Kisah Pedalaman NTT

Pesona Pulau Komodo, Pulau di Ujung Paling Barat NTT

pulau komodo

Provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki begitu banyak surga pariwisata di setiap sudutnya. Salah satunya seperti pesona keindahan yang diatawarkan oleh pulau di ujung paling barat Nusa Tenggara Timur, Pulau Komodo. 

Pulau Komodo merupakan habitat asli dari hewan purba Indonesia, komodo yang juga telah ditetapkan sebagai salah satu keajaiban dunia. Pulau Komodo juga merupakan salah satu pulau yang termasuk dalam Taman Nasional Komodo dan menjadi habitat konservasi dari hewan kadal raksasa tersebut. 

Penasaran ingin melihat seperti apa pesona dari Pulau Komodo ini? Yuk kita intip keindahan dari Pulau Komodo yang menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di NTT ini! 

Pesona Pulau Komodo 

1.Sejarah Pulau Komodo

Orang pertama kali yang menamakan pulau ini sebagai Pulau Komodo adalah seorang warga Belanda bernama Steyn Van HensBroek. HensBroek mendatangi Pulau Komodo setelah mendengar keberadaan hewan besar di pulau ini yang disebut mirip dengan hewan mitologi naga. Penelusuran HensBroek di pulau ini pun didokumentasikan dan dipublikasikan di Museum Bogor dan pulau ini mulai dikenal dengan nama Pulau Komodo.

Sejak zaman dahulu, masyarakat yang tinggal di daerah sekitar Pulau Komodo juga telah hidup berdampingan dengan komodo. Bahkan menurut kepercayaan masyarakat, konon setiap warga terlahir kembar yaitu satu bayi laki-laki dan satu komodo betina sehingga komodo dianggap sebagai keluarga. 

Kepercayaan itu yang membuat masyarakat di sekitar Pulau Komodo tak pernah melukai satwa yang kini sudah langka tersebut dan bisa hidup berdampingan hingga kini. 

Pada tahun 2013, organisasi New Seven Wonder juga telah menetapkan Pulau Komodo sebagai salah satu dari 7 keajaiban wisata alam. Penetapan ini juga diberikan langsung di Pulau Komodo. 

2.Lokasi Pulau Komodo 

Apabila dilihat dari letak geografisnya, Pulau Komodo terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berada di bagian sebelah timur Pulau Sumbawa. Pulau ini terletak di ujung paling barat dari Provinsi Nusa Tenggara Timur dan berbatasan secara langsung dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat. 

Pulau Komodo juga berdekatan dengan Pulau Rinca, Pulau Padar, dan pulau-pulau kecil lainnya yang menjadi bagian dari Taman Nasional Komodo dan dikelola langsung oleh Balai Taman Nasional Komodo. 

Apabila Sahabat ingin mengunjungi Pulau Komodo, Sahabat bisa melakukan penerbangan dari  Jakarta dan transit di Denpasar. Dari Denpasar, perjalanan diteruskan menuju Labuan Bajo, sebuah kota kecil di barat laut Flores yang merupakan gerbang untuk menuju Pulau Komodo. Waktu perjalanan dari Denpasar-Labuan Bajo ini bisa ditempuh sekitar setengah jam.

Baca juga : Keindahan Danau Tiga Warna di Pulau Flores NTT

3.Aktivitas Seru di Pulau Komodo

Banyak hal yang bisa Sahabat lakukan saat mengunjungi Pulau Komodo. Daya tarik utama dari Pulau Komodo ini tentunya adalah melihat langsung hewan komodo secara langsung di habitat aslinya. Menurut data, hingga pertengahan 2009, pulau ini dihuni sekitar 1300 ekor komodo. Jika sedang beruntung, Sahabat dapat melihat komodo yang sedang menyerang mangsanya, berkelahi, atau sedang berjalan perlahan sepanjang jalan. 

Sebaiknya pastikan juga Sahabat berada dalam kondisi prima saat berkunjung ke pulau ini. Hal tersebut dikarenakan untuk menikmati pesona Pulau Komodo dan Taman Nasional Komodo secara sempurna, Sahabat harus melakukan trekking ke atas bukit. Di Pulau Komodo ini, Sahabat harus mendaki Gunung Ara setinggi 538 meter di atas permukaan laut selama 3 atau 4 jam. Namun setelah sampai di puncak, Sahabat bisa menikmati hamparan perbukitan yang dibingkai laut biru eksotis.

Selain melakukan aktivitas trekking, Sahabat juga bisa berlayar dengan kapal. Jika beruntung, Sahabat bisa melihat lumba-lumba yang berenang ke permukaan air laut dan bisa bermain dengan para lumba-lumba tersebut. Bukan hanya lumba-lumba saja, Sahabat juga bisa memandangi keindahan bawah laut yang terdapat beragam ikan cantik yang sedang bersembunyi di terumbu karangnya. Di pulau ini, Sahabat dapat menemukan 385 spesies karang indah, 70 jenis bunga karang, 10 jenis lumba-lumba,  6 macam paus, penyu hijau, berbagai jenis hiu, dan ikan pari.

Selain itu terdapat hal yang unik yang bisa Sahabat temukan saat berkunjung ke pulau ini, yaitu menyaksikan kehidupan masyarakat pedalaman di Pulau Komodo. Mereka merupakan masyarakat yang secara langsung juga telah menjaga kelestarian alam di sana. 

Setelah puas menikmati keindahan Pulau Komodo ini, jangan lupa juga untuk membeli souvenir yang dijual oleh para warga di daerah pemukiman sekitar untuk mengingat apa saja yang telah Sahabat lewati di pulau indah ini. 

Itulah pesona keindahan Pulau Komodo yang terletak di ujung paling barat Nusa Tenggara Timur. Bagaimana, Sahabat? sudah tertarik untuk mengunjungi langsung pulau yang menjadi habitat dari komodo ini? 

Selain pesona keindahan wisatanya, masih ada banyak hal lainnya yang bisa Sahabat temukan di pedalaman Indonesia Timur. Klik di sini untuk mengenal lebih jauh pedalaman Indonesia.

Baca juga : 7 Pakaian Adat NTT yang Memiliki Keunikan dan Khas Masing-Masing

Sumber artikel : 
https://www.yuktravel.com/trip-ideas-di-indonesia/berkunjung-ke-pulau-komodo?id=1006634
https://www.hayatuntour.com/pesona-keindahan-pulau-komodo-yang-terletak-di-nusa-tenggara-timur/