Inspiratif

5 Rekomendasi Amalan Sunah di Bulan Ramadhan

amalan sunnah jelang bulan ramadhan

Tidak terasa Sahabat kita sudah memasuki bulan Ramadhan. Bagaimana dengan Ramadhan-mu Sahabat? Selain shalat tarawih yang kita kerjakan di malam hari, momen buka bersama juga menjadi momen yang dinatikan oleh banyak saudara kita. Tidak terkecuali bagi kita yang melaksanakan ibadah shaum.

Pentingnya Target di Bulan Ramadhan 

Sebuah pepatah menyebutkan bahwa, tidak memiliki rencana berarti kita sudah merencanakan untuk gagal. Artinya sebagus apapun rencana yang dimiliki tanpa ada komitmen untuk mencapai target yang diinginkan hasilnya akan jauh apa yang kita harapkan.

Kebanyakan orang sudah mengetahui bahwa segala sesuatu itu harus dimulai dengan perencanaan dan juga persiapan yang matang, begitu juga dengan bulan Ramadhan, jika kita menyusun target di bulan suci, insyaa Allah setiap kegiatan yang dilakukan akan menjadi lebih terarah dan kita dapat menolak kegiatan yang berada di luar target kita. Namun. tentu tidak mudah dan tidak bisa instan untuk meraih apa yang sudah ditargetkan tersebut.

Oleh karena itu, Sahabat bisa memulainya dari langkah-langkah kecil yang dilakukan setiap hari. Harapannya dengan adanya kebiasaan kecil yang instiqomah ini dapat menjadi batu loncatan agar kita menjadi lebih baik di setiap harinya. So,. daripada berlama-lama berikut ulasannya spesial untuk Anda:

1. Perbanyak Membaca Alquran

memp
memperbanyak membaca alquran

Membaca Al-Qur’an memiliki banyak keutamaan salah satunya adalah bisa membuat hati menjadi lembut. Jangankan membaca satu surat, satu ayat saja sudah Allah hitung sebagai pahala. Apalagi bagi mereka yang mendengarkannya pun mendapat pahala. 

Selain itu membaca Al-Qur’an juga memiliki segudang manfaat lain mulai dari bisa menyehatkan fisik, memperlancar rezeki, mempermudah masuk surga, hingga bisa melindungi kita dari siksa kubur dan api neraka.

Apalagi di bulan Ramadhan seperti saat ini di mana pahala dari membaca Al-Qur’an Allah SWT lipat gandakan.  

“Pada malam pertama bulan Ramadhan syetan-syetan dan jin-jin yang jahat dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, tidak ada satu pun pintu yang terbuka dan pintu-pintu surga dibuka, tidak ada satu pun pintu yang tertutup, serta seorang penyeru menyeru: “Wahai yang mengharapkan kebaikan bersegeralah (kepada ketaatan), wahai yang mengharapkan keburukan/maksiat berhenti lah”. Allah memiliki hamba-hamba yang selamat dari api neraka pada setiap malam di bulan Ramadhan”. (Al Hadist).

Baca Juga: Di Tengah Keterbatasan Ribuan Anak di Somalia Tetap Menghafal Alquran

2. Do’a, Dzikir dan Istighfar

Ramadhan menjadi bulan dibukakannya pintu ampunan  bagi kita semua. Dengan memperbanyak mengingat Allah SWT, serta memohon ampunan atas setiap dosa yang telah dilakukan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja membuat hati kita menjadi lebih tenang. 

Jadi, jika kita memiliki masalah yang ingin kita selesaikan, langsung konsultasikan saja dengan Allah SWT saat kita berdo’a. Semoga di bulan Ramadhan ini kita bisa menyelesaikan permasalahan yang kita miliki.

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah: 186)

3. Bersedekah dan Membantu Sesama

bersedekah dan berbagi dengan sesama

Di masa yang serba sulit seperti saat ini. Bencana ada di mana-mana sehingga saudara kita membutuhkan bantuan. Salah satu amalan yang dicintai oleh Allah SWT adalah sedekah. Allah SWT berjanji di dalam firmannya:

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik, maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak.” (QS. Al-Baqarah: 245)

Tidak main-maini, yang melipat gandakannya bukan dari keuntungan perusahaan melainkan langsung dari Allah SWT. Sahabat bisa memulainya dari hal yang sederhana misalnya dengan membantu sesama atau juga bisa dengan memberikan senyum ramah kepada tetangga.

Baca Juga: Penjelasan Hadist Tentang Sedekah

4. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

i'tikat sebagai bentuk mendekatkan diri dengan Allah SWT

Menjelang akhir bulan Ramadhan, terutama di 10 hari terakhir bulan Ramadhan kita bisa mengagendakan untuk melaksanakan i’tikaf di masjid terdekat. Selain sebagai upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT itikaf juga bisa menjadi sarana agar kita bisa mempererat ukhuwah bersama dengan tetangga maupun kawan lama.

Selain itu kita juga bisa mengejar malam lailatur qadar. Malam lailatul qadar diyakini ada di 10 malam terakhir di bulan Ramadhan terutama ada di malam-malam ganjil.

5. Memberi Makan Bagi Mereka yang Sedang Berpuasa

memberi makan bagi orang yang berpuasa

Salah satu kebahagiaan yang bisa kita rasakan di momen-momen bulan Ramadhan adalah saat kita bisa memberi makan mereka yang sedang berpuasa. Walaupun hanya dengan memberikan sesuap nasi atau secuil kurma, mereka akan diganjar kenikmatan yang luar biasa. 

Hal itu sebagaimana diriwayatkan dalam HR. Tirmidzi maupun Ibnu Majah, Ahmad dan Al-Hafizh Abu Thahir, Nabi Muhammad SAW bersabda: 

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” Tak hanya itu, orang yang memberi makan saat berbuka puasa juga dijanjikan untuk masuk ke surga.

Sahabat bisa ikut berbagi menu berbuka untuk warga di pedalaman, klik di sini

Jangan Berhenti, Terus Tingkatkan Amalan Lainnya Yuk!

terus meningkatkan diri dan amalan

Semoga di bulan Ramadhan tahun ini kita tidak hanya mendapatkan haus dan lapar saja. Namun juga menjadi sarana latihan supaya kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya.

donasi pedalaman bantu mereka yang membutuhkan