Kurban

6 Cara Kurban Online di Pedalaman

cara berkurban online di pedalaman

Masih membahas mengenai qurban online, mungkin Sahabat bertanya-tanya bagaimana dan apa yang harus dilakukan untuk melakukan qurban online di pedalaman. Di tulisan kali ini, akan dibahas kembali bagaimana cara qurban online di pedalaman.

Kenapa harus kurban di pedalaman?

Pada artikel sebelumnya, sudah dibahas mengenai beberapa alasan mengapa kita harus berkurban di pedalaman. Kira-kira, apa saja keuntungan dengan berkurban di pedalaman? 

Ini nih, berapa keuntungannya, Sahabat!

1. Membantu Warga di Masa Pandemi

Kita berada di situasi yang harus berdamai dengan pandemik. Hal ini karena selain berdampak pada Kesehatan, pandemik ini juga berdampak pada banyak aspek, lho! Seperti aspek ekonomi dan moralitas. Sehingga, dengan berkurban di pedalaman dapat membantu warga untuk bisa makan daging dan berbahagia. 

2. Meningkatkan omset peternak lokal.

Peternak lokal juga akan diuntungkan dengan adanya kurban di pedalaman. Pembelian hewan akan meningkatkan omset peternak lokal, dan menunjang perekonomian mereka.

3. Menjangkau daerah kecil untuk berbahagia

Di setiap wilayah memang terdapat kesenjangan ekonomi. Tidak semua orang di seluruh wilayah bisa merasakan hidup yang sama satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, berkurban di daerah terpencil dapat menjangkau warga pedalaman untuk ikut berbahagia pula. 

4. Menjadi jembatan untuk berdakwah

Dakwah tidak selamanya harus dilakukan di masjid ataupun majelis. Dengan berkurban, sahabat juga bisa melakukan dakwah. Seperti misalnya seorang dai yang berkurban di suatu daerah terpencil sambal memberikan dakwah. Bersama dengan daging yang diberikan, dakwah pun akan tersalurkan dengan perasaan senang dan bahagia. 

5. Membahagiakan warga di pedalaman melalui kurban

Kebahagiaan Idul Adha ini tak lengkap tanpa menjangkau seluruh kalangan masyarakat. Sehingga, kita harus menyemarakkan kebahagiaan ini dengan berbagi daging kurban. Nah, untuk membagikan daging kurban ini ke seluruh lapisan masyarakat, kurban di pedalaman akan sangat membantu.  Warga yang biasanya tidak kebagian jatah daging pun akan mendapatkan jatah mereka, lalu merasa lebih bahagia.

6. Meningkatkan imun tubuh warga di pedalaman, lho!

Terutama di tengah pandemic, imun adalah hal yang harus kita perhatikan selalu! Salah satu cara meningkatkan imun ialah dengan asupan protein yang baik. Misalnya, dengan mengkonsumsi daging yang sehat, serta makanan bergizi lainnya. Hal ini berhubungan dengan kurban dari hewan ternak terbaik, yang dapat membantu meningkatkan imun. Dengan mengikuti kurban di pedalaman, kitab isa membantu warga dari banyak aspek kehidupan mereka.

Cara memilih kurban online di pedalaman

Nah, Sahabat muslim. Setelah mengetahui manfaat kurban online di pedalaman, mungkin sahabat muslim bertanya-tanya bagaimana memilih kurban online di pedalaman. Dari beberapa artikel, mungkin ada beberapa cara untuk memastikan kurban online yang terpercaya di pedalaman. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

1. Mencari website terpercaya untuk percaya

Website untuk berkurban ini sangat penting untuk langkah pertama. Untuk menentukan website terpercaya, langkah yang harus dilakukan ialah mengecek profil dari website tersebut. Setelah itu, Sahabat bisa mengecek riwayat berkurban dan juga data pekurban. Selain itu, sahabat juga bisa mengecek berapa lama website tersebut terlibat dalam kegiatan kurban dan online, dan berapa banyak hewan ternak yang sudah dikurbankan. Jangan lupa juga untuk selalu mengutamakan situs online yang resmi. Sahabat bisa mencari di internet mana saja lembaga yang sudah lama berdiri dan resmi di pemerintahan. 

2. Tips sebelum melakukan kurban online

Nah, bagi teman-teman yang sudah mencari website untuk berkurban, ada beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum menyetujui kurban online. Beberapa tips tersebut diantaranya ialah:

  • Perhatikan syarat pembelian hewan kurban

Sahabat, jangan lupa untuk selalu mengecek rincian serta profil hewan kurban yang hendak dibeli. Prosedur ini dapat mengetahui apakah hewan ternak didistribusikan di daerah sendiri atau tidak. Selain itu, Sahabat juga harus memperhatikan apakah kurban tersebut akan diantarkan ke rumah atau tidak, serta bagaimana pertanggungjawaban mereka terhadap kurban dan pekurban.

  • Periksalah hewan kurban, apakah telah sesuai dengan syarat

Poin ini adalah yang terpenting dalam melakukan kurban online. Syarat hewan kurban harus terpenuhi seperti; merupakan hewan ternak, sudah cukup umur, dan sehat. Karena sekarang sedang musim wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), maka sahabat harus memastikan bahwa hewan kurban bebas dari penyakit. Setelah semua syarat terpenuhi. Sahabat pun sudah bisa melakukan pembayaran.

  • Ingat, pilihlah hewan kurban sesuai budget masing-masing!

Sahabat, jangan lupa, hewan kurban haruslah mengikuti budget masing-masing! Mengapa? Karena yang terpenting adalah hidup berkecukupan dan mampu. jika sahabat menjadi tidak mampu karena berkurban, maka ibadahnya menjadi sia-sia. Jadi, pastikan harga hewan ternak sesuai dengan kantung, ya!

  • Pilihlah metode pembayaran sesuai dengan keinginan

Proses pembayaran biasanya dilakukan secara online, terutama di era pandemik ini. pembayaran online ini pun bermacam-macam, seperti mobile banking, debit, dan lain sebagainya. sahabat bisa memilih pembayaran mana yang cocok dan bisa dilakukan.

  • Jangan lupa konfirmasi dan follow up hewan ternak dari pihak situs

Terakhir, jangan lupa untuk selalu konfirmasi dan follow up perkembangan kurbannya, ya! Hewan kurban akan diantarkan ke pedalaman langsung.

Sahabat, itu tadi cara melakukan kurban online di pedalaman. Bagi sahabat muslim yang ingin berkurban namun bingung bagaimana, jangan khawatir! Insan Bumi Mandiri siap membantu sahabat sekalian untuk berkurban di pedalaman. Insha Allah, kurban akan dilakukan dengan amanah dan jujur. Sahabat juga tidak perlu khawatir karena budget yang disedikana juga bervariasi. Sahabat bisa mengunjungi laman berikut untuk mengecek harga hewan ternak kurban.

Referensi

https://money.kompas.com/read/2021/07/15/191702826/5-tips-kurban-secara-online-di-tengah-ppkm-darurat?page=all
https://www.republika.co.id/berita/qwhq5w423/6-tips-beli-hewan-qurban-online-praktis-dan-aman
https://islam.nu.or.id/syariah/syarat-syarat-sah-qurban-i-Z2THX