Sedekah

Hadits dan Keutamaan Sedekah Subuh di Bulan Ramadhan

keutamaan sedekah subuh dalam islam

Pada artikel sebelumnya telah dibahas berbagai macam keistimewaan dan keutamaan selama bulan Ramadhan. Berbagai amal dan kegiatan dapat kita lakukan untuk menambah tabungan pahala serta keberkahan lainnya. Salah satu amalan yang paling baik dilakukan selama bulan ini adalah sedekah. 

Dilansir dari inews.id, Allah SWT berfirman mengenai sedekah sebagai berikut:

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ 

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al Hadid: 18).

Dari firman Allah SWT tersebut, dapat kita ketahui berapa besar manfaat dan keutamaan sedekah. Salah satu sedekah yang paling baik dilakukan selama bulan Ramadhan ini adalah sedekah subuh. 

Berikut akan dibahas mengenai hadits dan keutamaan sedekah subuh di bulan Ramadhan.

Pengertian Sedekah Subuh

Dikutip dari artikel medcom, Sedekah subuh merupakan sedekah yang dilakukan umat muslim  waktu subuh atau sebelum terbit matahari.  Sedekah subuh memiliki keistimewaan sendiri, mengingat kegigihan seorang muslim untuk meraih Ridho Allah ketika yang lainnya masih tertidur lelap. Selain itu, malaikat yang telah turun ke bumi akan mendoakan orang-orang yang melakukan sedekah tersebut. Sedekah subuh tidak harus selalu uang, dapat pula sedekah mengaji, memberikan makan kepada yang membutuhkan, dan lain sebagainya. 

Dalil Sedekah Subuh

Keistimewaan dari sedekah subuh ini  diriwayatkan dalam beberapa hadist. Salah satu hadis utamanya adalah dari HR Imam Al-Bukhari dan Muslim:

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu berkata: “Rasulullah SAW bersabda: ‘Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata: ‘Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah.’ Malaikat yang satu berkata: ‘Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil.”

Dari hadis ini dapat diketahui bahwa malaikat pun turut mendoakan orang-orang yang menyisihkan sebagian hartanya dan bersedekah di waktu subuh.

Keutamaan sedekah subuh

Banyak keutamaan sedekah subuh yang bisa kita ambil sebagai bahan renungan diri. Dilansir dari artikel berikut, beberapa keutamaan dari sedekah subuh meliputi:

1. Sebagai sarana pengampunan dosa

sedekah subuh, jika diamalkan sehari-harinya, niscaya akan disenangi oleh Allah SWT. Hal ini dapat membuat dosa-dosa kita diampuni. Terutama jika diamalkan pada bulan Ramadhan, dimana bulan ini adalah bulan yang penuh berkah. Keutamaan serta pahala dan pengampunannya berkali-kali lipat dari bulan lainnya. 

2. Pintu pahalanya dilipatgandakan, pintu rezekinya dibuka, dan hartanya menjadi berkah

Jangan takut untuk bersedekah, karena setiap sedekah yang dikeluarkan (diiringi dengan usaha mencari rezeki), maka akan dibalas Allah rezekinya berlipat. Sedekah subuh ini dapat membantu membukakan pintu rezeki, melipatgandakan pahala, dan yang terpenting, memberikan berkah kepada kita yang bersedekah. 

3. Didekatkan ke pintu surga, dan dijauhkan dari api neraka 

Barangsiapa yang ikhlas menyedekahkan sebagian hartanya karena Allah SWT, maka akan dibukakan salah satu pintu surga. Keikhlasan tersebut juga akan menjauhkan orang tersebut dari api neraka, dan dimuliakan oleh Allah SWT.

4. Diberikan kelapangan dada serta ketenangan hati 

Memberikan sedekah karena Allah SWT akan memberikan ketenangan hati kepada pemiliknya. Ibadah yang dijalankan akan menjadi lebih tenang dan khusyuk, serta mendapatkan kelapangan hati ketika beribadah. 

Golongan Orang yang Berhak Menerima Sedekah Subuh

Sedekah subuh memang memiliki beberapa keistimewaan, terutama jika dikerjakan pada bulan puasa. Namun, ada beberapa golongan yang baik untuk diberikan sedekah ini. beberapa golongan tersebut, seperti yang dilansir pada artikel berikut adalah: 

1. Sanak Keluarga

Sanak keluarga menjadi orang pertama yang berhak menerima sedekah subuh. Orang-orang ini meliputi anak-anak, istri, orang tua, dan para kerabat. Sedekah untuk sanak keluarga lebih baik didahulukan sebelum orang lain, karena sudah menjadi tanggungjawab kita untuk membantu mereka. Bahkan, tidak dibolehkan bersedekah kepada orang lain jika kita tidak mampu menafkahi untuk diri sendiri serta keluarganya.

2. Tetangga

Dari ajaran Rasulullah SAW, dijabarkan bahwa kita perlu berbuat baik kepada tetangga, dan menghormati mereka. Tak pula ketika mereka sedang kesulitan, kita harus membantu mereka. Itu berarti, jika harta kita mencukupi, keluarga sudah ternafkahi, dan terdapat tetangga yang membutuhkan bantuan tersebut, maka haruslah kita membantu mereka dengan bersedekah.  

3. Orang yang Membutuhkan

Orang yang membutuhkan ini pada dasarnya terdiri dari berbagai kelompok. Beberapa diantaranya adalah:

  • Anak yatim

Sedekah subuh sangat diutamakan untuk diberikan kepada anak yatim. Salah satu keistimewaan melakukan sedekah subuh kepada anak yatim ialah diberikan umur panjang sampai jaminan masuk surga.

  • Miskin

Sedekah subuh yang diberikan kepada orang miskin dapat membantu mereka memulai hari dengan lebih baik.

  • Musafir

Bersedekah pada musafir sangat baik dilakukan, terutama kepada musafir yang membutuhkan perbekalan makanan yang sudah habis. 

Nah, itu tadi adalah hadits dan keutamaan sedekah subuh di bulan Ramadhan. Ternyata, banyak sekali manfaat dan keistimewaan yang bisa kita dapatkan dengan sedekah subuh. Tak hanya sedekah subuh, pada dasarnya, namun setiap sedekah yang dilakukan dengan ikhlas dan karena Allah SWT memiliki banyak keistimewaan. 

Sahabat muslim, mari berlomba-lomba mencari ridha dan pahala dari Allah SWT dengan bersedekah. Bagi sahabat yang ingin melakukan sedekah, bisa dilakukan dari link ini