Sedekah

5 Keajaiban Sedekah Subuh yang Dilakukan Secara Rutin

keajaiban sedekah subuh rutin

Dalam hadits Bukhari nomor 3554 disebutkan bahwa Rasulullah adalah orang yang gemar bersedekah. Sedekah adalah pemberian sesuatu yang bermanfaat dengan mengharapkan ridho Allah atau pahala. Sedangkan sedekah subuh adalah amalan sedekah yang dilakukan pada waktu subuh atau pagi hari.

Banyak sekali orang yang mulai berlomba-lomba bersedekah subuh karena merasa banyak sekali keajaiban yang Allah berikan kepada hambanya. Namun banyak orang juga yang meremehkan atau bahkan enggan untuk bersedekah. Apa saja keajaiban sedekah subuh yang dilakukan secara rutin?

1. Didoakan Malaikat

Oke readers, siapa sih yang tidak ingin dirinya di do’akan? Apalagi oleh Malaikat. Makhluk suci yang Allah ciptakan untuk selalu melaksanakan apa yang diperintahkannya. Setiap subuh selalu ada dua malaikat yang turun ke bumi. Berikut hadits yang diriwayatkan oleh Muslim nomor 1142.


عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ العِبَادُ فِيهِ، إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ، فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا: اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا، وَيَقُولُ الآخَرُ: اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا 

Dari Abu Hurairah bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun dua malaikat kepadanya lalu salah satunya berkata “Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menyedekahkan hartanya”, sedangkan yang satunya lagi berkata; “Ya Allah berikanlah kehancuran kepada orang yang menahan hartanya (kikir) “.

2. Penghapus Dosa

Manusia adalah makhluk yang tak luput dari dosa maka sebaik-baiknya manusia adalah yang memohon ampunan agar diampuni serta dihapus dosa-dosanya. Salah satu cara untuk menghapus dosa yakni dengan cara bersedekah.

الصَّدَقَةُ تُطْفِئُ الْخَطِيئَةَ كَمَا يُطْفِئُ الْمَاءُ النَّارَ

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api”. (majmu’ Al-Fatwa, Jilid 11 : 553).

Air adalah elemen untuk menurunkan panas sehingga memadamkan api. Begitupun dengan sedekah yakni amalan baik yang menghapus amalan-malan yang buruk dan dosa.

Baca Juga : Perbedaan Infaq dan Sedekah Beserta Contohnya

3. Kesempatan Dikabulkannya Do’a

Dalam salah satu kajian yang disampaikan oleh almarhum syekh Ali Jabber. Beliau sampaikan bahwa salah satu manfaat sedekah subuh secara rutin yakni kesempatan dikabulkan hajatnya begitu besar. Bersedekah dengan niat karena Allah dan sisipkan do’a dalam sedekahnya In Syaa Allah, dengan keistiqomahan sedekah subuh niscaya Allah kabulkan setia do’a yang panjatkannya.

4. Di Dekatkan Menuju Pintu Surga dan Dijauhkan Dari Pintu Neraka

Bersedekah mendekatkan seseorang kepada pintu surga yang berarti bila seseorang mendekati pintu surga makai ia menjauh dari pintu neraka. Dalam riwayat dikatakan bahwa ada 8 pintu surga dan salah satunya bernama Basbus Shadaqah yang berarti pintu surga bagi umat Islam yang gemar bersedekah karena Allah. Dalam riwayat hadits disebutkan sebagai berikut.

مَن أنْفَقَ زَوْجَيْنِ مِن شيءٍ مِنَ الأشْياءِ في سَبيلِ اللَّهِ، دُعِيَ مِن أبْوابِ، – يَعْنِي الجَنَّةَ، – يا عَبْدَ اللَّهِ هذا خَيْرٌ، فمَن كانَ مِن أهْلِ الصَّلاةِ دُعِيَ مِن بابِ الصَّلاةِ، ومَن كانَ مِن أهْلِ الجِهادِ دُعِيَ مِن بابِ الجِهادِ، ومَن كانَ مِن أهْلِ الصَّدَقَةِ دُعِيَ مِن بابِ الصَّدَقَةِ، ومَن كانَ مِن أهْلِ الصِّيامِ دُعِيَ مِن بابِ الصِّيامِ، وبابِ الرَّيّانِ

“Siapa yang berinfaq sedikit saja untuk dua kendaraan di jalan Allah, maka dia akan dipanggil dari pintu-pintu surga: wahai hamba Allah ini adalah hasil kebaikanmu! Jika ia ahli shalat, maka akan dipanggil dari babus shalah (pintu shalat), jika ia ahli jihad maka akan dipanggil dari babul jihad (pintu jihad), jika ia ahli sedekah maka akan dipanggil dari babus shadaqah (pintu sedekah), jika ia ahli puasa maka akan dipanggil dari pintu puasa atau babur rayyan (pintu ar Rayyan)” (HR. Bukhari no.3666, Muslim no.1027).

5. Menjadikan Harta Lebih Berkah

Banyak orang yang memiliki uang banyak namun tidak ada kebahagiaan dalam hidupnya, banyak orang yang memiliki penghasilan atau gaji yang besar namun entah kemana perginya, itu semua yang disebutkan tidak adanya keberkahan dalam harta. Bersedekah membuat harta menjadi berkah karena pada faktanya bersedekah secara rutin tidak mengurangi harta melainkan menginvestasikan kebahagiaan di masa depan. Allah berfirman dalam surah Al-Hadid ayat 18.

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS: al-Hadid: 18).

Demikian keajaiban bila kita bersedekah secara rutin terutama diwaktu subuh. Membiasakan bersedekah sebelum melakukan aktivitas-aktivitas yang lain sangat baik sekali. Bersedekah subuh pun tidak harus keluar mencari secara spontan namun dapat dilakukan dengan mudah dan cukup di rumah bisa kepada keluarga atau orang-orang yang sangat membutuhkan melalui campaign-campaign yang ada salah satunya melalui halaman berikut. Semoga Allah menjadikan kita orang yang istiqomah sedekah dan bisa Bersama para ahli sedekah kelak di surganya Allah. Aamiin.

Referensi:

https://www.youtube.com/watch?v=eAjmoMLKo9w
https://www.baytalfath.or.id/keajaiban-sedekah-subuh-dan-cara-mengamalkannya/
https://muslim.or.id/55772-8-pintu-surga.html