Tentang IBM

Insan Bumi Mandiri: Bukan Hanya Sekedar Lembaga Sosial

insan bumi mandiri

Sudah 6 tahun lebih Insan Bumi Mandiri berdiri. Bersama ribuan Sahabat, jutaan kebaikan pun terus berlayar. Sebagai lembaga filantropi profesional yang mengelola donasi dari campaign dan program sosial untuk pedalaman Indonesia, tentu menjaga kepercayaan dari berbagai pihak senantiasa harus dijunjung

Selama ini mungkin Sahabat hanya mengenal kami dari program-program baik yang ditemui di website utama maupun beberapa media sosial IBM. 

Sejarah Singkat Insan Bumi Mandiri

sentra tenun di pedalaman Nusa Tenggara Timur

Berasal dari kunjungan pertama ke Desa Timubang, Pulau Pura, Alor, Nusa Tenggara Timur pada tahun 2016. Keterbatasan akses yang ada di Nusa Tenggara Timur membuat 2 founder kami merasa perlu ada orang yang membantu warga Nusa Tenggara Timur mendapat hidup yang layak.

Semenjak saat itu, tercetuslah ide untuk membuat beberapa program. Mulai dari penyediaan air bersih, pembangunan masjid, pembangunan sekolah, pembangunan jembatan, penyediaan perahu, beasiswa pendidikan, hingga membantu masyarakat di pedalaman agar bisa mendapatkan akses pengobatan.

Tidak hanya itu, Insan Bumi Mandiri juga mendirikan 3 Sentra Tenun yang bekerja sama dengan PT. SMI untuk melestarikan warisan budaya di Nusa Tenggara Timur. 

Terdaftar sebagai Lembaga Kesejahteraan Sosial

penetapan insan bumi mandiri sebagai lembaga kesejahteraan sosial
Penetapan IBM sebagai Lembaga Kesejahteraan Sosial

Berdasarkan Undang-Undang RI No. 11 tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial dan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat No. 10 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial, Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat telah menyatakan bahwa Yayasan Insan Bumi Mandiri terdaftar sebagai Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS).

Selain itu, sebagai bentuk komitmen Yayasan Insan Bumi Mandiri agar senantiasa dapat memberikan dampak bagi masyarakat, terutama mereka di pedalaman Indonesia. Pendaftaran ulang pun kami lakukan. Di tahun lalu 2021 Insan Bumi Mandiri sudah terdaftar juga sebagai Lembaga Sosial di Kota Bandung melalui Akta Notaris MOHAMAD JUANIA, SH.M,Kn Nomor 18 Tanggal 8 Februari 2021.

Mendapatkan Predikat Wajar Tanpa Pengecualian 5 Tahun Berturut-Turut 

opini wajar tanpa pengecualian
Bersama Bapak Mohamad Sunusi, CA, CPA

Setiap tahunnya setiap lembaga maupun perusahaan perlu untuk diaudit laporan keuangannya. Hal tersebut dilakukan agar tetap senantiasa menjaga akuntabilitas sebuah lembaga maupun perusahaan terkait. Tidak terkecuali dengan Insan Bumi Mandiri.

Insan Bumi Mandiri sendiri saat ini di audit oleh salah satu Kantor Akuntan Publik (KAP) di Indonesia yaitu KAP Robert Sunusi Zulfa. Ini menjadi tahun ke-5 Insan Bumi Mandiri selalu mendapatkan predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian). Seperti diketahui, WTP merupakan opini tertinggi dalam hasil audit keuangan.

Seperti diketahui Laporan keuangan dapat dikatakan sebagai Opini Audit Wajar Tanpa Pengecualian jika seorang auditor tidak menemukan kesalahan material secara keseluruhan dari laporan keuangan yang dibuat oleh sebuah perusahaan. 

Baca Juga: 8 Jejak Kebaikan untuk Pedalaman

Berkomitmen untuk Membangun Pedalaman Indonesia

sentra tenun ende
Peresmian Sentra Tenun.in di Ende bersama Bupati Ende

Insan Bumi Mandiri senantiasa berkomitmen untuk membangun pedalaman Indonesia. Melalui berbagai program baik itu di bidang pendidikan, kesehatan, pembangunan hingga pemberdayaan masyarakat kecil di Pedalaman Indonesia.

Harapannya dengan adanya kebaikan yang Sahabat titipkan melalui kami, dapat membantu meringankan beban mereka yang tertimpa musibah juga hidupnya kurang beruntung. Selain itu, semoga dapat memajukan pedalaman Indonesia dari waktu ke waktu.