Kesehatan

5 Cara Lawan Corona Bersama Insan Bumi Mandiri

cara melawan penularan virus corona

Pandemi virus corona yang sudah terjadi kurang lebih selama dua bulan ke belakang memberikan dampak sangat besar untuk kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat. Hal ini terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia, tidak terkecuali juga di pedalaman.

Setiap hari selalu ada berita baru terkait dampak virus corona, dari mulai kabar tak menyenangkan hingga kabar yang membuat hati kita lega. Salah satu kabar baiknya, betapa banyak orang yang saling bahu membahu demi membantu satu sama lain yang terkena dampak besar dari virus corona ini. Insan Bumi Mandiri sebagai salah satu lembaga kemanusiaan, hadir untuk menjembatani kebaikan dari para Sahabat dalam membantu lawan virus corona secara sosial.

Berbagai kegiatan pengumpulan donasi dan penyaluran bantuan berupa sembako serta makanan gratis sudah dilakukan oleh Insan Bumi Mandiri. Tidak hanya di pedalaman, bantuan juga disalurkan secara nasional, mengingat kondisi saat ini hampir seluruh wilayah terdampak mengalami kesulitan.

Dalam artikel ini, akan kami informasikan apa saja cara yang sudah dilakukan para Sahabat dalam menanggapi kesulitan-kesulitan yang muncul akibat pandemi corona bersama Insan Bumi Mandiri. Artikel ini kami dedikasikan kepada para Sahabat yang sudah membantu, juga untuk Anda yang tetap bangkit bersama di tengah wabah corona.

1. APD untuk Tenaga Medis

Isu pertama kali yang muncul saat trend kasus virus corona di Indonesia mulai meningkat adalah banyak rumah sakit yang kekurangan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis yang bertugas.

Melihat realita ini, Insan Bumi Mandiri menghimpun donasi yang akan dimanfaatkan untuk pembelian APD bagi tenaga medis. APD yang sudah tersedia kemudian dibagikan ke banyak rumah sakit mulai dari kota-kota besar hingga ke wilayah pedalaman.

Sahabat, di wilayah pelosok Indonesia juga sangat banyak tenaga medis yang tidak memiliki perlengkapan memadai untuk menangani pasien corona. Oleh karena itu, penyaluran APD untuk para tenaga medis melawan corona juga telah disalurkan Insan Bumi Mandiri hingga ke pedalaman Indonesia timur.

2. Bangun Ruang Isolasi untuk Pasien

Permasalahan kedua yang muncul di tengah penanganan kasus corona adalah tidak tersedianya ruang isolasi khusus pasien corona. Padahal, rumah sakit tentunya juga dibutuhkan oleh banyak orang yang ingin berobat, ibu melahirkan, dan hal urgent lainnya yang membutuhkan penanganan medis.

Oleh karena itu, sangat dibutuhkan ruang isolasi khusus agar pasien biasa tidak bercampur dengan pasien corona untuk mencegah penularan virus. Insan Bumi Mandiri kemudian menghimpun donasi untuk mendirikan ruang isolasi ini, salah satunya ada di Rumah Sakit Al-Islam Bandung. Dengan begitu, para pasien dan tenaga medis bisa lebih aman lawan corona.

3. Makanan Gratis untuk Pejuang Keluarga

Banyak orang di luar sana hidupnya lebih sulit daripada yang kita bayangkan. Mereka adalah para pejuang keluarga yang mengandalkan penghasilan harian. Adanya wabah corona membuat mereka benar-benar kebingungan karena tidak adanya penghasilan. Mereka adalah para tukang ojek, buruh, pedagang keliling, supir angkot, dan para pekerja harian lainnya. Mereka tak bisa WFH seperti kita, bekerja di jalanan menjadi pilihan satu-satunya.

Untuk membantu meringankan beban mereka, Insan Bumi Mandiri menginisiasi program donasi makanan gratis yang dibagikan kepada para pekerja harian di jalanan. Insan Bumi Mandiri bekerja sama dengan pemilik warung nasi yang juga terdampak untuk menyajikan makanan bagi para pekerja harian ini. Dukungan dari Anda dan para Sahabat lainnya sangat membantu mereka untuk lawan corona ini bersama.

Baca Juga : Bantuan Sembako Pejuang Keluarga Corona

4. Bantu Pekerja yang Dirumahkan

Sahabat, terganggunya aktivitas bisnis perusahaan membuat pendapat menjadi menurun. Akhirnya, banyak perusahaan yang kemudian mau tidak mau merumahkan karyawannya hingga melakukan PHK.

Saat ini, jutaan orang kehilangan penghasilan dan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan harian mereka. Tidak hanya karyawan, dari awal wabah corona ini muncul, pedagang harian langsung kehilangan pendapatan, akibat dibatasinya ruang gerak demi memutus rantai penyebaran virus corona.

Oleh karena itu, Insan Bumi Mandiri kembali bergerak cepat mengumpulkan donasi yang akan disalurkan dalam bentuk paket sembako untuk memenuhi kebutuhan pokok harian masyarakat yang terdampak. Tentunya dengan harapan hal ini akan sedikit membantu mengurangi beban mereka yang kesulitan dan kehilangan pekerjaan.

5. Buku Pelajaran untuk Pedalaman

Sahabat, di tengah wabah virus corona ini tentunya kita sudah tidak asing dengan istilah Work From Home (WFH) dan Study From Home. Tapi, apakah semuanya bisa melaksanakan kebijakan tersebut dengan baik? Terbatasnya sarana dan prasaranan serta sumber daya manusia membuat banyak masyarakat daerah tidak bisa melakukannya dengan baik.

Salah satunya adalah yang terjadi pada para siswa di wilayah pedalaman Indonesia. Bagaimana bisa mereka bisa belajar dari rumah sementara mereka tidak memiliki akses listrik dan internet? Teknologi yang memadai saja belum tersedia di wilayah mereka, bahkan buku pelajaran pun mereka hanya bisa mengandalkan buku-buku yang ada di perpustakaan sekolah untuk belajar.

Agar bisa sedikit meringankan kesulitan yang mereka alami, Insan Bumi Mandiri menghimpun donasi dari para Sahabat untuk pengadaan buku pelajaran di pedalaman. Dengan buku yang diberikan nanti, diharapkan para siswa sekolah di pedalaman tetap bisa belajar dengan nyaman.

Baca Juga : 4 Aksi Nyata Hadirkan Asa di Tengah Wabah Corona

Itu dia 5 cara lawan corona bersama Insan Bumi Mandiri dalam menanggapi berbagai polemik yang muncul akibat pandemi ini. Meskipun bantuan yang diberikan tidak bisa sepenuhnya menyelesaikan masalah yang ada, setidaknya bisa sedikit membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang tengah kesulitan.

Insan Bumi Mandiri berkomitmen untuk selalu melakukan yang terbaik dalam misi kemanusiaan di Indonesia pada umumnya, dan untuk masyarakat di pedalaman khususnya. Bersama para Sahabat Pedalaman, kami yakin bisa melakukannya.

Anda juga masih memiliki kesempatan untuk membantu saudara-saudara kita bertahan dan melawan corona. Klik di sini untuk membantu mereka.

Baca Juga : 19 Kabar Baik dari Pandemi Corona yang Perlu Kita Syukuri