Kesehatan

5 Gejala Baru Virus Corona yang Wajib Diketahui

gejala-baru-virus-corona

WHO (World Health Organization) menyatakan secara resmi bahwa ada beberapa gejala baru yang muncul saat seseorang terinfeksi oleh virus corona atau biasa kita kenal dengan nama COVID-19.

Beberapa gejala tersebut ada yang memang sudah diketahui dari sebelum-sebelumnya dan ada juga yang baru terlihat akhir-akhir ini.

Gejala Awal Virus Corona


Sejak diberitakan di sekitar awal januari 2020 di Wuhan China bahwa akan adanya Pandemi COVID-19 dunia memang sudah diresahkan dengan berbagai pemberitaan.

Beberapa negara harus rela untuk melakukan lock-down karena tidak ingin banyak dari warga negaranya yang meninggal dunia. Tidak sedikit juga negara yang tetap menjalankan roda perekonomiannya dan tidak memilih untuk melakukan lockdown.


Saat ini korban yang telah terjangkit COVID-19 justru malah semakin banyak dan terus menerus bertambah. Bahkan berdasarkan data dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional menyatakan bahwa yang terkonfirmasi positif saat ini di Indonesia sendiri telah mencapai 1.089.308 jiwa dengan 883.682 jiwa dinyatakan sembuh dan sebanyak 30.227 terkonfirmasi telah meninggal dunia.

Biasanya pasien yang resmi dinyatakan positif terkena COVID-19 setelah melakukan pengujian memperlihatkan gejala-gejala yang berbeda-beda. Mulai dari ada yang mengeluh sesak nafas hingga yang tidak mengalami gejala apapun atau biasa disebut dengan OTG (orang tanpa gejala). Adapun gejala-gejala yang biasanya muncul menurut WHO dibagi menjadi 3 bagian yang bisa di lihat pada tabel berikut ini:


Setidaknya butuh 5-6 hari ketika seseorang telah terjangkit COVID-19 untuk menunjukan sebuah gejala. Akan tetapi, ada juga yang menunjukan gejala ketika sudah 14 hari. Bahkan bagi beberapa orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 tidak mengalami gejala seperti yang telah disebutkan di atas.

Mencuci tangan
Memakai masker
Menjaga jarak dan menjauhi kerumunan
(3M
)


Begitulah kata-kata yang sering di kampanyekan dan juga dilihat di poster-poster. Walaupun memang sudah ada pemberitaan bahwa vaksin untuk COVID19 sudah tersedia dan siap untuk berikan kepada masyarakat. Namun vaksin tidak akan maksimal tanpa dibarengi oleh 3M dan juga pola hidup yang sehat.

Baca Juga : Kenali Vaksin dan Cara Kerjanya

Gejala Baru

gejala-awal-virus-corona


Hingga saat ini tercatat ada beberapa gejala baru yang muncul dari beberapa pasien COVID19. Berikut beberapa gejala baru dari COVID19 yang bisa dijadikan pengetahuan bagi sahabat agar bisa lebih waspada kedepannya.

  1. Mudah marah dan Kebingungan
  2. Kesadaran berkurang (terkadang berhubungan dengan kejang)
  3. Kegelisahan, Depresi
  4. Gangguan Tidur
  5. Komplikasi neurologis yang lebih parah dan jarang terjadi, seperti stroke, radang otak, delirium, dan kerusakan saraf.

Baca Juga: 6 Herbal yang Terbukti Ampuh Meningkatkan Imun

Pentingnya Menjaga Kesehatan

gejala-barul-virus-corona


Semua orang pasti ingin hidupnya sehat. Baik yang muda maupun yang tua. Untuk itu tidak ada salahnya ketika kita keluar rumah tetap menjaga 3M serta melakukan pola hidup yang sehat seperti tidur cukup, makan-makanan yang bergizi serta melakukan olahraga secara teratur.

Namun, di luar sana ternyata masih banyak saudara kita yang membutuhkan pertolongan. Mereka yang masih berjuang dengan penyakitnya dan juga mengharapkan keajaiban. Sahabat dapat membantu kawan kita dengan memberikan donasi dengan di sini