Kisah Pedalaman Tentang IBM

7 Keuntungan Menjadi Seorang Relawan

keuntungan jadi relawan

Menjadi relawan bukan sekedar pekerjaan sukarela, tapi di sepanjang perjalanannya mengandung pelajaran dan nilai-nilai kehidupan. 

Tanggal 5 Desember diperingati sebagai hari relawan internasional. Dengan adanya peringatan ini, diharapkan dapat semakin mengenalkan eksistensi relawan di Indonesia. Apalagi sebagai negara yang rawan bencana keberadaan relawan tentu sangat dibutuhkan.

Keuntungan Jadi Relawan

Berikut adalah 7 keuntungan yang akan kita dapatkan ketika menjadi seorang relawan.

1. Menjadi Lebih Bahagia

Bersama dengan Kak Seto anak-anak menjalani Trauma Therapy pasca letusan gunung api semeru
Bersama dengan Kak Seto anak-anak menjalani Trauma Therapy pasca letusan gunung api semeru.

Studi mengungkapkan jika setiap kali kita berbuat baik kepada orang lain akan mengaktifkan area di otak yang bernama striatum, bagian otak ini merespon hal-hal yang kita anggap bermanfaat seperti makanan enak atau bahkan obat-obat yang membuat ketagihan.

Menjadi relawan membuat kita merasa lebih bahagia karena dengan melakukan itu kita berbuat baik kepada orang lain.

2. Menambah Relasi

Menjadi relawan membantu kita bisa terhubung dengan banyak orang. Saat bencana terjadi, banyak relawan dari berbagai daerah di Indonesia datang untuk melakukan kegiatan sukarela tersebut. 

Sahabat bisa berjumpa dan berkenalan dengan mereka. Tanpa membeda-bedakan suku, ras, agama, dan budaya, perjumpaan relawan selalu menyenangkan karena membawa satu tujuan yang sama, yaitu misi kemanusiaan.

3. Memperbaiki Mood

Mood mudah hancur karena masalah yang seringkali melanda? Sudah saatnya Sahabat mencoba mendaftarkan diri menjadi relawan.

Sebuah penelitian menyebutkan jika 94 % orang yang menjadi relawan mengatakan jika kegiatan tersebut benar-benar bisa meningkatkan mood mereka.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Era digital membuat orang-orang mudah sekali terpengaruh dengan apa yang mereka tonton dan dengar. Perasaan rendah diri dan membenci diri sendiri kadang muncul jika melihat pencapaian orang lain yang lebih baik dari kita.

Saat menjadi relawan, hidup kita akan terasa lebih bermakna karena bisa membantu meringankan beban orang lain. Dengan begitu kepercayaan diri kita akan meningkat dengan sendirinya.

Baca Juga : 3 Cara Mengajak Teman Untuk Berbuat Baik

5. Mengembangkan Diri

Siapa bilang kegiatan kerelawanan tidak bisa memberikan manfaat bagi pengembangan diri ? Sama dengan bidang-bidang lainnya, bidang ini juga memiliki peluang sama untuk lebih mengaktualisasi diri. 

Sebagai contoh, saat menjadi relawan bagian dokumentasi, kemampuan fotografimu akan menjadi semakin terasah dan semakin baik. Sama halnya ketika ditugaskan menjadi ketua rombongan, kemampuan leadership dan public speaking kita akan teruji di sana.

6. Lebih Peka terhadap Lingkungan

Tak dapat dipungkiri gadget secara tidak langsung telah mematikan sebagian kepekaan kita. Kita lebih sibuk dengan smartphone daripada memperhatikan orang sekitar.

Keuntungan menjadi relawan adalah, kita bisa melatih kepekaan diri lebih baik lagi. Bayangkan Sahabat sedang berada di tempat terpencil tanpa sinyal dan internet.  Tidak ada yang dapat dilakukan selain bertanya dan mengobrol dengan orang sekitar.

Semakin sering membantu sesama, hati kita akan semakin peka dengan orang-orang yang membutuhkan di sekitar kita.

7.    Melatih Diri Agar Tidak Egois

Saat berada ditempatkan di daerah yang serba sulit, relawan dituntut untuk bisa hidup apa adanya dan saling berbagi. Tidak bisa makan enak dan jumlahnya terbatas, tidak bisa mandi setiap hari, dan kesulitan-kesulitan lainnya.

Justru, itulah yang akan melatih diri kita agar tidak hanya egois memikirkan diri sendiri, tapi juga memikirkan  orang lain  yang sama-sama punya kondisi sulit dengan kita.

Nah, Sahabat. Itulah 7 manfaat menjadi relawan yang bisa kita dapatkan. 

Semoga bisa menginspirasi kita untuk selalu menebarkan kebaikan.  

Meski jauh di sana, Sahabat tetap bisa membantu mereka. Klik di sini.

bersama mari menjadi pahlawan lokal dan bantu pedalaman Indonesia