Kurban

Tata Cara Melakukan Shalat Iduladha

tatacara shalat idul adha

Sahabat muslim, tidak terasa sebentar lagi akan tiba saatnya hari raya Iduladha. Tidak hanya ibadah kurban, tetapi pada hari raya ini juga umat muslim melakukan ibadah shalat ied. 

Nah, bagi sahabat muslim yang mungkin belum mengerti, pada artikel ini akan dibahas bagaimana tata cara melakkukan shalat Iduladha.

Pelaksanaan Shalat Iduladha

Bagi teman-teman muslim yang belum tahu atau masih bingung, berikut diambil artikel Orami yang akan membahas mengenai tata cara melakukan shalat iduladha.

Pada dasarnya, shalat Iduladha dilakukan secara berjamaah, berjumlah 2 rakaat, dan terdapat khotbah setelah selesai ibadah. Perbedaan dari shalat Iduladha dan shalat lainnya ialah jumlah takbir dalam shalat. Takbir dilakukan sebanyak tujuh kali pada rakaat pertama, dan lima kali pada rakaat kedua. 

Jika dibandingkan dengan shalat jumat, khotbah pada shalat Iduladha dilakukan sesudah shalat. Sementara khutbah shalat Jumat dilakukan sebelum shalat.

h:

“Attahiyyatul mubarakatush shalawatut thoyyibatu liLlah, assalamu ‘alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullahi wabarakatuh, assalamu ‘alaina wa ‘ala ‘ibadillahish shalihin, asyhadu al-la ilaha illa-llah, wa asyhadu anna muhammadar rasulullah.”

“Asyhaduallaa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna Muhammad Rasuulullaah.”
Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammad. wa alaa aali sayyidina Muhammad.”

“Kamaa shallaita ‘alaa sayyidinaa Ibraahim wa’alaa aali sayyidinaa ibraahim wabaarik ‘alaa sayyidinaa muhammad wa ‘alaa aali sayyidina muhammad. Kamaa baarakta ‘alaa sayyidinaa ibraahiim wa ‘alaa aali sayyidina Ibraahiim fil’aalamiina innaka hamiidum majiid.”

Artinya: Segala penghormatan yang penuh berkah, segenap selawat yang penuh kesucian, (semuanya) adalah milik Allah. Salam padamu wahai para Nabi, beserta rahmat dan berkah Allah. Salam bagi kami, dan bagi hamba-hamba Allah yang saleh. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah, dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah.”

“Aku bersaksi tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.”

Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad. Ya Allah. Limpahilah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad”

“Sebagaimana pernah Engkau beri rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahilah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya. Sebagaimana Engkau memberi berkah kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Di seluruh alam semesta Engkaulah yang terpuji, dan Maha Mulia”

Sunah Rasulullah di Hari Raya Iduladha

Rasulullah SAW melakukan beberapa sunah ketika menyambut hari raya iduladha, khususnya sebelum melakukan ibadah shalat. Dikutip dari artikel Orami beberapa sunah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW ialah:

  1. Mandi Sebelum Salat Iduladha

Rasulullah SAW sering kali mandi terlebih dahulu sebelum melakukan shalat idul adha. Hal tersebut dijelaskan dalam hadits berikut:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَغْتَسِلُ يَوْمَ الْفِطْرِ وَيَوْمَ الأَضْحَى

Artinya: “Rasulullah SAW biasa mandi pada hari raya Idufitri dan Iduladha.” (HR Ibnu Majah)

  1.  Memakai Pakaian Paling Baik

Rasulullah SAW juga suka mengenakan pakaian paling baik yang beliau punya untuk melakukan shalat iduladha. Hal tersebut juga dijelaskan dalam hal berikut:

أمرنا رسول الله صلى الله عليه وسلم في العيدين أن نلبس أجود ما نجد ، وأن نتطيب بأجود ما نجد

Artinya: “Pada dua hari raya, Rasulullah SAW memerintahkan kita untuk memakai yang terbaik dari apa yang kita miliki.” (HR Hakim

  1. Menggunakan Wangi-wangian

Rasulullah SAW juga suka menggunakan wangi-wangian. Diketahui bahwa Rasul memakai wangi-wangian dan sembari memotong rambut, kuku, dan menghilangkah bau tidak enak.

  1. Membaca takbir saat menuju tempat Shalat

Disunnahkan bagi para muslim untuk membaca takbir sepanjang jalan menuju tempat shalat. Adapun bacaan takbir ialah sebagai berikut:

اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ وَلِلَّهِ الْحَمْدُ

Artinya: “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tidak ada ilah kecuali Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala pujian hanya untuk-Nya)”.

Sahabat, itu tadi adalah Tata cara melakukan shalat Iduladha. Bagi sahabat yang ingin melakukan shalat Iduladha, semoga artikel ini dapat membantu. 

Seperti sebelumnya sudah disebutkan, tidak hanya shalat yang menjadi ibadah pada Iduladha. Sahabat muslim sangat dianjurkan untuk berkurban. Bagi sahabat muslim yang ingin berkurban namun bingung bagaimana, jangan khawatir! Insan Bumi Mandiri siap membantu sahabat sekalian. Insha Allah, kurban akan dilakukan dengan amanah. Bagi sahabat yang ingin berkurban, silahkan klik link berikut:

Referensi:

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6032532/doa-dan-bacaan-itidal-usai-ruku-saat-salat-sendiri-atau-berjemaah
https://hot.liputan6.com/read/4948006/bacaan-rukuk-dan-sujud-dalam-sholat-beserta-artinya-wajib-dipahami
https://www.suara.com/news/2021/11/29/151733/bacaan-ruku-sholat-fardhu-beserta-tata-cara-doa-dan-artinya
https://www.suara.com/news/2021/12/24/075949/bacaan-duduk-diantara-dua-sujud-dan-maknanya
https://www.suara.com/news/2022/04/01/073136/bacaan-tahiyat-akhir-lengkap-dengan-artinya-yang-dibaca-saat-sholat
https://www.orami.co.id/magazine/salat-idul-adha
https://news.detik.com/berita/d-5109438/rukun-pelaksanaan-dan-niat-sholat-idul-adha-20201441-h