Rilis

Challenging! Tantangan Relawan Insan Bumi Mandiri Salurkan Bantuan Pendidikan ke Pedalaman

relawan ntt

21 Desember 2023 – Perjalanan relawan Insan Bumi Mandiri dalam misi menyalurkan tas sekolah ke tiga sekolah di Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, saat cuaca mendung dan melewati jalan licin berbatu.


Bandung, 28 Desember 2023 – Cuaca buruk tidak menyurutkan semangat misi kemanusiaan yang dijalankan oleh relawan Insan Bumi Mandiri di Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Di tengah hujan dan cuaca buruk, para relawan melalui perjalanan ekstrem menuju tiga titik distribusi penyaluran tas sekolah yang dititipkan oleh Direktorat Marketing Telkomsel untuk siswa di pedalaman Manggarai Timur.

Pada Kamis, 21 Desember 2023, para relawan mengendarai empat unit motor, masing-masing relawan membawa sebuah karung. Total seluruh karung memuat 150 tas sekolah untuk Madrasah Ibtidaiyah Swasta Ulu Galung, SD Negeri Merong, dan SD Inpres Wae Ko’ol.

Sementara itu, di sekolah, anak-anak menanti dari pagi hingga sore, tak sabar ingin segera mendapatkan tas mereka. Kegembiraan terpancar dari wajah para siswa saat menerima tas, menggambarkan betapa berartinya bantuan ini, terutama di musim hujan yang deras.

Penantian anak-anak di setiap titik menjadi semangat untuk para relawan. Hal itu pula yang memantapkan Abdul Rajak, pimpinan relawan IBM pada penyaluran ini, dan timnya untuk terus melakukan perjalanan ke tiga sekolah meski tidak mudah. Mereka melalui jalan kecil yang licin dan berbatu serta medan yang sulit diakses menggunakan sepeda motor. 

“Anak-anak di sini hebat sekali. Mereka menanti tas baru dari pagi sampai sore kami baru sampai karena terkendala hujuan deras. Wajah mereka menyadarkan saya bahwa bukan cuma kami yang semangat menyalurkan tas, mereka juga semangat sekali menunggu tas. Semoga perjalanan ini bisa menginspirasi banyak orang untuk ikut membantu,” ucap Abdul Rajak, relawan Insan Bumi Mandiri. Beliau memahami bahwa bagi anak-anak di pedalaman, mendapatkan barang baru bukanlah sesuatu yang mudah. Maka ketika tiba saatnya menerima tas baru, bahagia dirasakan oleh mereka.

21 Desember 2023 – Abdul Rajak, relawan Insan Bumi Mandiri, menyerahkan tas sekolah untuk siswa di SDI Wae Ko’ol, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur.

Melalui perjuangan melewati medan sulit dan kegigihan tim relawan Insan Bumi Mandiri, misi ini menjadi bukti nyata bahwa kebaikan dan kemanusiaan tidak mengenal batas. Semoga perjalanan ini menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk turut serta memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan, di mana pun mereka berada.

“Dari penyaluran ini kami menyadari bahwa menyalurkan tas ke wilayah pelosok itu bisa sangat challenging. Semoga setiap tas yang tersalurkan bisa bermanfaat untuk anak-anak membawa buku dalam upaya menuntut ilmu, serta menjadi amal kebaikan dan berbuah keberkahan dalam segala aktivitasnya,” tutur Dian Ratna Mahita dari Telkomsel.

Perjalanan tidak berhenti di sini. Insan Bumi Mandiri akan terus berkomitmen untuk menyampaikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan di seluruh pedalaman Indonesia. Tahap selanjutnya mencakup ekspansi distribusi, pemenuhan fasilitas pendidikan, dan berbagai program untuk memenuhi kebutuhan anak-anak di wilayah pedalaman lainnya. Informasi lebih lanjut mengenai program pembangunan masyarakat pedalaman lainnya dapat diakses melalui website www.insanbumimandiri.org atau Instagram @insanbumimandiri.

Tentang Insan Bumi Mandiri
Insan Bumi Mandiri berfokus membantu daerah pedalaman Indonesia dengan visi meningkatkan akses kesehatan, pendidikan, dan ekonomi lokal. Melalui misi pemberdayaan warga pedalaman, peningkatan kapasitas pendidikan, kerjasama dalam kesehatan, dan pemenuhan hak air bersih, lembaga ini berkomitmen menciptakan perubahan positif dan berkelanjutan di wilayah pedalaman.

Baca juga: Lewat eMpowering Youths Across ASEAN, Insan Bumi Mandiri bersama Pemda dan Dekranasda Berdayakan Penenun Belu