Pendidikan

Fungsi dan Tujuan Taman Pendidikan Alquran (TPA) untuk Anak

tpa

Penanaman ilmu agama Islam pada anak tentunya harus dilakukan sejak dini agar anak dapat tumbuh sebagai pribadi yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Selain mengajarkan anak mengenai nilai-nilai Islam dalam lingkup keluarga, Sahabat juga bisa mendaftarkan si kecil untuk menimba ilmu di Taman Pendidikan Alquran atau TPA. 

Taman Pendidikan Al-Quran merupakan sebuah lembaga atau kelompok masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan non formal agama Islam. Tujuan utama dibentuknya Taman Pendidikan Alquran yaitu untuk mengajarkan ilmu Alquran pada anak-anak sejak usia dini. 

Sementara menurut pengertian dari Departemen Agama, Taman Pendidikan Alquran adalah unit pendidikan non-formal jenis keagamaan berbasis komunitas muslim yang menjadikan Alquran sebagai materi utamanya, dan diselenggararakan dalam suasana yang Indah, Bersih, Rapi, Nyaman, dan Menyenangkan sebagai cerminan nilai simbolis dan filosofis dari kata TAMAN yang dipergunakan.

Pada dasarnya lembaga ini terbagi menjadi beberapa kelas sesuai dengan tingkat umur yaitu Taman Kanak-kanak Alquran (TKA) untuk anak seusia TK atau sekitar 5-7 tahun, Taman Pendidikan Alquran (TPA) untuk anak seusia SD kelas satu sampai tiga atau sekitar  7-9 tahun, dan Taman Bimbingan Islam dan Kreatifitas untuk anak yang berusia 10-12 tahun.

Secara umum, tujuan dari hadirnya Taman Pendidikan Alquran adalah untuk menciptakan generasi muda yang beriman , berakhlak mulia, cerdas dan mandiri. 

Namun tak hanya itu saja, Taman Pendidikan Alquran juga memiliki fungsi dan tujuan yang amat penting dalam menanamkan ilmu agama bagi para santrinya. Nah sebelum Sahabat mencari dan mendaftarkan anak-anak ke Taman Pendidikan Alquran, kita cari tahu lebih lanjut yuk fungsi dan tujuan dari lembaga pendidikan Taman Pendidikan Alquran! 

Fungsi dan Tujuan Taman Pendidikan Alquran 

1.Mengajarkan Anak-Anak Agar Mampu Membaca Alquran

Fungsi dan tujuan yang pertama dari dibentuknya Taman Pendidikan Alquran adalah untuk mengajarkan anak-anak agar mampu membaca Alquran. Membaca Alquran merupakan salah satu pembelajaran utama yang akan didapat ketika anak-anak mengenyam pendidikan di Taman Pendidikan Alquran. 

Pada awal mula pembelajaran di Taman Pendidikan Alquran biasanya santri akan dikenalkan dengan huruf hijaiyah. Setelah mempelajari huruf hijaiyah, metode yang umum dan paling lazim digunakan adalah dengan menggunakan metode iqra, meskipun adapula yang memakai model tilawati, qiroati, yambua, baghdadiyah dan lain sebagainya.

Proses pembelajaran untuk membaca Alquran ini bertujuan supaya santri bisa membaca Alquran yang menggunakan huruf arab atau huruf hijaiyah. Namun tentunya bukan hanya sampai bisa sekedar membaca Alquran saja, akan tetapi tujuannya adalah agar santri dapat membaca Alquran sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.

2.Mengajarkan Anak-Anak Agar Mampu Menulis Alquran

Selain bertujuan untuk mengajarkan anak-anak mampu membaca Alquran, Taman Pendidikan Alquran juga bertujuan agar anak-anak mampu menulis Alquran. Tentunya yang dimaksud disini bukanlah menuliskan mushaf Alquran secara keseluruhan, akan tetapi para santri siswa siswi yang mengenyam pendidikan di Taman Pendidikan Alquran dapat dan memiliki kemampuan untuk menulis huruf hijaiyah arab.

Kemampuan menulis ini tentunya juga diarahkan kepada keilmuan penulisan huruf arab (khat) dan bukan hanya sekedar asal menulis saja. Namun di beberapa Taman Pendidikan Alquran hal ini biasanya terhambat dengan keberadaan tenaga pengajar yang memiliki keterbatasan dalam keilmuan khat.

3.Melatih Kemampuan Menghafal Alquran

Tujuan Taman Pendidikan Alquran selanjunya adalah untuk melatih kemampuan anak-anak dalam menghafal Alquran. Dalam hal kategori menghafal Alquran, lazimnya pelajaran hafalan yang diberikan di Taman Pendidikan Alquran adalah hafalan surat surat pada juz amma, doa sehari hari serta bacaan sholat.

Para santri juga akan diajarkan gerakan- gerakan wudhu serta sholat, sehingga anak- anak dapat melaksanakan wudhu dan sholat dengan baik dan benar.

4.Mampu Mengamalkan Kandungan Alquran

Fungsi dan tujuan selanjutnya dari Taman Pendidikan Alquran adalah mendidik para santri agar  mampu mengamalkan isi kandungan Alquran dalam kehidupan sehari hari, baik itu hablum minallah maupun hablum minannaas. Mengamalkan kandungan Alquran juga berarti menanamkan nilai- nilai budi pekerti yang baik dengan meneladani Rasulullah dan para sahabatnya.

Kemampuan dalam melaksanakan isi kandungan Alquran dalam kehidupan sehari-hari  merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan pembelajaran di Taman Pendidikan Alquran selain kemampuan akademis sepertil membaca, menghafal, dan menulis Alquran bagi para santri lulusannya.

Baca juga : 10 Kegiatan di Taman Pendidikan Al-Quran

Sedekah Jariyah untuk TPQ di Pedalaman Indonesia

Bagaimana, Sahabat? Sekarang sudah paham kan dengan fungsi dan tujuan dari Taman Pendidikan Alquran untuk menanamkan nilai-nilai Islam pada para santrinya. Pada intinya, hadirnya Taman Pendidikan Alquran sangatlah dibutuhkan untuk memberikan pendidikan agama Islam untuk anak-anak sejak usia dini. 

Tak hanya di perkotaan, kehadiran Taman Pendidikan Alquran juga sangat dibutuhkan di daerah-daerah pedalaman. Sayangnya, akses dan fasilitas Taman Pendidikan Alquran di pedalaman sangatlah terbatas sehingga tak bisa menjalankan fungsi dan tujuannya secara maksimal. Klik di sini untuk bantu pembangunan TPQ di pedalaman supaya anak-anak di pedalaman bisa dapatkan kesempatan yang sama dalam mengakses pendidikan.

Sumber artikel : 
https://pontren.com/2021/06/25/tujuan-tpq/
https://www.seragamtk.com/fungsi-dan-tujuan-tpa-bagi-anak/