Kurban

Sedang Mencari Sapi Kurban? Coba Tips Berikut

kurbasn pedalaman

Tak lama lagi, umat muslim akan memasuki bulan Dzulhijjah. Sahabat muslim sudah tahu ciri khas dari bulan ini? Ya, selain bulan untuk menunaikan ibadah haji, di bulan ini juga menjadi berarti karena adanya hari Idul Adha. Dimana pada hari ini, ibadah kurban menjadi salah satu hal terpenting umat islam. Tapi sebelum melakukan kurban, perlu diketahui apakah hari raya kurban, beserta berapa harga sapi kurban dan tips membelinya.

Pengertian Kurban

Dilansir dari urban artikel, qurban sendiri diambil dari kata Qaruba, yang berarti dekat. Hal ini karena ibadah kurban dilaksanakan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. ikatnya ibadah qurban dilaksanakan dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah swt. Hewan yang dikurbankan pun bermacam seperti sapi, unta, kambing, atau kerbau. Hewan tersebut disembelih ketika masuk di bulan Dzulhijjah pada tanggal 10, 11, 12 dan 13.

Perintah Berkurban Dalam Al-Qur’an dan Hadits

Perintah berkurban tertulis baik dalam Al-Qur’an maupun hadits. Dilansir dari inews, di dalam Al-Qur’an surah Al-Kautsar ayat 2, Allah berfirman:

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

Selain itu, Allah SWT juga berfirman dalam Surah Al Maidah ayat 27, yang berbunyi:

وَاتْلُ عَلَيْهِمْ نَبَأَ ابْنَيْ آدَمَ بِالْحَقِّ إِذْ قَرَّبَا قُرْبَانًا فَتُقُبِّلَ مِنْ أَحَدِهِمَا وَلَمْ يُتَقَبَّلْ مِنَ الْآخَرِ

Yang berarti: “Ceritakanlah kepada mereka kisah dua putra Adam (Habil dan Qabil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan kurban, maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil).” (QS. Al Maidah: 27)

Hal ini berarti, bahwa perintah untuk berkurban bagi yang mampu sudah tertera jelas dalam Al-Qur’an. Akan tetapi, terdapat pula beberapa hadits yang mendukung seruan untuk melakukan ibadah kurban ini.

Dikutip dari artikel Hakikat Ibadah Qurban – Tanmia hadits riwayat Imam Muslim menyatakan bahwa:
“Nabi SAW berkurban dengan dua kambing kibasy berwarna putih lagi panjang tanduknya, beliau menyembelihnya dengan tangan beliau sendiri yang mulia seraya membaca basmalah, bertakbir dan meletakkan kaki beliau yang berkah diatas leher keduanya.” (Fathul Wahab hal. 337).

Hadits lain menyatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,
“Siapa yang mendapati dirinya dalam keadaan lapang, lalu ia tidak berqurban maka janganlah ia mendekati tempat shalat Id kami.” (H.R. Ahmad dan Ibnu Majah).

Harga Sapi Kurban dan Tips Membelinya

Membeli hewan kurban tidak boleh sembarangan, sahabat muslim. Hewan kurban ini nantinya akan diberikan kepada orang yang membutuhkan, untuk membuat suasana menjadi suka cita. Sehingga, sangat tidak etis untuk memilih hewan kurban sekadarnya. Adapun tips-tips yang bisa dirangkum dari artikel 6 Tips Beli Hewan Qurban Berkualitas – Kitabisa.com adalah:

1. Umur hewan kurban

Untuk dikurbankan, hewan yang akan kita pilih haruslah memiliki umur yang cukup. Usia untuk tiap jenis hewan kurban juga berbeda. Misalnya, hewan sapi dan kerbau harus berusia lebih dari 2 tahun. Sementara kambing dan domba harus berusia lebih dari 1 tahun. 

2. Tidak memiliki cacat

Hewan yang akan dikurbankan harus dipastikan tidak memiliki cacat. Umat muslim yang ingin berkurban harus memilih hewan ternak terbaik. Jika terdapat cacat pada tubuh hewan kurban, maka kegiatan berkurban orang tersebut menjadi tidak sah.

Selain cacat secara fisik, harus diperhatikan pula cara hewan kurban berjalan. Hewan kurban tidak boleh pincang. Selain itu, kondisi seperti mata, hidung, juga anus dari hewan kurban haruslah sehat. Terakhir, harus diperhatikan apakah hewan kurban merupakan sapi gelonggongan atau tidak.

3. Pedagang memiliki label kesehatan

Pedagang hewan ternak yang memiliki label kesehatan, sudah pasti memiliki sertifikasi oleh dinas kesehatan. Hal ini dapat membantu para pembeli untuk memastikan bahwa pedagang menjual hewan kurban yang sehat, tidak cacat, dan memiliki kualitas baik.

4. Kebersihan tempat penjualan

Pastikan tempat penjualan dan juga tempat perawatan hewan ternak ini bersih. Selalu ingat bahwa kebersihan itu adalah sebagian dari iman, sehingga hewan yang hendak kita kurbankan pula harus dari tempat yang bersih. Kandang tempat hewan kurban dirawat haruslah bersih, sehingga meminimalisir cacat atau kondisi kesehatan yang buruk pada hewan kurban. 

5. Harga kurban harus sesuai dengan kemampuan

Setelah memastikan keempat ciri tersebut, sahabat muslim yang hendak berkurban harus memeriksa harga kurban juga. Sangat elok untuk mengetahui harga kurban, sehingga kita bisa mendapatkan harga hewan kurban sesuai dengan kualitasnya. Sahabat muslim bisa melihat harga hewan kurban pada artikel berikut yang telah dibahas sebelumnya Berapa Harga Hewan Kurban Sekarang? Cek di Sini Saja! – Blog Insan Bumi Mandiri

Hal terakhir yang paling penting dalam berkurban adalah, menyalurkan sumbangan dan juga kurban melalui website atau agen terpercaya. Sahabat, Insan Bumi Mandiri menyediakan platform untuk umat muslim yang kiranya ingin melakukan ibadah kurban. Insha Allah, kurban yang disalurkan akan membawa berkah, dan amanah sampai kepada saudara yang berhak menerima. Untuk berkurban, sahabat bisa klik link berikut:

Referensi

Hakikat Ibadah Qurban – Tanmia

6 Tips Beli Hewan Qurban Berkualitas – Kitabisa.com

https://www.inews.id/lifestyle/muslim/dalil-tentang-qurban/3