Inspiratif

Memperingati Hari Ayah, Berikut 5 Kisah Perjuangan Ayah yang Mengharukan!

Kisah Perjuangan Ayah

Bagi setiap anak, ayah menjadi sosok hebat yang selalu siap sedia untuk melindungi dan memberikan yang terbaik bagi keluarganya. Ayah juga menjadi sosok pekerja keras yang seolah tak pernah lelah demi nafkahi keluarga yang dicintainya. Tak sedikit sosok ayah yang rela mengorbankan dan mengabaikan kepentingan dirinya sendiri demi bahagiakan anak dan keluarga. 

Setiap tahunnya, penghargaan untuk ayah pun dirayakan oleh banyak orang di seluruh dunia dalam peringatan Hari Ayah Sedunia yang jatuh pada tanggal 12 November. 

Ada banyak kisah perjuangan ayah dari seluruh dunia yang begitu mengharukan dan menginspirasi. Berikut 5 kisah perjuangan ayah yang akan membuat Sahabat mengingat kembali besarnya peranan ayah untuk bahagiakan anak dan keluarganya. 

Kisah Perjuangan Ayah yang Mengharukan 

1.Rela Makan Mie Instan dan Roti Selama 7 Tahun 

Kisah perjuangan ayah  yang pertama datang dari seorang ayah di daerah Wuhan, China. Seorang ayah bernama Hou Yanwei rela hanya mengkonsumsi mie instan dan roti selama tujuh tahun demi bisa wujudkan impian sang putri. 

Sejak usia empat tahun, putri Hou bercita-cita untuk menjadi pesenam profesional. Hou yang melihat semangat putrinya pun bertekad untuk menyekolahkan sang anak ke Institut Pendidikan Jasmani Wuhan. 

Baca juga: Perjuangan Ayah: 3 Kisah Ini Bikin Terharu

Sebagai tukang sapu, Hou Yanwei pun harus menabung cukup lama mengingat biaya pendidikan di Institut Pendidikan Jasmani Wuhan yang terbilang mahal. Demi mengumpulkan tabungan, Hou Yanwei pun rela memangkas pengeluarannya dan sangat berhemat dengan hanya makan mie instan dan roti selama tujuh tahun. 

2.Keliling Negara Selama 17 Tahun

Masih dari China, kisah perjuangan ayah yang tak kalah mengharukan hadir dari kisah Guo Gantang. Guo Gantang adalah seorang ayah yang berasal dari Liaoncheng, Provinsi Shandong, China. Selama 18 tahun, Guo Gantang telah menempuh perjalanan sejauh 400.000 kilometer untuk mengelilingi China demi mencari putranya yang hilang. 

Tahun 1997 lalu, putranya yang baru berusia 2 tahun dilaporkan hilang. Guo yang menduga jika putranya diculik telah melapor ke pihak berwajib, namun pencarian yang dilakukan tak membuahkan hasil. Sebagai seorang ayah, Guo pun bertekad untuk mencari sendiri putranya tersebut. 

Dengan mengendarai motor yang ditempel foto sang putra, Guo berkeliling China hingga belasan tahun. Guo bahkan turut membantu para orang tua lain yang juga kehilangan anaknya. Berkat bantuannya, lima anak yang hilang berhasil ditemukan. Sayangnya, Guo masih belum bisa menemukan putranya sendiri. 

3.Menjadi Pengantar Makanan Sambil Menggendong Anak 

Kisah perjuangan ayah yang penuh haru juga datang dari seorang ayah di Malaysia. Seorang ayah bernama Amirul Jinjang rela bekerja keras menjadi driver ojek online yang mengantar makanan sambil menggendong buah hatinya yang baru berusia satu tahun. 

Amirul harus bekerja sambil membawa sang anak karena tak ada yang menjaga buah hatinya di rumah. Demi melindungi putrinya, Amirul pun berusaha untuk menyetir hanya dengan satu tangan saja, sementara satu tangannya melindungi kepala sang anak agar tidak terpapar panas matahari. 

4.Berjalan Kaki Bogor-Bandung Demi Belikan Handphone Anak 

Dari Indonesia, kisah perjuangan ayah untuk anaknya hadir dari kisah seorang kuli bangunan bernama Pak Tikno. Cerita Pak Tikno viral saat diunggah oleh akun TikTok @sdfhnbffj pada tahun 2021 lalu. Pengunggah menceritakan bahwa Pak Tikno mendatangi sebuah counter handphone dan membawa uang sebesar 600 ribu rupiah untuk membelikan anaknya sebuah handphone

Uang 600 ribu tersebut didapat Pak Tikno dari bekerja menjadi kuli bangunan di Bandung. Sebelumnya, Pak Tikno sempat bekerja selama satu bulan di Bogor namun ia tidak digaji oleh atasannya. Pak Tikno pun nekad berjalan kaki dari Bogor menuju Bandung untuk mencari pekerjaan lain agar bisa membelikan handphone untuk anak tercinta. 

Baca juga : Kesenjangan Pembangunan di Wilayah Timur dan Barat Indonesia

5.Menerjang Kobaran Api Demi Selamatkan Anak 

Dari pedalaman Sumatera Barat, ada kisah perjuangan ayah yang begtu heroik demi menyelamatkan buah hatinya. Maret 2021 lalu, rumah Pak Naldi yang terletak di daerah Tanah Datar, Sumatera Barat terbakar akibat tumpahan bensin. Api pun menyambar cepat dan melalap seluruh bangunan rumah. 

Kala itu, putra bungsu Pak Naldi yang masih bayi terjebak di dalam rumah. Tanpa peduli kobaran api yang semakin membesar, Pak Naldi yang tengah berada di halaman kembali masuk menerobos rumahnya yang sudah terbakar untuk menyelamatkan sang putra. 

Pak Naldi pun harus mengalami luka bakar 80% di sekujur tubuhnya dan harus menjalani beberapa kali operasi. Hingga saat ini, luka bakar yang dialami Pak Naldi masih belum mengering dan membuatnya masih harus terbaring lemah di ranjang. 

Kisah—kisah tadi hanyalah sedikit cerita dari banyaknya kisah perjuangan anak untuk memberikan yang terbaik bagi anak dan keluarga yang disayanginya. Semoga beberapa kisah perjuangan ayah tadi bisa mengingatkan kita kembali akan betapa besarnya rasa sayang dan pengorbanan yang telah dilakukan ayah dalam hidup kita. 

Memperingati Hari Ayah Sedunia tahun ini, Sahabat juga bisa berikan hadiah dan apresiasi untuk ayah hebat di pedalaman yang juga selalu berjuang untuk keluarga di  tengah keterbatasan mereka. Klik di sini untuk kirimkan hadiah hari ayah bagi para ayah hebat di pedalaman. 

donasi pedalaman bantu mereka yang membutuhkan

Referensi: 
https://www.suara.com/tag/perjuangan-ayah
https://www.suaramerdeka.com/nasional/pr-041633821/ayahku-pahlawanku-ini-8-kisah-mengharukan-perjuangan-ayahhebat-di-seluruh-dunia