Inspiratif
Andovi da Lopez, Youtuber Keturunan NTT yang Menginspirasi Indonesia

Saat ini youtube sudah menjadi salah satu media hiburan yang populer di Indonesia. Baik dari kalangan muda mudi maupun dewasa tak pernah lepas dari yang namanya aplikasi youtube. Selain sifatnya hiburan, youtube juga menawarkan berbagai tontonan lain yang mengedukasi penontonnya.

Menurut data,  94 % orang Indonesia dalam sebulan terakhir ini mengakses media sosial berbasis video tersebut. Tentunya melalui video-video yang ada di youtube, Anda bisa belajar banyak hal mulai dari memasak, menulis, programming, hingga hal-hal produktif lainnya. 

Bahkan saat ini banyak beberapa orang yang mengatasnamakan dirinya sebagai sarjana youtube, saking banyaknya ilmu baru yang bisa mereka pelajari. Tak hanya itu bagi mereka yang mengupload video tersebut biasanya dinamakan dengan creator/youtuber.

Berkarya untuk Indonesia

Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu bagian dari timur indonesia yang menyimpan banyak potensi dan juga keindahan alam. Termasuk juga potensi dari sumber daya manusianya.

Tercatat ada begitu banyak anak negeri yang berasal dari NTT dan berhasil berkarya di bidangnya masing-masing. Salah satunya adalah pasangan kakak Jovial Da Lopez dan juga adiknya Andovi Da Lopez.

Andovi merupakan seorang aktor, komedian dan juga Youtuber berkebangsaan Indonesia. Bersama dengan sang kakak Jovi (atau biasa dipanggil dengan nama Kak Jo) ia mulai mengupload beberapa video youtubenya sepulang dari India. Ia juga lulus dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia pada tahun 2017.

Sementara itu sang kakak menamatkan studinya juga di UI pada tahun 2012 di jurusan Fisika Universitas Indonesia. Mereka berdua memulai karir youtube nya yang dinamai dengan skinnyindonesian24.

Da Lopez bersaudara sendiri diambil dari marga ayahnya yang berasal dari Flores, sementara sang ibu berasal dari Manado. Ayah (papa) mereka adalah seorang aktivis sekaligus pejuang yang mendedikasikan diri mereka untuk mengangkat potensi-potensi yang ada di NTT.

Sepanjang 24 Juni 2020-24 Juni 2021 mereka secara resmi mengumumkan bahwa tahun ini menjadi tahun terakhir dari mereka untuk berkarir di youtube. Melalui channel youtube nya tersebut. Di tahun terakhirnya mereka tidak tanggung-tanggung untuk memberikan karya ‘terbaik’ dari skinnyindonesian24.

Baca Juga: Hari Pendidikan Nasional, Sebaik Apa Literasi di Pedalaman Indonesia

Mengenal Lebih Jauh Da Lopez Bersaudara

Tepat di 24 Juni 2021 melalui video terakhirnya mereka pun bercerita lebih dalam tentang diri mereka. Mulai dari bagaimana kondisi rumah yang berada di Depok Timur, hingga perjalanan youtube mereka yang dimulai dari tahun 2011.

Tak hanya itu, berbagai ucapan terima kasih pun disampaikan melalui video terakhir tersebut baik untuk tim, youtube maupun penontonnya. Tak hanya itu keduanya juga menjelaskan bahwa betapa pentingnya pendidikan.

Melalui pendidikan manusia bisa memiliki kesempatan yang sama dalam hidup, tanpa memandang bagaimana latar belakang ekonomi dan sosialnya. Tak hanya itu pendidikan juga turut serta dalam pemerataan akses agar manusia bisa meningkatkan taraf hidupnya.

Baca Juga: Beasiswa Afirmasi: Solusi untuk Mengatasi Masalah Pendidikan di Wilayah 3T

Kontribusi Bagi Dunia Pendidikan

beasiswa da lopez
Beasiswa Da Lopez

Bagi Da Lopez bersaudara pendidikan tentu menjadi salah satu yang mengubah mereka hingga saat ini. Tak hanya itu, peran orang tua juga turut serta membantu perkembangan diri mereka.

Maka dari itu pada tahun 2017 keduanya memberikan giveaway yang sedikit berbeda yaitu, Beasiswa da Lopez. Dalam merayakan 1 juta subscriber kepada anak-anak SMA yang akan melanjutkan kuliahnya di bangku perguruan tinggi negeri.

Tahun 2021, mereka pun berencana akan mengadakan kembali Beasiswa Da Lopez ini dan juga mendirikan sekolah. Sahabat mari sama-sama kita doakan semoga impian tersebut bisa terwujud yah, agar pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik.

Bicara tentang timur Indonesia, di luar sana ada begitu banyak potensi mereka yang harus terpendam karena kualitas pendidikan dan juga fasilitas yang kurang memadai. Anda juga bisa membantu meringankan beban mereka melalui link berikut