NTT

Mengenal Sumba, Salah Satu Destinasi Wisata Terbaik di Dunia

wisata sumba

Wilayah Nusa Tenggara Timur sudah begitu dikenal dengan keindahan alamnya. Di NTT, kita bisa menemukan begitu banyak destinasi wisata dengan keindahan dan keunikannya masing-masing. Salah satu daerah yang paling populer dan menjadi surga bagi para wisatawan di NTT adalah Pulau Sumba. 

Secara administratif, Pulau Sumba termasuk wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini sendiri terdiri dari empat kabupaten: Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Sumba Tengah, dan Kabupaten Sumba Timur.

Pulau Sumba memiliki banyak pilihan destinasi wisata, mulai dari pantai hingga bukit savana. Bagi Sahabat yang sedang berencana untuk mengunjungi Pulau Sumba, berikut beberapa destinasi wisata Sumba yang bisa menjadi rekomendasi liburanmu!

Destinasi Wisata Sumba yang Wajib Dikunjungi 

1.Bukit Wairinding 

Destinasi wisata Sumba yang pertama adalah Bukit Wairinding. Bukit Wairinding adalah destinasi wisata Sumba dimana Sahabat dapat melihat hamparan perbukitan yang berundak-undak dan akan berubah warna tergantung musim.

Apabila Sahabat datang ketika musim hujan, maka hamparan perbukitan akan berwarna hijau menyejukkan, namun jika Sahabat datang ketika musim kemarau akan tampak seperti havana yang ada di Afrika.

Selain menikmati keindahan alam yang tersaji di depan mata, Sahabat juga dapat menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang sangat mengagumkan dari atas bukit atau mencoba untuk berkuda menyusuri bukit.

Namun ada baiknya agar Sahabat menghindari untuk datang di siang hari ke tempat wisata Sumba yang satu ini, karena panas matahari akan sangat terasa apalagi jika kamu tidak menggunakan topi ataupun kacamata hitam.

2.Danau Weekuri

Wisata Sumba lainnya  yang tak kalah menarik adalah Danau Weekuri. Danau Weekuri atau Weekuri Lagoon adalah sebuah danau yang terbentuk akibat dari percikan air laut yang menembus batuan karang.

Kedalaman danau ini beragam, mulai dari di bawah setengah meter hingga ada yang mencapai 5 meter. Air di Danau Weekuri ini juga terasa asin karena berasal dari air laut yang menembus batuan karang yang mengelilingi danau. 

Air di danau ini juga sangat jernih, sehingga Sahabat bisa melihat dengan jelas ke dasar danau. Selain itu, destinasi wisata Sumba ini juga dilengkapi dengan keindahan batuan yang mengelilingi danau yang membentuk stalaktit dan stalagmit yang sangat cantik.

Aktivitas yang dapat Sahabat lakukan ketika berada di Danau Weekuri ini diantaranya berenang dan menyusuri jembatan kayu di sekitar danau untuk melihat keindahan danau dari ketinggian.

3.Pantai Walakiri

pantai walakiri

Selain danau dan perbukitan, wisata Sumba lainnya yang tak kalah mengagumkan adalah deretan pantainya. Salah satu pantai yang cukup populer adalah Pantai Walakiri. Pantai Walakiri merupakan destinasi wisata Sumba berupa sebuah pantai dengan bentangan pasir putih bersih nan lembut dan terdiri dari dua jenis pasir putih yang berbeda.

Ada yang berupa pasir putih pada umumnya, ada pula pasir putih yang sangat lembut dan basah layaknya sebuah bedak. Selain bentangan pasirnya, pantai ini juga semakin menarik dengan keberadaan hutan mangrove atau pohon bakau kerdil yang memikat. Pohon mangrove tersebut memang tidak terlalu tinggi, bentuk batangnya seperti seseorang yang sedang menari dengan ranting yang memanjang.

Area mangrove tersebut akan sangat cantik ketika senja mulai datang, dimana di sekitarnya akan tampak sliuet indah yang tercipta. Maka tak heran jika banyak pengunjung yang mengabadikannya dalam sebuah foto maupun video.

Aktivitas yang dapat Sahabat lakukan ketika berada di Pantai Walakiri diantaranya bermain air laut yang tenang, bermain lembutnya pasir putih, menikmati pemandangan matahari terbenam yang cantik, serta berfoto bersama pohon menari.

4.Air Terjun Tanggedu 

Destinasi wisata Sumba selanjutnya adalah wisata air terjun, yaitu Air Terjun Tanggedu. Air Terjun Tanggedu merupakan sebuah air terjun dengan panorama alam yang indah, dan digadang gadang mirip dengan Grand Canyon di Amerika.

Lokasi wisata Sumba yang satu ini terdiri dari air terjun yang sangat cantik dengan hamparan bebatuan yang mengelilinginya serta sebuah tebing tinggi yang seakan memagari air terjun ini.

Di area air terjun ini terdapat beberapa kolam alami dengan airnya yang berwarna hijau toska dengan kedalaman yang berbeda-beda dimana Sahabat dapat berenang bahkan melakukan body jumping.

Semua keindahan tersebut harus Sahabat perjuangkan terlebih dahulu dengan melakukan trekking naik turun bukit sejauh 2,5 kilometer. Namun sepanjang perjalanan Sahabat tidak akan merasa bosan karena hadirnya pemandangan indah yang seakan menyemangati untuk tidak menyerah.

Itula beberapa destinasi wisata Sumba yang menawarkan keindahan dan pesonanya dan patut Sahabat kunjungi apabila berkunjung ke daerah Nusa Tenggara Tiimur. Selain destinasi wisata dan keindahan alamnya, masih ada banyak hal lainnya yang bisa Sahabat temukan di pedalaman Indonesia Timur. Klik di sini untuk mengenal lebih jauh pedalaman Indonesia.

Baca juga : 7 Pakaian Adat NTT yang Memiliki Keunikan dan Khas Masing-Masing

Sumber artikel : 
https://www.nativeindonesia.com/tempat-wisata-sumba/