Kesehatan Tentang IBM

5 Tips Aman Bersepeda Di Tengah Pandemi

Saat ini anjuran untuk di rumah saja sudah tidak berlaku lagi. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa daerah sudah berakhir dan berganti dengan fase Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau biasa dikenal dengan new normal. Masyarakat yang selama ini sudah mengalami kejenuhan berada di rumah sekarang sudah memulai aktivitasnya kembali. Mall dan pusat  perbelanjaan lainnya sudah dibuka, kantor juga sudah mulai beralih dari Work From Home (WFH) kembali menjadi Work From Office (WFO).

Di era new normal ini, ada banyak sekali perubahan yang bisa kita temui. Salah satu yang sedang ramai diperbincangkan adalah kegiatan bersepeda. Masyarakat mulai menggandrungi olahraga ini dan beramai-ramai bersepeda di jalanan. Selain ramah lingkungan, kegiatan bersepeda juga dijadikan pilihan untuk menjaga kebugaran tubuh. 

Menurut The Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), peningkatan jumlah pengguna sepeda di Jakarta mencapai 1.000 persen atau 10 kali lipat dari biasanya. Diikuti pula oleh kota-kota besar lain seperti Bandung, Bogor, dan Surabaya. Adanya kenaikan jumlah ini membuat kita disarankan untuk lebih berhati-hati ketika bersepeda. Apa saja tips aman bersepeda di saat pandemi? Berikut ulasannya untuk Sahabat:

1.    Cek Perlengkapan

bersepeda di saat pandemi

Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah mengecek kelayakan sepeda apakah layak jalan atau tidak. Sahabat bisa mencoba bersepeda dengan jarak yang pendek terlebih dahulu untuk mengetahuinya. Setelah itu lengkapi diri Sahabat dengan helm, sarung tangan, dan pakaian lengan panjang untuk meminimalisir cedera yang mungkin saja terjadi. Semua perlengkapan tersebut beguna untuk menghindari kecelakaan yang tidak diinginkan dan menjadi tips aman bersepeda di tengah pandemi yang paling utama.

Baca Juga : Manfaat Hidup Sederhana di Tengah Pandemi

2.    Lakukan Persiapan Fisik

persiapan fisik untuk tingkatkan imun tubuh

Hal yang tak kalah penting lainnya dalam tips aman bersepeda di tengah pademi adalah melakukan pemanasan. Meski terlihat sederhana, cara ini dapat dilakukan untuk mencegah kram atau sakit di bagian tubuh yang aktif bergerak saat bersepeda. Saat bersepeda, disarankan juga jangan langsung berhenti, Sahabat dianjurkan melakukan pemanasan kembali dengan intensitas rendah, seperti peregangan di punggung, pinggang, dan tangan.

Jika Sahabat merasa tidak enak badan, demam, atau pusing jangan memaksakan diri untuk bersepeda. Beristirahatlah yang cukup hingga Sahabat merasa lebih sehat dan kuat sebelum mulai bersepeda lagi. 
 

3.    Gunakan Masker

menggunakan masker

Akhir-akhir ini banyak tersiar kabar tentang para pesepeda yang meninggal karena memakai masker. Apakah kabar tersebut benar?  Bagaimana tips aman bersepeda di tengah pandemi yang seharusnya? 

Tak dapat dipungkiri, penggunaan masker saat ini menjadi salah satu kewajiban bagi semua orang untuk mencegah penularan virus Covid-19. Untuk itu bagi Sahabat yang ingin bersepeda disarankan untuk tetap memakainya. 

Hanya saja, penggunaan masker hanya diperbolehkan untuk olahraga dengan intensitas rendah hingga sedang. Sedangkan untuk olahraga dengan intensitas tinggi tidak disarankan memakai masker karena akan membatasi jumlah oksigen yang dihirup. Sebagai solusinya, Sahabat disarankan untuk membatasi waktu bersepeda di saat pandemi, yaitu antara 30 hingga 60 menit saja.

Baca Juga: Hadapi New Normal dengan Sedekah Online

4.    Hindari Keramaian

jauhi kerumunan saat pandemi

Tips aman bersepeda di saat new normal selanjutnya adalah menghindari keramaian. Meski berada di luar ruangan, Sahabat harus tetap menjaga jarak dengan yang lain agar terhindar dari penyebaran virus Covid-19. Sahabat bisa melakukannya dengan cara memilih jalan yang jarang dilewati pesepeda, seperti di kawasan pedesaan yang alami dan tidak padat penduduk. Jikapun terpaksa harus berkelompok, pastikan hanya dalam kelompok kecil saja. Dan dianjurkan untuk menjaga jarak minimal empat meter agar menghindari kecelakaan.

Selain itu Sahabat harus menghindari orang-orang yang bersin atau batuk, karena bisa menjadi sarana penyaluran virus Covid-19.

5.    Jaga Kebersihan

tips menjaga kebersihan

Sahabat harus tetap menjaga kebersihan selama bersepeda, terlebih ketika masa new normal seperti ini. Sebelum memulai kegiatan Sahabat bisa membersihkan sepeda dengan lap bersih serta disenfektan. Kemudian jangan lupa untuk selalu mencuci tangan setelah memegang sesuatu. Jika kesulitan membawa sabun cuci tangan, Sahabat bisa menyiasatinya dengan membawa hand sanitizer selama bersepeda.

Baca Juga: 10 Cara Hadapi New Normal

Itu tadi 5 tips aman bersepeda di tengah pandemi. Jangan sampai niat baik Sahabat berubah jadi tragedi karena tidak mengutamakan keselamatan dan keamanan saat berkendara. Pastikan semua tips di atas dilakukan ya.

Sahabat, di era new normal ini, belum semua orang dapat kembali beraktivitas dan bekerja dengan berbagai perubahan akibat dari virus covid-19 ini. Mari bersama kita bantu mereka yang terdampak oleh pandemi ini dengan klik di sini.