Kesehatan
Kanker Payudara: Waspada dan Kenali Tanda Tandanya Sejak Dini

Menurut World Health Organization (WHO), kanker payudara adalah kasus kanker yang paling banyak terjadi di Indonesia, yaitu 56.256 atau 16,7% dari 348.809 total kasus kanker. Sampai hari ini, kanker payudara mengancam 42,1 orang di antara 100.000 penduduk di Indonesia. Untuk itu, perlu pemahaman tentang tanda-tanda kanker payudara sejak dini.

Pemahaman tersebut harapannya agar semakin banyak masyarakat yang mengerti tentang bahaya dari kanker payudara ini. Agar kedepannya bisa melakukan tindakan preventif. Bicara tindakan prepentif ada baiknya Sahabat untuk mengetahui beberapa gejalan maupu tanda-tanda dari kanker payudara ini, namun sebelum itu mari kita lihat pengertiannya terlebih dahulu.

Apa itu Kanker Payudara?

pengerian kanker payudara
Pengertian kanker payudara.

Kanker payudara adalah tumor ganas yang berkembang di sel-sel payudara. Apabila terjadi pertumbuhan yang abnormal, sel-sel ini akan membelah diri lebih cepat daripada sel normal pada umumnya dan membentuk benjolan. Pada kondisi yang lebih parah, sel-sel abnormal bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Kanker jenis ini merupakan jenis kanker yang paling berbahaya bagi wanita setelah kanker serviks. Sampai saat ini belum diketahui secara pasti bagaimana kanker payudara bisa menyerang seseorang. Namun, yang bisa dipastikan adalah kanker payudara timbul karena terdapat kerusakan sel serta perubahan sifat genetik di jaringan payudara.

Baca Juga: Waspada Kanker Kulit pada Anak

Gejala Kanker Payudara

Untuk menghindari penyakit berbahaya ini, Sahabat perlu mengetahui gejala kanker payudara sejak dini agar dapat lebih waspada terhadap kemunculannya. Hal ini disebabkan karena sebagian besar wanita abai pada tahap ini sehingga penanganannya jadi terlambat. Berikut adalah 5 tanda-tanda kanker payudara yang harus diwaspadai:

1. Terdapat Benjolan 

kanker payudara terdapat benjolan
Benjolan pada penderita kanker payudara

Tanda-tanda kanker payudara yang paling mudah dikenali adalah munculnya benjolan di payudara. Hal yang perlu diingat adalah tidak semua benjolan besifat kanker, akan tetapi ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan pribadi di rumah. Apalagi benjolan tersebut tidak terlihat oleh mata, tapi dapat dirasakan ketika menyentuhnya.

Adapun tanda tanda kanker payudara berupa benjolan antara lain;
–    Hanya ada satu benjolan
–    Benjolan melekat pada payudara
–    Benjolan memiliki permukaan yang tidak rata
–    Benjolan mempunyai tekstur yang lunak dan mendekati keras
–    Jika ditekan, benjolan tidak terasa nyeri ataupun sakit

Sahabat perlu untuk melakukan pemeriksaan secara rutin dan berkala. Apabila dirasa tidak normal dan setelah berminggu-minggu tidak hilang, Sahabat perlu memeriksakan lebih lanjut ke dokter.

2. Adanya Perubahan Warna Kulit Payudara

adanya perubahan warna pada kulit payudara
Perubahan warna pada kulit payudara.

Tanda-tanda kanker payudara selanjutnya adalah terdapat perubahan pada kulit payudara. Apabila Sahabat menemukan benjolan di payudara, maka perubahan warna kulit dapat dijadikan alasan untuk lebih waspada. 

Sayangnya, seringkali perubahan tersebut dianggap sebagai infeksi kulit biasa. Padahal, bisa jadi itu adalah tanda tanda kanker payudara. Untuk membedakannya, Sahabat dapat mengecek gejala di bawah ini:
–    Kulit yang berubah terasa gatal
–    Terdapat kulit yang menebal di sekitar area payudara
–    Kulit payudara berbentuk lubang-lubang atau berlusung yang mirip seperti kulit jeruk

Baca Juga : Kisah Perjuangan Rendra Melawan Jantung Bengkak

3.     Munculnya Cairan dari Puting

munculnya cairan dari puting penderita kanker payudara
Munculnya cairan dari puting.

Perubahan yang terjadi pada puting juga dapat menjadi tanda tanda kanker payudara awal. Ditandai dengan puting yang mengeras, terasa nyeri, dan juga puting melesak ke dalam. Selain itu, dari puting muncul cairan-cairan yang kental atau encer berwarna cokelat kemerahan yang mirip dengan darah.

Cairan yang keluar tersebut tidak selalu menunjukkan gejala kanker payudara. Namun, sebaiknya Sahabat memeriksakan diri apabila mengalami hal tersebut. Hal ini juga memungkinkan terjadinya penyakit lain seperti infeksi payudara yang bisa saja dialami akibat keluarnya cairan tersebut.

4.    Terdapat Pembengkakan di Kelenjar Getah Bening

terdapat pembengkakan di kelenjar getah bening
Terdapat pembengkakan di kelenjar getah bening

Kelenjar getah bening adalah jaringan sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melawan sel-sel asing, termasuk sel kanker. Apabila sel kanker berhasil masuk ke kelenjar betah bening, maka akan mengalami pembengkakan. 

Adapun bagian tubuh yang mengalami pembengkakan akibat ini adalah ketiak atau bisa juga di dekat tulang selangka, Pembengkakan ini berbentuk kecil dan padat, juga akan terasa lunak apabila disentuh. 

5.    Ukuran Payudara Besar Sebelah

ukuran payudara besar sebelah pada penderita kanker payudara
Payudara ukurannya besar sebelah.

Sel kanker menyebabkan seluruh atau sebagian area payudara ikut membengkak. Secara umum, ukuran payudara wanita memang tidak memiliki bentuk serta ukuran yang sama, akan tetapi sel kanker dapat mengakibatkan perbedaan yang tampak cukup jelas. Sisinya terlihat turun serta merosot dibandingkan dengan payudara yang lain karena adanya benjolan yang membengkak. 

Demikian adalah 5 tanda tanda awal kanker payudara. Untuk mengenalinya, ada baiknya Sahabat melakukan SADARI atau Pemeriksaan Payudara Sendiri setiap bulan. Adapun waktu paling baik untuk melakukannya adalah satu minggu setelah menstruasi berakhir. 

Jangan lupa pula, jaga kesehatan dan pola makan agar kita semua terhindar dari penyakit kanker payudara. Amin yaa Rabbal Alamin.

Sahabat, sayangnya tidak semua orang seberuntung kita. Ada saudara-saudara kita di pedalaman sana yang masih berjuang melawan kanker payudara. Mari kita ikut berkontribusi membantu mereka.