Inspiratif

Keutamaan Mendukung Pembangunan Masjid di Daerah Pelosok

pahala bangun masjid


Masjid sebagai tempat peribadahan umat muslim menjadi sarana penting dalam tatanan kehidupan bermasyarakat. Banyak hal positif yang dapat diperoleh umat melalui kegiatan yang dikelola oleh masjid. Maka, selayaknya pembangunan masjid mendapat dukungan.

Tidak hanya bermanfaat sebagai tempat untuk beribadah, masjid juga menjadi sentral dalam meningkatkan ukhuwah dan juga kesejahteraan umat muslim di sekitarnya. Mengingat pentingnya peran masjid, maka diperlukan perhatian besar dalam pembangunannya. Kini telah banyak donatur baik secara perorangan atau dikelola oleh lembaga yang membantu pemerintah dalam melakukan pemerataan pembangunan tempat ibadah di seluruh pelosok nusantara.

Pembangunan Masjid dalam Tatanan Masyarakat

Pada zaman Nabi, masjid tak hanya dijadikan tempat untuk beribadah. Tapi sering digunakan sebagai pusat kebudayaan, pendidikan umat, tempat mengatur strategi militer, ketahanan pangan dan banyak aktivitas lain yang berhubungan untuk kesejahteraan masyarakat.

Secara garis besar, pembangunan masjid berfungsi sebagai:

1. Sebagai Pusat Pendidikan

pahala bangun masjid untuk pendidikan

Masjid dapat menjadi tempat edukasi dalam meningkatkan pengetahuan dan juga penguatan akidah. Hal ini didasarkan pada fungsi ilmu sebagai landasan bagi setiap muslim untuk beribadah dan berperilaku sesuai syariat dalam Alquran dan hadis.

2. Pusat Perekonomian

pahala bangun masjid untuk perekonomian

Masjid dapat dijadikan tempat pertemuan para pelaku usaha agar dapat meningkatkan perekonomian umat muslim. Melalui penyusunan program dan kegiatan ekonomi berbasis hukum Islam, maka ketahanan ekonomi umat muslim dapat berkembang lebih baik lagi.

Namun, patut diketahui, lingkungan di dalam masjid terlarang untuk dijadikan sebagai lokasi jual-beli maupun transaksi keuangan apapun. Lain halnya dengan lingkungan tempat tinggal atau di areal luar pagar masjid yang memang kerap menjadi wilayah berkumpulnya warga.

3. Pusat Kekuatan

masjid menjadi pusat kekuatan umat islam

Sebagai tempat bertemu, masjid tentu dapat menjadi media untuk saling menguatkan hubungan antar umat muslim.
Sikap saling menghormati, mendukung dan membantu akan membuat hubungan semakin harmonis. Ini dapat menjadi titik kekuatan umat muslim untuk dapat lebih maju dan berkembang lagi melalui ukhuwah Islamiah.

4. Pusat Literasi

Kegiatan beribadah yang dilakukan di mesjid tak hanya pada kegiatan ritual wajib saja. Namun di dalamnya juga terdapat pengembangan ilmu pengetahuan yang didapat dari kitab-kitab yang berguna untuk perkembangan ilmu dan wawasan jemaah masjid. Dengan adanya literasi dalam hal spiritual ini, diharapkan dapat membantu dalam meningkan iman dan ketaqwaan.

5. Kondisi Masjid di Daerah Pelosok

bagaimana kondisi masjid di daerah pelosok

Begitu besar manfaat masjid dalam tatanan masyarakat, maka pembangunannya mestilah mendapatkan dukungan oleh umat.

Namun kenyataannya masih banyak tempat ibadah di daerah pelosok yang tak layak pakai atau bahkan tidak memiliki masjid. Ini adalah keprihatinan yang sangat besar.

Bangunan yang rusak parah, hampir roboh, atap rusak, tidak ada saluran air dan minimnya fasilitas pendukung lain juga sering menjadi kendala.
Pembangunan secara menyeluruh sangat dibutuhkan agar kesempatan beribadah dengan baik dapat dirasakan oleh umat muslim di pelosok.

Masyarakat tak dapat merasakan indahnya shalat berjamaah, mendengarkan kajian, atau melakukan kegiatan keagamaan lainnya.
Anak-anak tak dapat rasakan mengaji serta tidak mengisi masa kecilnya menuntut ilmu agama dan bermain di masjid. Ini tentu menjadi peringatan penting dalam menjaga akidah warga di tempat terpencil.
Masjid menjadi sentra penting dalam dakwah. Oleh karena itu pembangunan masjid di daerah tertinggal menjadi tanggung jawab semua umat muslim di Indonesia.

Baca Juga : Hadits tentang Sedekah

6. Sedekah Jariah sebagai Penyelamat Umat

Banyaknya masyarakat pelosok yang tertinggal dalam banyak hal, membutuhkan perhatian dari berbagai pihak. Bantuan yang diberikan akan sangat membantu terhadap kehidupan umat. Salah satunya adalah melalui pembangunan masjid.

Dalam Islam berdonasi yang akan mendatangkan kebaikan untuk pemberi dan juga yang diberi bantuan, inilah yang dikenal dengan sedekah.
Sedekah jariah merupakan pemberian harta yang dapat digunakan untuk kepentingan umum dan memberi manfaat secara terus-menerus. Beberapa manfaat melakukan sedekah antara lain:

6a. Membersihkan Harta dan Jiwa

Ketulusan seseorang dalam bersedekah akan menjadi jalan untuk membersihkan harta dan jiwa. Hal ini tentu menjadi cara agar mendapat ketenangan dan berkah dari Allah.

6b. Mudah Mencari Rezeki

Umat muslim tentu mempercayai jika sedekah dapat memudahkan turunnya rezeki. Allah Swt. memang menjanjikan kemudahan dan juga meluaskan jalan rezeki pada siapa saja yang bersedekah dengan ikhlas.

6c. Memberi Manfaat untuk Orang Banyak

Sedekah jariah dalam bentuk mendukung pembangunan masjid tentu akan memberi manfaat untuk orang banyak. Ketika sedekah digunakan untuk kemaslahatan umat, bayangkan berapa banyak orang yang akan merasakan manfaatnya.

Pahala yang Terus Mengalir

Selama sedekah kita dinikmati orang banyak, maka selama itulah pemberi sedekah mendapatkan pahala. Allah menunjukan kekuasaan-Nya terhadap orang yang yakin dengan balasan dari setiap perbuatan.
Kebaikan akan berbuah kebaikan, maka sedekah jariah yang dikeluarkan dengan niat karena Allah akan menjadi jalan untuk mendapat pahala yang kekal.

7. Pembangunan Masjid di Daerah Pelosok Bersama Insan Bumi Mandiri

Insan Bumi Mandiri merupakan sebuah lembaga yang fokus terhadap kegiatan sosial di daerah Indonesia Timur. Tercatat mulai dari masyarakat di Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Papua, Sulawesi dan daerah Sumatera telah menjadi penerima manfaat.

Melalui program-programnya, Insan Bumi Mandiri menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang berada di pedalaman.

Salah satu program bantuan yang disalurkan adalah pembangunan masjid. Penggalangan dana yang dilakukan secara massal akan disalurkan untuk pembangunan dan juga perbaikan infrastrukstur sekitar masjid.

Tak hanya melakukan pembangunan, beberapa program pendukung pun turut dilakukan. Beberapa kegiatan sosial untuk warga di sekitar masjid seperti penyaluran sembako, hingga pengadaan Alquran dilakukan demi menghidupkan masjid yang telah dibangun.

Pemberian bantuan yang cepat, tepat sasaran, dan teroganisasi akan memberi manfaat yang besar untuk masyarakat. Upaya pembangunan masjid di pelosok ini diharapkan dapat memudahkan ibadah dan meningkatkan keimanan masyarakat.

Sahabat, yuk mulai kebaikan pertamamu membangun masjid di pedalaman. Klik di sini.

bersama yuk bantu bangun masjid di pedalaman Yuk!