Tentang IBM

PT Sarana Multi Infrastruktur Raih Lima Penghargaan dalam ADFIAP Awards 2024

PT. Sarana Multi Infrastruktur diwakili oleh Muhammad Sapuri, menerima penghargaan atas kategori Outstanding Development Projects Awards 2024 dari The Association of Development Financing Institutions in Asia and the Pacific (ADFIAP) di  Phnom Penh, Kamboja.

Bandung, 21 Mei 2024 – PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) menyabet lima penghargaan sekaligus dari The Association of Development Financing Institutions in Asia and the Pacific (ADFIAP). Penghargaan ini diberikan dalam acara bergengsi, yakni ADFIAP Awards 2024, pada kategori Outstanding Development Projects Awards 2024.

Salah satu program PT SMI yang memenangkan penghargaan adalah Tenun.in, merupakan hasil kolaborasi dengan Insan Bumi Mandiri (IBM), sebuah lembaga filantropi yang fokus pada pemberdayaan pedalaman Indonesia. Kerja sama ini telah berlangsung selama enam tahun, menghasilkan pelatihan dan dukungan bagi para penenun lokal untuk menjadi lebih mandiri.

Sejak diinisiasi pada 2018, enam sentra tenun telah dibangun di NTT, termasuk Sentra Tenun Maumere yang mendukung kelompok penenun Roa Rero di Kampung Woja, Kabupaten Sikka. Sentra ini diresmikan pada 5 Oktober 2023 dan telah mendapat pengakuan dalam ADFIAP Awards 2024. Pemberdayaan dengan strategi dan sinergitas tinggi dalam program ini berpotensi menghasilkan produk tenun berkualitas yang bersaing di pasar nasional dan global.

Selain program Tenun.in, PT SMI juga mendapatkan penghargaan untuk berbagai inisiatif lainnya. Proyek “Memberdayakan untuk Masa Depan: Memicu Potensi melalui Talent Forge PT SMI – Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)” memenangkan kategori Pengembangan Sumber Daya Manusia. Program inklusi keuangan dengan judul “CSR yang berfokus pada pemberdayaan: Meningkatkan UMKM melalui Pembiayaan untuk Inklusi Keuangan” juga diakui dalam kategori Inklusi Keuangan. PT SMI menerima Penghargaan Merit dalam kategori Pembangunan Infrastruktur untuk proyek “Mendorong Pertumbuhan Berkelanjutan: Pinjaman Terobosan PT SMI yang Terkait dengan Keberlanjutan”. Terakhir, PT SMI memperoleh Penghargaan Khusus untuk Terbaik dalam Laporan Keberlanjutan, menunjukkan komitmen perusahaan dalam transparansi dan tanggung jawab sosial.

Penghargaan ini diterima secara resmi oleh PT SMI pada tanggal 15-17 Mei 2024, pada Annual Meeting ADFIAP yang ke-47 di Phnom Penh, Kamboja. ADFIAP memiliki lebih dari 90 anggota lembaga pembiayaan pembangunan dari sekitar 40 negara. Selain peran keuangan, lembaga-lembaga ini juga berperan sebagai pemrakarsa, pembangun institusi, katalisator, dan bank-bank pilihan terakhir untuk bidang-bidang pembangunan tertentu.

Tentang Insan Bumi Mandiri

Insan Bumi Mandiri (IBM) merupakan sebuah lembaga filantropi yang bergerak dalam pemberdayaan masyarakat untuk membangun pedalaman Indonesia. Berdiri sejak 2016, IBM telah berhasil menyelenggarakan lebih dari 1.000 program dan membantu lebih dari 170.000 masyarakat pedalaman Indonesia. Kami selalu percaya, langkah kecil bersama Anda akan menciptakan jejak kebaikan untuk saudara-saudara kita di pedalaman. Berbagai persoalan, seperti akses transportasi, infrastruktur, kesehatan, ekonomi, dan pendidikan bisa kita benahi bersama. Informasi lengkap bisa dilihat di insanbumimandiri.org.