Tentang IBM

Hukum dan Keutamaan Puasa Idul Adha

Sehari menjelang Hari Raya Idul Adha, umat Islam dianjurkan untuk berpuasa sunnah, yang disebut dengan puasa Arafah.

Puasa Arafah dilaksanakan untuk mendapatkan kemuliaan karena bulan Dzulhijjah termasuk ke dalam bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Puasa Arafah ini juga bertepatan dengan ibadah wukuf jamaah haji di Arafah.

Dalam kitab Shahih Muslim keutamaan puasa Arafah diriwayatkan oleh Abu Qatadah dari Rasulullah SAW.

Untuk menyambut Hari Raya Idul Adha, kita tentunya harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin untuk mendapatkan keridhaan Allah SWT.

Hukum Puasa Arafah

Sekalipun puasa ini termasuk puasa sunnah atau tidak wajib dilaksanakan, ketika kita melaksanakannya pun akan meningkatkan pahala dan ketaatan kepada Allah SWT.

Jika dilihat dari penjelasan hukumnya, puasa Arafah termasuk sunnah muakad dan merupakan salah satu jenis ibadah yang sangat dianjurkan, terutama bagi umat Islam yang tidak menunaikan ibadah haji. Sedangkan untuk Umat Islam yang berhaji, tidak perlu menjalankan puasa Arafah.

Keutamaan Puasa Arafah

Seperti yang disampaikan diatas, meskipun bersifat sunnah atau tidak wajib, puasa Arafah ini sangatlah istimewa. Tak lupa juga bahwa puasa ini mempunyai beberapa keutamaannya. Yuk, simak keutamaan dari puasa sunnah Idul Adha!

1. Dilipatgandakan Pahala

Memperbanyak ibadah dan berpuasa di sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, maka umat Islam akan mendapatkan pahala yang dilipat gandakan. Rasulullah SAW bersabda:

مَا مِنْ أَيَّامٍ أَحَبَّ إِلَى اللّٰهِ أَنْ يُتَعَبَّدَ لَهُ فِيْهَا مِنْ عَشْرِ ذِي الْحِجَّةِ يَعْدِلُ صِيَامُ كُلِّ يَوْمٍ مِنْهَا بِصِيَامِ سَنَةٍ وَقِيَامُ كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْهَا بِقِيَامِ لَيْلَةِ الْقَدْرِ

Yang memiliki arti:

“Tidak ada hari-hari yang lebih Allah sukai untuk beribadah selain sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, satu hari berpuasa di dalamnya setara dengan satu tahun berpuasa, satu malam mendirikan shalat malam setara dengan shalat pada malam Lailatul Qadar.” (HR At-Tirmidzi).

Baca Juga: 6 Cara Kurban Online di Pedalaman

2. Penghapusan Dosa Selama 1 Tahun yang Lalu dan 1 Tahun Berikutnya

Umat Islam yang berpuasa pada tanggal 9 Dzulhijjah atau sehari menjelang Idul Adha yang disebut puasa Arafah, akan diampuni dosa-dosanya dari setahun yang lalu.

Keutamaan puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah didasarkan pada hadis berikut:

صَوْمُ يَوْمِ عَرَفَةَ يُكَفِّرُ سَنَتَيْنِ مَاضِيَةً وَمُسْتَقْبَلَةً وَصَوْمُ عَاشُوْرَاَء يُكَفِّرُ سَنَةً مَاضِيَةً

Artinya:

“Puasa hari Arafah menebus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang dan puasa Asyura (10 Muharram) menebus dosa setahun yang telah lewat.” (HR Ahmad, Muslim dan Abu Daud dari Abi Qatadah).

3. Hari Pembebasan dari Siksa Neraka

Keutamaan dari puasa Arafah ini sudah tercatat dalam sabda Rasulullah SAW, yang berbunyi:

مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ، وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِى بِهِمُ الْمَلاَئِكَةَ فَيَقُولُ: مَا أَرَادَ هَؤُلاَءِ؟

Artinya:

“Tidak ada hari dimana Allah membebaskan hamba dari neraka lebih banyak daripada Hari Arafah, dan sungguh Dia mendekat lalu membanggakan mereka di depan para Malaikat dan berkata: ‘Apa yang mereka inginkan?” (HR Muslim).

Itulah beberapa keutamaan mengenai puasa Arafah. Semoga kita semua tidak pernah melewatkan puasa sunnah ini ya, Sahabat! Walaupun tidak diwajibkan, tetapi sayang banget loh kalau ditinggalkan. Klik di sini untuk melihat artikel lainnya.

Referensi

https://www.orami.co.id/magazine/puasa-sunah-iduladha
https://jurnalsoreang.pikiran-rakyat.com/khazanah/pr-1014836760/jelang-idul-adha-2022-berikut-keutamaan-puasa-di-bulan-dzulhijjah-dan-amalan-yang-di-anjurkan?page=2