Ramadhan

20 Persiapan Sambut Ramadhan agar Semakin Berkah dan Maksimal

20 Persiapan Sambut Ramadhan agar Semakin Berkah dan Maksimal

Halo Sahabat, enggak kerasa ya bentar lagi udah mau ketemu Ramadhan aja. Siapa nih yang masih belum siap menghadapi bulan puasa tahun ini? Jangan-jangan kamu adalah salah satunya..hihi

Puasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu ibadah wajib bagi setiap muslim yang beriman. Sebagaimana perintah Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 183 :

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa”

Tips Persiapan Bulan Ramadhan

Nah, akan sangat rugi loh kalau kita enggak bikin straregi untuk melalui bulan penuh berkah ini. Berikut 20 Tips Persiapan Ramadhan Untuk Milenial yang bisa diimplementasikan dalam kesehariaan supaya ibadah puasanya semakin mantul. Check it out!

1. Sadar! Ini Udah Mau Ramadhan

Tips persiapan Ramadhan yang pertama, udah pada sadar belum sih kalau ini udah deket sama Ramadhan? Atau masih terjebak dengan euphoria Lebaran tahun kemarin? Haha. Banyak dari kita itu engga ngeh sama kedatangan bulan penuh rahmat ini. Bahkan, ada yang besok udah mau puasa pertama baru ngomong “Lah besok puasa?” Berarti persiapan Ramadhan-nya belum ada sama sekali. Aduh, jangan sampai kamu kayak gitu ya Sahabat.

2. Mengganti Puasa Tahun Lalu

Buat Sahabat milenial yang Ramadhan tahun kemarin sengaja minum air keran masjid di siang hari karena haus, jangan lupa puasanya diganti ya. Buat kamu yang sakit ataupun ada halangan lain yang menyebabkan tidak berpuasa, yuk dibayar dulu utang puasanya. Semoga Ramadhan tahun ini enggak ada yang batal lagi ya.

3. Perbanyak Istighfar

Ini nih, kadang kita selalu merasa berat dan mengeluh saat menyambut Ramadhan dengan ngomong “Yah, udah mau puasa lagi aja”. Coba istighfar yang banyak deh, biar dosa-dosanya berguguran dan hatinya mulai lunak. Agar persiapan Ramadhannya mantap dan makin semangat dalam beramal.

4. Latihan Puasa

Karena sebentar lagi puasa, buat Sahabat yang khawatir tidak kuat menghadapi godaan boba, kopi kekinian, dan ayam geprek saat Ramadhan, bisa mulai dilatih dulu nih dengan merutinkan puasa-puasa sunnah. Dimulai dengan puasa Senin-Kamis, kalau udah terbiasa bisa dilanjutkan dengan puasa Daud. Hal ini untuk membiasakan diri kita saat memasuki ibadah puasa selama 30 hari nanti.

5. Perbanyak Baca Al-Quran

Ini sih penting banget untuk persiapan Ramadhan, terutama untuk milenial yang waktu baca al-qurannya lebih sedikit daripada waktu main game. Harus latihan tadarus Al-Quran sesering mungkin. Ada orang yang gamau tadarusan banyak saat sedang puasa karena takut seret kerongkongannya. Padahal, baca Al-Quran saat puasa pahalanya gede banget. Yuk, banyak-banyakin tadarus dari sekarang, kalau udah terbiasa dijamin enggak akan seret saat puasa nanti.

6. Kenali Lawan Terberatmu

Tips persiapan Ramadhan untuk milenial yang selanjutnya adalah, kenali lawan terberatmu. Musuh terbesar kita itu adalah kebiasaan buruk dan tidak bermanfaat di luar Ramadhan. Kalau ada yang dari pagi sampai pagi lagi kerjaannya adalah marathon nonton drama korea, coba mulai dikurangin deh. Persiapkan dirimu dengan baik demi kebaikan puasamu nanti.

7. Bersihkan Fitur Explore/Jelajah Instagram

“Ih, kok explore IG ku isinya kaya gini sih?!”, hayo siapa yang pernah kaget karena tiba-tiba melihat hal-hal yang tidak ingin ditemukan pada fitur jelajah instagramnya? Hal ini bisa saja terjadi karena algoritma pada Instagram mendeteksi postingan-postingan seperti apa yang menarik perhatian kita. Algoritma tersebut berdasarkan pada seberapa lama kita melihat sebuah postingan dan seberapa sering berinteraksi dengan sebuah topik yang ditemukan di Instagram.

Nah, saat IG mengetahui bahawa kita sering melihat dan menyukai sebuah postingan, fitur jelajah kita akan mulai dipenuhi oleh postingan-postingan serupa. Untuk persiapan ramadhan yang lebih baik, mulailah melihat dan menyukai postingan bermanfaat di Instagram dari sekarang. Sehingga saat Ramadhan nanti apa yang kamu lihat di IG tidak akan merusak nilai puasa. Kamu bisa follow, like, share dan save konten-konten seperti motivasi, kajian, dan bacaan bermanfaat lainnya. Sehingga fitur explore kamu akan berisi hal-hal yang bermanfaat.

8. Bikin List Prioritas Saat Ramadhan

Coba tebak, saat Ramadhan ada yang selalu habis, tapi bukan makanan? Yak, jawabannya adalah uang jajan. Kok bisa sih? Kan harusnya lebih hemat karena yang biasanya selalu go-food saat siang hari udah enggak lagi. Pasti udah tau deh kenapa, apalagi kalau bukan jadwal bukber yang sangat padat, lebih padat dari jadwal tapping sinetron nya Raffi Ahmad, terutama untuk milenial yang kenalannya banyak.

Mulai dari temen TK sampai kuliah, temen kelas, temen tongkrongan, temen kajian, temen komplek, bukber sama temennya temen, banyak deh. Mulailah bikin prioritas mana yang wajib banget dihadiri, mana yang mungkin bisa ga dihadiri dulu. Kasian Ibu sama Bapak udah capek-capek masak buat kamu berbuka sekeluarga, eh kamunya malah buka di luar.

9. Sisihkan Uang untuk Berinfak

Tips persiapan ramadhan berikutnya, kamu bisa cari botol air mineral bekas, atau kalau bisa beli celangan ayam terus kasih merek “Tabungan Buat Infak Ramadhan”. Setiap ada uang yang berlebih, bisa dimasukin ke celengannya. Nah, kalau kamu bisa bagi uang antara untuk jajan dan sekedah secara langsung jadi lebih baik. Untuk milenial kayanya akan bermanfaat banget deh. Jadi saat Ramadhan datang, tinggal diinfakin aja. Ada tips mengatur keuangan bagus nih saat Ramadhan.

10. Banyakin Ibadah Sunnah

Kalau biasanya hadir di masjid saat shalat jumat doang, persiapan ramadhan bisa dilakukan dengan membiasakan untuk shalat 5 waktu di masjid mulai dari sekarang. Kerjakan shalat sunnah sebelum dan setelah shalat wajib, berdzikir, tadarus dan bersedekah. Banyak kok ibadah-ibadah sunnah yang bisa dilakukan. Ingat ya, ibadah sunnah ketika Ramadhan itu nilainya sama kayak amalan wajib

11. Olahraga Biar Bugar

Puasa kok lemes? Sebagai umat muslim yang beriman, enggak ada ceritanya menjadi lemah saat Ramadhan. Makannya sebelum Ramadhan banyakin olahraga biar badan segar bugar. Kalau bisa tetap olahraga saat puasa Ramadhan juga lebih baik. Misalkan bersepeda atau lari keliling komplek saat sore menjelang berbuka puasa.

12. Satu Kegiatan Satu Kebaikan

Biasakan untuk melakukan hal bermanfaat setiap selesai melakukan sesuatu. Misalnya saat kamu hobi bermain game, biasakan untuk mengatur waktunya agar enggak kebablasan. Saat kamu sudah bermain game selama 30 menit, kamu harus baca quran dulu 2-3 lembar baru kamu bermain game lagi. Biasakan seperti itu sampai waktu baca quran-mu lebih banyak daripada bermain game. Persiapan ramadhan untuk milenial yang bagus bukan?

13. Buat List Aktivitas Selama Ramadhan

Banyak orang kalau lagi puasa, mulai dari selesai sahur sampai sirine masjid berbunyi tanda berbuka, kerjaannya cuma tidur dan rebahan aja. Coba deh mulai dari sekarang, kamu persiapkan jadwalmu selama Ramadhan mau ngapain aja. Tentunya kegiatan yang bermanfaat dan enggak bikin batal puasa.

14. Banyakin Kajian

Saat Ramadhan nanti pasti banyak info kajian berseliweran, coba cari informasi kajian di masjid-masjid yang dekat dengan tempat tinggalmu dan bisa kamu jangkau. Hadiri kajiannya dengarkan ceramah ustadznya, karena hati kita ibarat bunga, butuh disirami agar tidak layu dan mati. Eaa

15. Buat List Menu Makan

Nah ini nih, untuk milenial coba buat list menu makan saat Ramadhan. Ikuti sunnah Rasul saat makan sahur dan berbuka. Percaya deh, badan akan terasa lebih segar dan enggak gampang ngantuk. Soalnya ada yang pas sahur makan kebanyakan, saat buka puasa juga dibanyakin. Malah yang ada ngantuk lagi selesai sahur, dan ketiduran pas mau shalat tarawih.

16. Pas Lagi Bukber, Cari Masjid yang Tarawihnya 23 Rakaat

Kalaupun ada acara bukber yang memang harus kamu hadiri, ibadah shalat wajib dan shalat tarawihnya jangan ditinggalin ya. Kalau acaranya selesai ketika orang-orang udah mulai tarawih, Sahabat coba cari masjid yang shalatnya 23 rakaat. Jadi pas kita datang, shalatnya masih belum selesai dan kita bisa ikut bergabung. Hehe

17. Bikin List Masjid yang Nyediain Takjil Gratis

Ini sih tips untuk milenial rantau yang hidup ngekos dan jauh dari orang tua. Untuk menekan pengeluaran sekaligus nambah kenalan, mulailah bikin list masjid yang menyediakan takjil dan makanan gratis selama Ramadhan. Tapi ingat, ikuti juga shalat dan kajiannya, jangan cuma makan terus pulang.

18. Cari Teman Buat I’tikaf Bareng

Buat yang pengen i’tikaf tapi masih ragu-ragu, coba cari temen buat motivasi diri dan i’tikaf bareng. Temen yang mengajak pada kebaikan itu bisa jadi syafaat di akhirat kelak loh. Siapa tau temen i’tikafmu adalah orang yang akan menarikmu menuju surga kelak.

19. Bikin Rencana Bagi-Bagi Takjil Bareng Temen

Banyak hal bermanfaat yang bisa dilakukan pas Ramadhan bareng temen-temen tongkrongan, salah satunya adalah bagi-bagi takjil di jalan. Memberi makanan untuk berbuka pahalanya sama kayak orang yang berpuasa.

20. Siapin Bahan Bacaan Bermanfaat

Membaca adalah kegiatan bermanfaat yang enggak melahkan untuk dilakukan saat sedang berpuasa. Siapkan buku ataupun bacaan bermanfaat yang bisa dibaca untuk mengisi waktu puasamu. Mulai dari buku-buku Agama, kamus Bahasa Inggris Satu Miliar, sampai buku soal tes CPNS, SBMPTN dan soal UN. Bermanfaat sekali bukan? Atau novel inspiratif juga boleh.

Nah, itu tadi Tips Persiapan Ramadhan Untuk Milenial ala Insan Bumi Mandiri. Udah ya Sahabat, semoga bermanfaat. Dipraktikkan ya Sahabat, karena kalau enggak, bacaan ini akan sia-sia aja.

Oh iya, kalau ada yang lagi nyari lowongan infak untuk Ramadhan ini, bisa cek di sini ya.

Semangat menuju Ramadhan, Sahabat!