Inspiratif

10 Manfaat Menakjubkan Gotong Royong Online

pengertian, tujuan, dan manfaat gotong royong

Gotong royong adalah bagian yang tak terpisahkan dari negara kita. Presiden Soekarno pernah menyampaikan jika gotong royong adalah “jiwa” masyarakat Indonesia. Gotong royong juga dianggap sebagai identitas nasional yang harus terus dijaga dan diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari.

Seiring dengan perkembangan zaman, cara masyarakat untuk bergotong royong pun mengalami perkembangan. Salah satu yang populer dilakukan adalah gotong royong yang dilakukan secara online, yaitu dengan cara saling membantu sesama melalui dunia maya. Penasaran? mari kita cari tahu:

10 Manfaat Gotong Royong

Asal kata Gotong royong adalah “gotong” yang berarti bekerja dan “royong” yang berarti bersama. Beberapa istilah termasuk bahasa Jawa, kata “gotong” memiliki arti mengangkat atau memikul secara bersama. Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gotong royong adalah bekerja bersama-sama (tolong menolong, bantu membantu).

Kemudian berdasarkan situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), gotong-royong merupakan bentuk kerja sama kelompok masyarakat untuk mencapai hasil positif tanpa memikirkan dan mengutamakan keuntungan bagi salah satu individu atau kelompok saja, melainkan bertujuan untuk kebahagiaan bersama.

Maka dengan demikian, jika diartikan gotong royong adalah sebagai bentuk kerja sama oleh suatu masyarakat, baik oleh beberapa individu atau kelompok, demi mencapai tujuan bersama dan dilakukan secara suka rela.

Nah, Sahabat ngomong-ngong tentang gotong royong nih di zaman yang serba canggih seperti sekarang apapun bisa dilakukan secara jarak jauh lho. Termasuk membantu sesama. Misalnya, dengan beragamnya kecanggihan dari teknologi yang kita temui sehari-hari, sudah bukan tidak mungkin lagi jika gotong-royong dapat dilakukan secara online. Pertanyaan bagaimana cara untuk bergotong-royong secara online? Dan sebenarnya apa saja sih manfaat dari gotong royong online tersebut? Berikut ulasannya

Cara Gotong Royong Online

Jika mengambil definisi dari pengertian di atas, untuk melakukan gotong royong secara online tentu sangat mudah. Yaitu dengan cara bekerjasama dalam mencapai tujuan. Misalnya Sahabat ingin membantu seseorang yang sedang membutuhkan pertolongan, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengajak teman kita yang lain melalui media sosial.

Mengajak melalui media sosial atau segala sesuatu yang dilakukan secara online merupakan salah satu penerapan gotong royong secara online. Tidak hanya itu, bahkan ketika sahabat ingin mencapai tujuan tertentu dan banyak orang yang membantu juga dapat disebut sebagai gotong royong online juga.

Manfaat Gotong Royong dalam Kehidupan Sehari-Hari

Gotong royong juga bisa disebut sebagai upaya kerjasama. Melalui kerjasama (gotong royong ini) maka pekerjaan yang sulit atau bahkan mustahil dapat diselesaikan dengan mudah. Adanya kerjasama memunculkan sumberdaya yang bersifat kolektif dari setiap individu, bukan hanya dari segi fisik bahkan kekuatan mental pun ikut berperan.

Tentunya kegiatan gotong royong online memiliki ragam manfaat dan juga keuntungan mulai dari menumbuhkan rasa empati antar sesama manusia, meringankan beban, mempercepat suatu pekerjaan, meningkatkan rasa persatuan. Untuk lebih lengkapnya Insan Bumi Mandiri telah merangkum 14 manfaat dari bergotong royong secara online. Berikut penjelasannya:

Baca Juga : 5 Keajaiban Sedekah di Masa Sulit

1. Menumbuhkan Empati Antar Sesama

pengertian empati
Menumbuhkan empati

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa hidup tanpa kehadiran orang lain. Melalui gotong royong online, kita akan jadi lebih peduli pada orang lain serta bisa ikut merasakan penderitaan mereka. Misalnya seperti Novelia yang terancam putus sekolah dikarenakan menderita kelainan pada kulitnya sejak lahir.

Empati didefinisikan sebagai kecenderungan yang dirasakan seseorang untuk ikut merasakan apa yang dialami oleh orang lain, andaikan dirinya ada di posisi tersebut. Perasaan empati tersebut dapat muncul dikarenakan kemampuan seseorang untuk menyadarkan diri ketika berhadapan dengan perasaan sesama, kemudian bertindak untuk menolongnya. Diri sendiri akan memahami mereka, dari sudut pandang mereka. Perasaan ini sangat penting dalam membangun hubungan atau menjalin relasi dengan orang lain.

2. Meringankan Beban Sesama

pentingnya meringankan beban sesama
Meringankan beban

Manfaat gotong royong online berikutnya adalah membantu meringankan beban orang lain. Pekerjaan berat yang rasanya mustahil untuk dilakukan dapat diselesaikan dengan cara gotong royong. Misalnya seperti warga di Gunung Calang yang sedang membangun masjid. Dengan adanya gotong royong maka beban yang dirasakan oleh warga untuk membangun masjid bisa jadi lebih ringan.

3. Mempercepat Pekerjaan

cara bekerja dengan cepat
Mempercepat pekerjaan

Ada kalanya seseorang mendapatkan musibah yang berat dan harus segera ditangani. Seperti mengalami kecelakaan, menderita kanker, dan musibah-musibah lainnya. Gotong royong online dapat  membantu mengatasi permasalahan tersebut dengan lebih cepat dan lebih efektif.

4. Menjangkau Wilayah Pelosok

jual hewan kurban
Menjangkau wilayah pelosok

Jika gotong royong hanya terbatas dilakukan di daerah kita masing-masing, lain halnya dengan gotong-royong yang dilakukan secara online. Gotong royong online dapat memberikan manfaat dan jangkauan wilayah yang lebih luas. Misalnya dengan cara berkurban di pedalaman. 

5. Meningkatkan Rasa Persatuan

cara meningkatkan rasa percaya diri
Meningkatkan persatuan

Istilah Bhinekka Tunggal Ika (Berbeda-beda tetapi tetap satu) tentu sudah sering kita dengar. Gotong royong online bisa menjadi salah satu aksi nyata dari semboyan negara kita tersebut. Walau beragam suku dan budayanya, kita tetap satu Indonesia.

Selain itu, kemerdekaan Indonesia pun di raih dengan adanya semangat persatuan. Semangat persatuan tersebut merupakan semangat gotong-royong dari seluruh warga Indonesia.

Baca Juga: Menyambut Kabar Gembira Dibangunnya Sekolah di Pulau Mules

6. Membangun yang Mustahil

pembangunan masjid yang mustahil
Membangun yang mustahil

Di wilayah pedalaman Indonesia masih banyak sekolah dan masjid-masjid yang tidak layak pakai atau bahkan belum ada sama sekali. Dengan bergotong royong online, kita bisa membantu mereka membangunnya.

Misalnya seperti Nizar dengan tangan kecilnya ia bolak-balik membawa ember yang berisi adukan semen untuk membangun masjid.

7. Meningkatkan Rasa Solidaritas

solidaritas Indonesia
Meningkatkan rasa solidaritas

Di tengah pandemi yang belum juga berakhir, memiliki rasa solidaritas antar sesama sangatlah penting untuk dimiliki. Kita tak mungkin menghadapi semua permasalahan pelik ini sendirian. Gotong royong online adalah satu upaya yang tepat dilakukan untuk meningkatkan solidaritas dan menyatukan kekuatan.

Baca Juga: 5 Manfaat Kerjasama dalam Menghadapi Masalah

8. Menjadi Jembatan Kebaikan

jembatan kebaikan untuk Indonesia
Menjadi jembatan kebaikan

Terkadang seseorang ingin membantu sesama tapi terkendala karena tidak punya banyak waktu untuk itu. Gotong royong online dapat menjadi jembatan kebaikan antara pemberi kebaikan dan penerimanya.

9. Berbuat Baik Setiap Hari

pentingnya berbuat baik
Berbuat baik setiap hari

Tidak ada alasan untuk kesulitan berbuat baik setiap hari. Meski disibukkan oleh pekerjaan, gotong royong online memungkinkan kita untuk bisa terus memberi kebaikan di mana pun dan kapan pun kita berada.

10. Berbagi Senyuman

senyum adalah ibadah
Berbagi senyuman

Manfaat gotong royong online lainnya adalah membuat kita semakin merasa bahagia. Saat kita bisa membantu sesama, meringankan beban mereka, maka itulah hakikat kebahagiaan yang sesungguhnya.

Baca Juga: 7 Fakta Dibalik Uniknya Bahasa Isyarat Tangan

Manfaat Lain dari Gotong Royong

Adapun beberapa manfaat lain dari gotong royong secara online yang dapat dirasakan secara langsung yaitu:

Tidak Ada Batasan

cara melewati keterbatasan
Tidak ada batasan

Allah tidak melihat berapa banyak bantuan yang kita berikan. Namun, seberapa ikhlas hati kita dalam membantu. Sahabat bisa memilih nominal bantuan yang akan diberikan. Berapa pun jumlahnya.

Memberikan Ketenangan

kunci ketenangan hidup
Memberikan ketenangan.

Setelah membantu meringankan beban orang lain, ketenangan bisa didapatkan. Perasaan lega bisa timbul setelah Sahabat membantu orang lain. Apalagi ketika dapat kabar baik dari orang yang sudah Sahabat tolong.

Menginspirasi Orang Lain

cara menginspirasi orang lain
Menginspirasi orang lain.

Di dalam dunia maya yang bergerak cepat, kebaikan dari kita akan mampu menggerakkan hati orang lain untuk ikut membantu. Satu kebaikan yang kita buat hari ini, akan berdampak pada kebaikan lain di masa yang akan datang.

Mengubah Indonesia Jadi Lebih Baik

cara mengubah indonesia jadi lebih baik
Mengubah Indonesia jadi lebih baik.

Manfaat gotong royong online selanjutnya adalah, kita dapat bersama-sama mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Memberikan solusi nyata terhadap masalah-masalah yang sedang dialami saudara-saudara kita.

Sahabat, demikian manfaat gotong royong online yang bisa kita dapatkan.

Di tengah badai masalah yang sedang menerpa, sudah saatnya kita membuktikan bahwa kita adalah bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai gotong royong di mana pun dan kapan pun kita berada.