Rilis Tentang IBM

7 Tahun Pelayaran Insan Bumi Mandiri, Antarkan Ribuan Kebaikan untuk Pedalaman

Menurut data BPS, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi provinsi termiskin ketiga di Indonesia dengan 42,7% anak-anaknya mengalami stunting dan 51,14% warganya hanya mengenyam pendidikan dibawah tingkat Sekolah Dasar.Fenomena ini menjadi titik awal berdirinya Insan Bumi Mandiri pada 2016 silam. Sejak saat itu, Insan Bumi Mandiri secara konsisten telah menjadi jembatan untuk menyalurkan kebaikan dari para donatur untuk saudara-saudara di pedalaman Indonesia.Selama tujuh tahun menjadi perantara untuk mengirimkan kebaikan ke pedalaman, Insan Bumi Mandiri telah membantu lebih dari 125 ribu warga pedalaman melalui 1.169 programnya.

Program-program tersebut diantaranya adalah program kesehatan, beasiswa pendidikan, pembangunan masjid, perbaikan infrastruktur seperti jembatan dan fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK), pembangunan sumur untuk akses air bersih, pemberdayaan ekonomi, dan program-program lainnya untuk masyarakat pedalaman Indonesia.Di tahun ketujuh pelayaran kebaikan untuk pedalaman, berikut ulasan perjalanan kebaikan yang sudah Sahabat antarkan bersama Insan Bumi Mandiri!

7 Tahun Pelayaran Insan Bumi Mandiri untuk Pedalaman 

1. Air Bersih yang Mengalir ke Pedalaman 

air bersih di pedalaman

Kekeringan berkepanjangan yang terjadi di wilayah pedalaman Nusa Tenggara Timur tak hanya membuat para warganya kesulitan mendapat air bersih. Dalam jangka panjang kondisi ini juga berpengaruh terhadap kualitas hidup para warga di sana.

Oleh karena itu, sejak tahun 2016 Insan Bumi Mandiri telah membuat 56 program pembangunan sumur bor dan pipanisasi air bersih ke pedalaman dan membantu lebih dari 37 ribu warga pedalaman mendapatkan akses air bersih.

Di tahun 2022 misalnya, warga desa Nangadhero, NTT akhirnya bisa merasakan akses air bersih yang untuk pertama kalinya mengalir ke desa mereka.

Kebahagiaan yang sama juga dirasakan warga Kampung Perepa, NTT yang kini tak perlu berjalan hingga 2 kilometer setiap hari untuk mengangkut air karena sudah ada sumur bor di desa mereka.

2. Kurban yang Berlayar dari NTT hingga Somalia 

kurban somalia

Semenjak Iduladha tahun 2016, kebaikan kurban juga terus berlayar setiap tahunnya dan membahagiakan warga NTT yang jarang mendapatkan distribusi kurban di hari raya sekaligus memberdayakan peternak lokal melalui program Kurban di Pedalaman.

Di tahun 2021, manfaat kurban pun semakin meluas hingga dirasakan oleh warga Muslim di Somalia yang rentan mengalami krisis pangan dan kelaparan.

Pada Iduladha 2022, sebanyak 2.571 hewan kurban setara kambing pun kembali disalurkan dan untuk 62.316 warga NTT hingga Somalia. Semoga pelayaran ini bisa terus meluas di tahun-tahun berikutnya.

3. Bantuan Pengobatan untuk Warga Pedalaman 

pengobatan warga pedalaman

Dengan sulitnya akses menuju fasilitas kesehatan di daerah pelosok serta perekonomian warga yang terbatas, banyak masyarakat pedalaman dengan sakit yang cukup parah tak bisa mendapat pengobatan.

Melalui kebaikan yang Sahabat titipkan, Insan Bumi Mandiri dapat membantu lebih dari 9.000 warga pedalaman dengan sakit parah untuk bisa sembuh dan mendapatkan pengobatan. Beberapa diantaranya adalah Uswatun dari Bengkulu dan Bu Nurbaya dari Sumatera Selatan.

Uswatun kecil yang terlahir dengan radang paru-paru kini tumbuh menjadi anak yang sehat. Begitu pula dengan Bu Nurbaya yang bertahun-tahun lalu harus menahan tumor di perutnya yang kian membesar, kini dia bisa kembali sehat dan beraktivitas bersama keluarga.

4. Pembangunan Masjid dan Infrastruktur di Pedalaman 

pembangunan masjid

Kebaikan dari Sahabat juga telah terwujud pada pembangunan ratusan masjid hingga perbaikan infrastruktur seperti jembatan dan MCK di pedalaman. Hingga tahun 2022, terhitung 233 program pembangunan masjid dan 16 program pembangunan infrastruktur seperti jembatan hingga fasilitas MCK telah membantu puluhan ribu masyarakat di pedalaman.

Di tahun 2022, warga Muslim di Lebewala NTT akhirnya bisa beribadah dengan nyaman setelah masjid satu-satunya di kampung mereka selesai direnovasi.

Kebahagiaan yang sama juga dirasakan oleh anak-anak penghafal quran di Dusun Sigek NTB setelah Taman Pendidikan Alquran (TPQ) rapuh mereka diperbaiki. Kini, mereka bisa nyaman belajar tanpa terganggu atap TPQ yang bocor setiap hujan tiba.

Kehidupan yang lebih baik kini juga dirasakan warga di Dusun Cinau, Sumatera Selatan. Di tahun 2022, MCK untuk Dusun Cinau akhirnya bisa berdiri dan digunakan para warga setelah puluhan tahun mereka tak memiliki fasilitas sanitasi yang layak.

5. Beasiswa Hingga Perahu Pendidikan Antarkan Anak Pedalaman Meraih Cita 

beasiswa anak pedalaman

Di bidang pendidikan, Insan Bumi Mandiri juga berkomitmen untuk memberikan akses pendidikan bagi anak-anak di pedalaman agar mereka bisa memiliki masa depan yang lebih baik.

Hingga tahun 2022, sebanyak 152 program beasiswa dan bantuan pendidikan telah mengantarkan lebih dari sepuluh ribu anak pedalaman untuk melangkah menuju cita-cita dan masa depan mereka.

Tak hanya bantuan beasiswa, Insan Bumi Mandiri juga menyalurkan perahu-perahu pendidikan bagi anak-anak pedalaman yang tinggal di pesisir pantai dan mengalami kesulitan akses menuju sekolah.

Di Desa Koja Doi NTT contohnya, perahu pendidikan kini mengantarkan anak-anak SDN Lebantour untuk bisa lebih mudah sampai ke sekolah mereka yang ada di sebrang pulau.

6. Pemberdayaan Tenun untuk Mamak-Mamak NTT 

pemberdayaan tenun ntt

Tak hanya penyaluran bantuan untuk mereka yang membutuhkan, misi Insan Bumi Mandiri untuk memberdayakan pedalaman Indonesia juga terwujud melalui program pemberdayaan untuk mamak-mamak penenun di NTT sekaligus menjaga warisan budaya kain tenun yang bernilai tinggi.

Sejak tahun 2018, Insan Bumi Mandiri telah memulai program pemberdayaan Tenun.in yang bekerja sama dengan  PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI). Saat ini, sentra Tenun.in telah hadir di tiga titik wilayah NTT yaitu di Belu, Alor, dan Ende.

Di tahun 2022, Tenun.in juga menjadi official merchandise pada gelaran MotoGP Mandalika 2022. Tak hanya memperkenalkan kain tenun NTT di pasar internasional, hal ini juga menjadi cara untuk memberdayakan para penenun lokal dan meningkatkan pendapatan mereka.

Menandai 7 Tahun Pelayaran Insan Bumi Mandiri, Mari Kirimkan Kebaikan Lebih Luas Lagi!

Tujuh tahun bukanlah waktu yang singkat, begitu pula dengan perjalanan untuk mengantarkan kebaikan yang tak selamanya mudah. Namun sepanjang tujuh tahun ini, dukungan dan doa yang tak henti dari Sahabat selalu menjadi kekuatan kami untuk terus menjadi perantara kebaikan dari Sahabat untuk saudara-saudara kita di pedalaman serta menjalani misi untuk memberdayakan pedalaman Indonesia.

Terima kasih untuk tujuh tahun perjalanan yang penuh kebahagiaan! Semoga di esok hari semakin banyak lagi kebaikan-kebaikan yang bisa kita layarkan bersama.

Tentang Insan Bumi Mandiri

Insan Bumi Mandiri (IBM) merupakan sebuah lembaga filantropi yang bergerak dalam pemberdayaan masyarakat untuk membangun pedalaman Indonesia. Berdiri sejak 2016, IBM telah berhasil menyelenggarakan 1.004 program dan membantu lebih dari 163.792 masyarakat pedalaman Indonesia. Kami selalu percaya, langkah kecil bersama Anda akan menciptakan jejak kebaikan untuk saudara-saudara kita di pedalaman. Berbagai persoalan, seperti akses transportasi, infrastruktur, kesehatan, ekonomi, dan pendidikan bisa kita benahi bersama. Informasi lengkap bisa dilihat di insanbumimandiri.org.