat
https://www.who.int/teams/health-promotion/enhanced-wellbeing/seventh-global-conference/community-empowerment#:~:text=Community%20empowerment%20refers%20to%20the,common%20interests%2C%20concerns%20or%20identities.