Kesehatan Ramadhan

Cara Mengatasi Dehidrasi saat Puasa di Bulan Ramadhan

dehidrasi adalah

Salah satu ibadah yang wajib dilakukan umat Islam pada bulan Ramadhan adalah berpuasa. Dalam bahasa Arab, puasa disebut shaum atau shiyam yang memiliki makna menahan diri. Makna itulah yang kerap menjadi motivasi umat Islam untuk semakin meningkatkan serta memperbaiki kualitas diri pada bulan Ramadhan

Seperti diketahui, Ramadhan merupakan salah satu momen bagi umat Islam untuk meningkatkan ketakwaan dengan melakukan beberapa ibadah, seperti misalnya dengan berpuasa dan shalat tarawih. Saat berpuasa, umat Islam harus melakukan santap sahur sebelum adzan subuh berkumandang dan berbuka puasa setelah matahari terbenam atau juga biasa saat adzan magrib. Sepanjang menjalankan puasa, kita juga terkadang masih menjalankan aktivitas seperti biasa.

Karena menahan dahaga sejak sahur, tak jarang orang mengalami dehidrasi dehidrasi. Lalu apa itu dehidrasi dan bagaimana cara mengatasnya? Berikut Tipsnya:

Memahami Apa Itu Dehidrasi

Sebelum kita membahas mengenai bagaimana caranya untuk mengatasi maupun mencegah yang dehidrasi, mari kita cari cari terlebih dahulu makna dehidrasi.

Dehidrasi adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh hilangnya cairan tubuh. Kondisi tersebut mengakibatkan konsentrasi gula dan juga garam yang ada di dalam tubuh menjadi terganggu. Akibatnya seseorang akan mengalami ketidakseimbangan cairan tubuh yang membuat tak jarang hingga sampai mengalami pingsan maupun lemas.

Dehidrasi sendiri disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya adalah berkeringat secara berlebihan, demam, berolahraga atau melakukan latihan yang berat, bekerja di tempat yang panas karena banyaknya keringat yang dikeluarkan, serta penyebab lainnya.

Baca Juga: 6 Herbal yang Terbukti Ampuh Meningkatkan Imun

Tanda Tanda Saat Anda Mengalami Dehidrasi

dehidrasi adalah

Apakah Anda pernah mengalami rasa haus yang luar biasa kemudian saat kencing urin Anda berwarna kuning pekat atau gelap, mulut kering dan lengket serta mudah mengantuk dan cepat lelah? Ketahuilah, bisa jadi Anda sedang mengalami dehidrasi. 

Selain itu gejala lain dari dehidrasi adalah denyut jantung cepat, nafas cepat, mata tampak cekung, demam, kulit kering, hingga kesadaran menurun.

Nah, bagi Anda yang mengalami kondisi tersebut tidak ada salahnya mulai dari sekarang untuk menambah asupan air putih. Terutama bagi Anda yang memiliki aktivitas berat serta sering terpapar cahaya matahari dan udara panas.

Baca Juga: Cara Mencegah Gizi Buruk di Indonesia

Cara Mengatasi Dehidrasi

cara mengatasi dehidrasi

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi dan mencegah dehidrasi diantaranya adalah dengan cara memperbanyak minum air putih. Selain itu, juga diperlukan asupan lain. Misalnya seperti mengonsumsi sayur dan juga buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral. Jangan lupa untuk menjaga pola tidur serta melakukan olahraga secara teratur.

Akan tetapi jika Anda merasa kondisi dehidrasinya semakin memburuk memeriksakan ke dokter bisa jadi salah satu alternatif bagi Anda juga.

Sahabat di luar sana masih banyak Saudara kita yang sedang sakit. Namun, tak ada biaya untuk ke dokter. Bantu mereka di sini

jemput kebahagiaan di bulan Ramadhan