Kisah Pedalaman

7 Destinasi Wisata di NTT yang Wajib Dikunjungi

Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu wilayah di Indonesia bagian timur yang memiliki pesona alam yang luar biasa. Tidak heran jika provinsi kepulauan ini menjadi salah satu tujuan wisata utama di Indonesia Timur.

NTT memiliki banyak pulau eksotis yang bisa menjadi pilihan wisata saat libur akhir tahun 2022. Taman Nasional Komodo salah satunya yang bisa menjadi destinasi utama. Wisatawan bisa melihat langsung Komodo di habitat aslinya.

Namun, tahukan anda ada banyak wisata alam selain Pulau Komodo yang bisa Anda masukkan ke dalam daftar kunjungan liburan ke NTT. Berikut 7 destinasi wisata di NTT yang wajib dikunjungi yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Danau Kelimutu

danau kelimutu

Danau Kelimutu dikenal sebagai Danau Tiga Warna karena warnanya yang berubah menjadi merah, biru dan putih. Perubahan warna ini disebabkan oleh komposisi mineral danau. Danau dengan ketinggian 1.631 mdpl di atas permukaan laut ini terletak di puncak Gunung Kelimutu di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Ende, Flores. 

2. Pulau Komodo

Pulau Komodo terletak di titik paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Pulau Komodo tidak hanya menawarkan kesempatan untuk melihat langsung Komodo purba di habitat aslinya, tetapi tersimpan pula pesona alam, flora dan fauna yang beragam.

Pada 11 November 2011, Pulau Komodo terdaftar sebagai salah satu dari tujuh Situs Warisan Dunia UNESCO bersama dengan Hutan Amazon, Teluk Halong, Air Terjun Iguazu, Pulau Jeju, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, dan Gunung Meja.

3. Pulau Alor

pesona pantai alor

Jika Anda suka scuba diving dan snorkeling, pastikan untuk menambahkan Pulau Alor ke daftar kunjungan Anda. Terletak di ujung timur Kepulauan NTT (dengan Timor Timur di selatan), berbatasan dengan Laut Flores dan Laut Banda di utara, Selat Ombai di selatan, dan Selat Pantar di barat. Pantai di Pulau Alor menawarkan keindahan bawah laut yang luar biasa dan berbagai macam terumbu karang yang menakjubkan. 

4. Pulau Padar

pulau padar

Dikelilingi oleh air biru dan perbukitan yang mempesona, pulau ini wajib dikunjungi saat berkunjung ke NTT. Dilihat dari atas Bukit Gili Padar, panorama Pulau Padar semakin menakjubkan. Wisatawan tidak hanya dapat menikmati pemandangan laut yang indah, tetapi juga bisa mendaki ke puncak pulau Padar untuk menyaksikan matahari terbenam yang spektakuler, juga sangat cocok untuk dijadikan spot foto.

5. Pantai Oetune

pantai oetune

Pantai Oetune adalah sebuah kawasan pantai di Oebelo, Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT. Pantai ini merupakan destinasi khas NTT yang menawarkan panorama gurun pasir ala Timur Tengah. Di sepanjang pantai terdapat hamparan pasir yang terlihat seperti gunung dengan luas total 100 meter persegi.

6. Bukit Wairinding

bukit warinding
SAMSUNG CAMERA PICTURES

Perbukitan dengan hamparan savana yang luas ini memiliki nuasa eksotis tersendiri. Jika berkunjung pada saat musim kemarau, Anda akan segera disambut oleh savana berwarna kecoklatan. Di sisi lain, savana akan berubah menjadi hijau saat musim hujan. Bukit tersebut pernah digunakan sebagai lokasi syuting video klip “Man Upon the Hill” milik Stars and Rabbit.

7. Persawahan Lingko

persawahan lingko

Lingko adalah sistem pembagian sawah pada masyarakat di Desa Cancar, Kabupaten Manggarai, dimulai dari titik pusat yang disebut lodok. Garis panjang kemudian ditarik dari lodok menuju bidang terluar disebut dengan cicing. Polanya kecil di dalam dan besar di luar, seperti jaring laba-laba, dan jika dilihat dari atas memiliki tampilan yang sangat unik.

Sahabat itu dia beberapa tempat unik yang ada di Nusa Tenggara Timur yang cocok untuk dijadikan destinasi wisata untuk mengisi liburanmu.

Referensi:

https://www.urbanjabar.com/news/pr-922175168/7-destinasi-wisata-populer-di-ntt-yang-menarik-untuk-dikunjungi

https://travel.okezone.com/read/2020/12/23/408/2332988/7-destinasi-wisata-menawan-bak-surga-di-ntt-untuk-liburan-akhir-tahun

https://portalprobolinggo.pikiran-rakyat.com/pariwisata/pr-781340689/7-destinasi-wisata-alam-menakjubkan-di-ntt-ada-spot-diving-kelas-dunia

https://phinemo.com/7-destinasi-wisata-ntt-selain-pulau-komodo-yang-tidak-kalah-indah/