NTT Pendidikan

Suku Pedalaman yang Masih Sangat Terasing di Indonesia

suku pedalaman

Keberagaman suku yang dimiliki oleh Indonesia memang tak perlu dipertanyakan lagi. Sebagai negara kepulauan dengan luas wilayah 1,90 juta kilometer persegi, tak heran jika Indonesia menjadi rumah bagi ribuan suku di dalamnya. 

Menurut sensus Badan Pusat Statistik pada tahun 2010, ada 1.340 suku bangsa yang tinggal di Indonesia. Sebagian dari ribuan suku tersebut merupakan suku-suku besar dan menjadi mayoritas penduduk di Indonesia. Namun selain suku-suku besar yang menjadi penduduk mayoritas di Indonesia, ada pula suku pedalaman yang belum banyak dikenal. 

Suku pedalaman ini umumnya hidup di wilayah terpencil yang belum banyak tersentuh oleh modernisasi. Mereka biasanya juga masih menjaga tradisi dan budaya serta hidup berdampingan dengan alam. Yuk kita kenali lebih dekat suku-suku pedalaman yang tinggal di negeri kita ini! 

Suku-Suku Pedalaman di Indonesia 

1.Suku Mante 

anehdidunia.com

Suku Mante merupakan suku pedalaman yang keberadaannya saat ini menjadi cukup misterius.  Menurut sejarahnya, Suku Mante sudah mendiami wilayah Aceh sejak ribuan tahun yang lalu.  

Suku pedalaman ini hidup menyendiri di pedalaman hutan-hutan di Aceh dan diperkirakan mereka datang dari Campha, Kamboja. Namun saat ini keberadaan suku Mante diperkirakan sudah punah karena sudah tidak pernah terlihat lagi. Ciri fisik Suku Mante yang menjadi keunikan mereka adalah ukuran tubuh mereka yang kecil atau biasa disebut sebagai orang kerdil. 

Beberapa tahun belakangan, nama Suku Mante sempat menjadi viral. Dalam sebuah video yang beredar, tampak rombongan motor Trail menerabas hutan dan tiba-tiba muncul sesosok manusia kerdil. Disinyalir orang tersebut berasal dari Suku Mante.

2.Suku Sakai 

pinterest.com

Suku pedalaman selanjutnya adalah Suku Sakai yang berasal dari Pulau Sumatera, atau lebih tepatnya mendiami Kepulauan Riau. Suku pedalaman ini hidup secara nomaden atau berpindah pindah dan masih menggantungkan hidupnya kepada alam. Mereka hidup harmonis dengan alam sekitar mereka. 

Suku Sakai juga dikenal sangat menghormati hutan adat mereka. Suku pedalaman ini memiliki peraturan tertentu yang tidak boleh dilanggar. Salah satu aturan Suku Sakai adalah aturan pelarangan penebangan pohon. Bagi mereka yang melanggar akan dikenakan denda yang disesuaikan dengan usia pohon yang ditebang. 

3.Suku Polahi 

inews.id

Dibanding suku pedalaman lainnya, Suku Polahi merupakan salah satu suku di Indonesia yang paling terasing. Suku Polahi tinggal jauh di pedalaman hutan, tepatnya di lereng Gunung Boliyohuto, Desa Tamaila Utara, Kecamatan Tolangohula, Kabupaten Gorontalo.

Bukti begitu terasingnya Suku Polahi dengan dunia luar yaitu suku ini masih hidup nomaden serta tidak mengenal pakaian atau pun baca tulis. Bahkan Suku pedalaman ini tidak mengenal hari dan masih hidup dengan cara-cara primitif seperti berburu.

Menurut sejarah, orang Polahi telah mengasingkan diri dari masyarakat umum sejak masa penjajahan Belanda di Nusantara. Pemimpin suku saat itu memilih mengasingkan diri ke hutan lantaran menolak tunduk pada peraturan serta penindasan yang dilakukan oleh VOC. Sejak itu, anggota Suku Polahi hidup nomaden atau berpindah-pindah di dalam hutan. 

Baca juga : Mengenal Suku Boti, Sisa Kerajaan Indonesia yang Berada di Pedalaman NTT

4.Suku Korowai 

outdoorrevival.com

Suku Korowai merupakan suku pedalaman yang hidup di daerah Papua. Suku pedalaman ini memiliki anggota sekitar 3.000 orang. Suku Korawai juga memiliki tradisi unik, yaitu mereka membangun rumah tinggal puncak-puncak pohon tinggi. Bahkan ketinggiannya bisa sampai 50 meter dari permukaan tanah.

Suku pedalaman ini juga merupakan satu-satunya suku terasing yang tidak menggunakan koteka sama sekali. Konon, suku ini mempunyai kebiasaan memakan daging manusia yang sudah meninggal. 

5.Suku Laut 

pinterest.com

Suku Laut atau yang biasa disebut orang laut merupakan suku pedalaman yang tinggal di daerah Kepulauan Riau. Secara umum, Suku Laut adalah berbagai kelompok yang bermukim di pulau-pulau dan di sungai-sungai Lingga, Pulau Tujuh,  dan pulau-pulau dilepas pantai.

Pada zaman dahulu, konon suku pedalaman ini berperan penting dalam kerajaan Sriwijaya, Kesultanan Johor, dan Kesultanan Malaka. Mereka bertugas menjaga selat-selat, memandu para pedagang, dan mengusir para bajak laut. Bahasa yang mereka gunakan sebagian besar adalah Bahasa Melayu.

6.Suku Kajang 

anehdidunia.com

Suku Kajang merupakan suku pedalaman yang menghuni pedalaman Bulukumba, Sulawesi Selatan. Suku Kajang juga banyak tinggal di Tana Toraja yang mempunyai arti tanah yang dituakan. Ciri khas yang mereka miliki adalah selalu berpakaian serba hitam dan tidak menggunakan alas kaki. Orang-orang Suku Kajang juga dikenal sangat kuat memegang adat istiadatnya.

Sama seperti kebanyakan suku yang ada di Indonesia, Suku Kajang ini hidup dengan cara yang sangat sederhana. Mereka bertahan hidup dengan cara tradisional seperti mencari ikan disungai, bercocok tanam, dan juga berburu.

Itulah enam suku pedalaman yang masih sangat terasing di Indonesia. Adakah diantaranya yang baru Sahabat ketahui?

Banyaknya suku di Indonesia ini membuktikan keberagaman yang dimiliki oleh negeri kita ya, Sahabat! 

Selain sukunya yang beragam, masih banyak hal lainnya yang bisa Sahabat telusuri di pedalaman Indonesia. Klik di sini untuk mengenal lebih jauh pedalaman Indonesia.

Sumber artikel: 
https://www.shopback.co.id/katashopback/8-suku-pedalaman-indonesia-yang-masih-terasing-dan-nyaris-punah