Rilis
Insan Bumi Mandiri x DT Peduli: Sebar Paket Buka Puasa di Pedalaman Indonesia

Meski Ramadhan tahun ini aktivitas kita sangat terbatas karena pandemi, tapi bukan berarti gerakan kebaikan pun menjadi terhenti. Nyatanya, Bulan Ramadhan ini masih memanggil kita untuk tetap menyebarkan kebaikan dan kebermanfaatan pada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Bersama para donatur, Insan Bumi Mandiri menyalurkan paket buka bersama selama bulan Ramadhan ke beberapa titik pedalaman yang ada di Indonesia. Dana penyaluran tersebut dihimpun dari campaign

“Paket Buka Puasa untuk Warga Pedalaman” yang dibuka di website insanbumimandiri.org sejak 31 Maret 2020 lalu.

Penyaluran dilaksanakan pada kurun waktu 14-20 Mei 2020, sebanyak 6.497 paket buka puasa berhasil disalurkan ke 41 titik yang tersebar di 4 provinsi di Indonesia, yaitu Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Sumatera Utara (Sumut) dan Sumatera Selatan (Sumsel). Wilayah yang menjadi titik penyaluran merupakan daerah 3T (terdepan, tertinggal, dan terluar di Indonesia). Adapun titik-titik tersebut antara lain, Kabupaten Dompu & Bima (NTB), Kabupaten Alor, Timor Tengah Selatan, Lembata (NTT), Kabupaten Lubuklinggau & Musi Rawas (Sumatera Selatan), serta Kabupaten Tapanuli Selatan (Sumatera Utara).

Insan Bumi Mandiri juga tak sendiri dalam menyalurkan paket buka puasa ini untuk saudara kita di pedalaman sana. Selain menyalurkan bantuan secara mandiri, Insan Bumi Mandiri juga bekerja sama dengan DT Peduli dalam melakukan penyaluran. Terdapat total 1.201 paket buka puasa yang dibagikan di 8 titik yang tersebar di Nusa Tenggara Timur, seperti Pulau Kangge, Baranusa, Wolwal (Kabupaten Alor), Kabupaten Manggara Barat, Timor Tengah Selatan, Sumba, Ngada Flores, dan Lembata.

Paket buka puasa yang diberikan berupa nasi, lauk-pauk, dan buah-buahan sebagai hidangan masyarakat untuk berbuka puasa. Adapun relawan-relawan Insan Bumi Mandiri yang bertugas di lapangan menyalurkan paket-paket tersebut dengan cara mendatangi rumah warga satu per satu untuk mengindari kerumuman dan teap menjaga social distancing.

Masyarakat yang menerima paket buka puasa merasa sangat terbantu dengan kegiatan ini, seperti yang disampaikan oleh Hayatul Fikri Aziz selaku Head of Monitoring & Evaluation Insan Bumi Mandiri.

“Alhamdulillah, masyarakat merasa sangat terbantu dan bahagia. Ada yang pertama kali mendapatkan bantuan makanan semacam ini, jadi responnya senang luar biasa. Berharap agar kegiatan ini bisa terus dilakukan,” papar Fikri.

Kegiatan penyaluran paket buka puasa ini akan terus berlanjut hingga menjelang Lebaran nanti.