Inspiratif

5 Manfaat Hidup Rukun dan Contohnya di Kehidupan Sehari-Hari

manfaat hidup rukun di tengah pandemi

Salah satu alasan mengapa Indonesia berhasil mendapatkan kemerdekaannya adalah karena adanya persatuan. Meski berasal dari daerah berbeda, para pejuang kemerdekaan mampu menanggalkan kesukuan mereka dan bahu membahu dalam melawan penjajah.

Sejak zaman dahulu, masyarakat Indonesia memang dikenal gemar bergotong royong, dan saling membantu sesama. Untuk itulah mereka bisa hidup rukun dan berdampingan satu sama lain.

Pengertian Hidup Rukun

Hidup rukun didalam bermasyarakat kita dan didalam suatu keluarga akan memberikan manfaat yang besar. Manusia sendiri merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan bantuan baik dari keluarga maupun dari masyarakat itu sendiri.

Hidup yang nyaman tentram dan damai, saling menyayangi dan menghormati antar sesama manusia, tanpa membeda bedakan antar manusia. Dengan demikian kerukunan yang diidam-idamkan oleh seluruh manusia dapat tercapai.

Sahabat, ternyata banyak manfaat hidup rukun yang bisa kita peroleh, apalagi di tengah kesulitan yang sedang kita hadapi bersama. Berikut adalah 5 manfaat hidup rukun di tengah pandemi:

1. Meningkatkan Kepedulian Antar Sesama

contoh hidup rukun
Meningkatkan kepedulian antar sesama.

Pandemi Covid-19 memaksa orang-orang untuk lebih peduli lagi dengan kesehatan dirinya. Dengan hidup rukun kita bisa lebih mudah dalam mengingatkan orang-orang di sekitar kita. Apalagi, banyak hoax yang beredar membuat orang-orang mudah percaya dan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan.

2. Bermanfaat Bagi Lingkungan

contoh hidup rukun
Bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Manfaat hidup rukun yang bisa kita peroleh selanjutnya adalah bermanfaat bagi lingkungan. Tak dapat kita pungkiri bahwa alam adalah bagian penting dari hidup kita. Semakin baiknya kondisi alam di sekitar maka semakin baik pula kualitas hidup kita. Hidup rukun membuat kita lebih peka terhadap lingkungan sehingga dapat menciptakan lingkungan yang asri, nyaman, dan aman.

3. Saling Menerima Perbedaan

contoh hidup rukun
Saling menerima perbedaan.

Perbedaan adalah sesuatu yang wajar terjadi dalam bermasyarakat. Apalagi di tengah masyarakat yang heterogen seperti Indonesia sangat mudah sekali menemukan perbedaan-perbedaan yang ada.

Namun, jangan sampai perbedaan ini berubah menjadi perpecahan. Hidup rukun adalah batasan yang paling cocok bagi masyarakat.

Baca Juga: Manfaat Hidup Sederhana di Tengah Corona

4. Meningkatkan Toleransi

contoh hidup rukun
Meningkatkan toleransi.

Secara bahasa, toleransi diartikan sebagai sabar dan menahan diri. Sedangkan secara istilah toleransi adalah sikap saling menghormati, menyampaikan pendapat yang bertentangan dengan diri sendiri.

Hidup rukun mampu menyadarkan masyarakat akan pentingnya toleransi. Dengan toleransi, masalah seberat apa pun yang dihadapi menjadi lebih mudah karena masing-masing saling mendengarkan dan menyampaikan pendapatnya dengan baik.

Baca Juga: Manfaat Gotong Royong Online

5. Meningkatkan Kesejahteraan

contoh hidup rukun
Meningkatkan kesejahteraan.

Kesejahteraan sosial diartikan sebagai akitivas yang bertujuan untuk meningkatkan standar dan kualitas hidup seseorang. Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi pendidikan, kesehatan, pangan, kesempatan kerja, perlindungan hari tua, dan lain-lain sebagainya.

Hidup rukun memungkinkan kita untuk meningkatkan kesejahteraan yang kita miliki karena dengan hidup saling berdampingan semuanya jadi mungkin dilakukan.

Demikian 5 manfaat hidup rukun yang bisa kita peroleh. Semoga menjadi inspirasi bagi kita semua. Jangan lupa untuk selalu menjaga kerukunan antar sesama agar hidup kita senantiasa dimudahkan.

Semoga kita bisa melewati kesulitan ini bersama-sama. Amiin ya rabbal alamin

Sahabat, di tengah-tengah kita masih ada yang perlu mendapatkan bantuan. Mereka masih kesulitan menjalani hidup karena beratnya ujian yang didapatkan. Klik di sini untuk membantu mereka. 

Hidup rukun tentu memiliki begitu banyak manfaatnya. Lalu, hal apa saja yang akan didapatkan saat hidup rukun?