Kesehatan

15 Manfaat Bersepeda di Saat Pandemi

Bersepeda kini menjadi tren baru di masyarakat. Sejak kedatangan pandemi covid-19 di awal tahun 2020, orang-orang mulai banyak yang menekuni olahraga ini. Selain menyehatkan, bersepeda juga dianggap lebih aman dilakukan pada masa pandemi dibandingkan naik bis dan transportasi umum lainnya.

Terbukti, menurut Dinas Perhubungan DKI Jakarta, tercatat ada peningkatan jumlah pesepeda sebesar 200 persen setiap hari pada saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi. Selama pandemi Covid-19 ini, tren bersepeda menjadi semakin digandrungi di kalangan masyarakat.

Bersepeda dapat menjadi altenatif olahraga bagi Sahabat yang bisa dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus corona, karena rendahnya kontak dengan kerumunan. Selain itu, bersepeda yang dilakukan secara rutin juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan fisik maupun mental.

Apa saja manfaat olahraga bersepeda?

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dengan adanya kebiasaan olahraga dengan cara mengayuh ini adalah membantu dalam menyehatkan tubuh. Apalagi di saat pandemi seperti sekarang, menjaga imun sudah menjadi sebuah keharusan. Harapannya selain dapat membantu menjaga imun tubuh sendiri, dengan bersepeda juga dapat membantu juga dalam menjaga keluarga dan orang-orang yang ada di sekeliling kita.

Nah, Sahabat. Apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari kegiatan bersepeda ini? Berikut 15 manfaat bersepeda di kala pandemi.

1. Mengatasi insomnia

cara mengatasi insomnia

Salah satu penyebab imun tubuh berkurang adalah kurangnya istirahat. Apalagi di situasi pandemi seperti sekarang ini memperbanyak istirahat menjadi salah satu kebutuhan tersendiri bagi kita. Nah, Sahabat tahukah Anda dengan bersepeda selama 20-30 menit setiap 2 hari sekali dipercaya dapat menghindarkan kita dari insomnia sehingga waktu tidur Sahabat bisa lebih maksimal.

Pada saat waktu tidur atau istirahat tercukupi tentu hal tersebut dapat membuat imun tubuh jadi semakin meningkat. Imun tubuh yang semakin meningkat dapat membuat Anda menjadi semakin tangguh dalam menghadapi berbagai kondisi bahkan selama pandemi seperti saat ini.

Baca Juga: 7 Cara untuk Beristirahat

2. Meningkatkan Kekuatan Otak

meningkatkan kekuatan otak

Bersepeda ternyata bisa juga meningkatkan kinerja otak sehingga saat kita tua nanti kita tidak mengalami demensia atau lupa ingatan. Hal ini disebabkan karena aliran darah di otak pesepeda akan meningkat hingga 70 persen di area tertentu. Tetap sehat di usia tua? Siapa takut!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Olahraga Alternatif Bagi Anda yang Sibuk

3. Membantu Menghilangkan Depresi

membantu menghilangkan depresi

Situasi pandemi yang serba tidak pasti membuat kita mudah sekali stres dan bahkan bisa berujung depresi. Manfaat bersepeda dapat membantu kita mengurangi perasaan negatif tersebut sekaligus meningkatkan kualitas kenyamanan dan kebahagiaan dalam diri.

Seperti diketahui bahwa depresi tidak bisa dianggap sepele. Kondisi tersebut sangat mengganggu penderitanya, bahkan bagi mereka yang sedang memiliki pekerjaan bisa saja tiba-tiba berhenti bekerja karena memang sudah tidak sanggup lagi untuk bekerja.

4. Menurunkan Resiko Kanker

cara mencegah kanker

Siapa yang tak mengenal kanker? Penyakit berbahaya ini menjadi salah satu penyakit yang menakutkan bagi banyak orang. Bersepeda ternyata bisa menurunkan resiko terkena kanker loh, Sahabat. Terutama kanker paru, kanker payudara, hingga kanker usus.

Kanker merupakan penyebab kematian kedua terbanyak di seluruh dunia. Kanker sering menyebabkan kematian karena pada umumnya penyakit ini tidak menimbulkan gejala di awal perkembangannya, sehingga baru terdeteksi dan diobati setelah mencapai stadium lanjut. Untuk itu, dengan berolahraga dapat menjadi upaya preventif bagi kita agar untuk dapat menghindari penyakit ini.

5. Mengatasi Diabetes

cara mengatasi diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Tak hanya menyerang orang tua, anak muda zaman sekarang pun juga tak luput sangat bisa terserang diabetes.

Bagi Sahabat suka minuman dengan gula tinggi, ada baiknya Sahabat menyeimbangkannya dengan kegiatan bersepeda setidaknya 30 menit setiap hari.

6. Menurunkan Berat Badan

menurunkan berat badan

Hayo siapa yang memiliki masalah dengan berat badan? Sudah berniat diet, eh saat ada makanan enak tidak tahan untuk melahapnya. Jadi gagal deh dietnya.

Bersepeda selama satu jam dapat membantu membakar 300 kalori loh Sahabat! Jika rutin melakukannya, bisa terbayang kan berapa lemak jahat yang akan terbakar dengan sendirinya?

7. Menjaga Jantung Tetap Sehat

cara menjaga jantung tetap sehat

Penelitian dari Denmark menyebutkan jika bersepeda secara teratur bisa melindungi diri kita dari serangan penyakit jantung. Bersepeda dapat memperkuat otot dan menurunkan denyut nadi istirahat. 

Asalkan, jangan lupa cek kondisi sebelum berangkat ya, Sahabat. Terlebih bila ingin mengambil jarak dan rute yang jauh.

8. Rendah Resiko Cedera

resiko yang rendah

Dibandingkan dengan aktivitas olahraga lainnya, bersepeda memiliki tingkat resiko terkena cedera yang rendah. Selain itu, kegiatan ini juga dapat memacu kelompok otot utama agar bergerak setiap kali mengayuh pedal sepeda. Bersepeda dapat memperkuat otot kaki, bokong, paha, betis, pinggul, perut, lengan dan bahu.

9. Mudah Dilakukan

mudah dilakukan

Sahabat tak perlu berlatih berbulan-bulan agar bisa bersepeda. Ya, benar sekali! Olahraga ini tak memerlukan keterampilan tinggi dan skill khusus. Sahabat bisa dengan mudah melakukannya setiap hari.

10. Olahraga Murah

olahraga yang murah

Manfaat bersepeda lainnya adalah kemudahan dalam melakukanya. Sahabat tidak harus membeli sepeda yang mahal. Jika masih keberatan, Sahabat bisa meminjam teman ataupun menyewa sepeda yang kini sudah banyak tersedia di jalanan.

Manfaat bersepeda yang jarang diketahui

Selain beberapa manfaat yang sudah disebutkan di atas tadi, ada manfaat lain dari olahraga bersepeda yang jarang diketahui namun begitu sangat penting. Meskipun memang pada kenyataannya untuk saat ini olahraga bersepeda membutuhkan modal awal yaitu sepeda, namun tidak menutup kemungkinan dengan membeli sepeda dapat menjadi investasi bagi Sahabat yang ingin hidup lebih sehat. Berikut manfaat lainnya

11. Menghemat Waktu

menghemat waktu

Sebagian orang beralasan tak punya cukup waktu untuk berolahraga. Bersepeda bisa menjadi solusinya. Bahkan, Sahabat bisa juga menggunakan sepeda untuk pulang-pergi ke kantor. Sekalian bisa menghemat pengeluaran bukan? Seperti kata pepatah, sambil menyelam minum air.

Baca Juga : 14 Manfaat Gotong Royong Online

12. Mengurangi Polusi Udara

mengurangi polusi udara

Selain bermanfaat untuk diri sendiri, bersepeda juga memiliki dampak positif bagi lingkungan kita. Bersepeda dapat mengurangi penggunaan kendaraan bermotor yang menyebabkan polusi udara.

13. Menghilangkan Kejenuhan  

menghilangkan kejenuhan

Masa karantina membuat kita bosan karena tak bisa ke mana-mana. Ketika bersepeda. sebisa mungkin pilihlah rute yang variatif dan natural seperti sawah, hutan, atau daerah pegunungan agar dapat menghilangkan kejenuhan yang bersemayam di dalam tubuh.

14. Mengurangi Kemacetan

mengurangi kemacetan

Manfaat bersepeda lainnya adalah dapat mengurangi kemacetan, karena tidak lagi menggunakan kendaraan pribadi yang membuat penuh jalanan. 
Namun jangan lupa harus tertib dalam berkendara ya Sahabat. Tetap patuhi rambu-rambu lalu lintas dan bersepedalah di jalur yang sudah disediakan.

15. Menambah Lingkaran Pertemanan

menambah lingkaran pertemanan

Olahraga sekalian menambah relasi? Mengapa tidak? Bersepeda merupakah aktivitas yang santai dan ramah bagi siapapun. Sahabat bisa bersepeda sambil menyapa tetangga komplek, atau bisa juga bergabung dengan klub sepeda agar bisa menambah teman.

Bagaimana Sahabat? Menyenangkan, bukan? 15 manfaat ini bisa Sahabat dapatkan sekaligus ketika bersepeda. Tapi jangan lupa ya, tetap hati-hati dan waspada apalagi ketika bersepeda di jalanan yang ramai pengendara.  Semoga bermanfaat.

Sahabat, jangankan untuk bersepeda, untuk berjalan saja mereka kesulitan. Yuk bantu mereka dengan klik sini

mari bantu saudara yang membutuhkan