Tentang IBM

Kolaborasi Insan Bumi Mandiri dan Grab Salurkan Perahu ke Pedalaman NTT

penyaluran-perahu-oleh-insan-bumi-mandiri-dan-grab

Bandung, 29 September 2022 – Insan Bumi Mandiri (IBM) berkolaborasi dengan Grab, platform aplikasi pemesanan kendaraan terkemuka, menyalurkan dua Perahu Guru untuk Desa Toang dan Desa Lerabaing, Pulau Pura di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT). Melalui layanan GrabHitch (Nebeng), Grab menggunakan 10% dari setiap tarif perjalanan menggunakan GrabHitch periode 13–20 Juni 2017 untuk kegiatan sosial ini.

Kerja sama ini bertujuan untuk mempermudah akses transportasi guru-guru di NTT menuju sekolah. Kolaborasi bermula dari penyaluran empat buah perahu dari IBM kepada seorang guru yang harus berenang di lautan setiap kali pergi mengajar. Beliau adalah Pak Ahmad yang kini bisa menaiki perahu sebagai transportasi menuju sekolah. Perahu juga disalurkan kepada guru lainnya yang harus menempuh empat jam perjalanan laut demi sampai ke tempat mereka mengajar.

Ridwan Hilmi, Founder Insan Bumi Mandiri mengatakan, “Perjuangan guru di mana pun berada sama luar biasanya. Di NTT, banyak Guru harus berenang untuk sampai ke sekolah. Kami berharap program Perahu Guru juga bisa terselenggara di wilayah lain pelosok Indonesia untuk mendukung para pahlawan pendidikan dan siapa saja yang membutuhkan.”

Baca Juga: Realita di Balik Minimnya Fasilitas Sekolah di Tanah Air

Mediko Azwar, Marketing Country Director Grab Indonesia, melalui rilis media Grab menjelaskan bahwa program ini sejalan dengan komitmen Grab dalam meningkatkan taraf hidup komunitas lokal. “Kami percaya bahwa keberadaan kami di sini harus memberikan dampak positif bagi komunitas lokal demi bertumbuh bersama dan berkontribusi memajukan negara Indonesia,” jelas Mediko.

Program Perahu Guru disambut antusias oleh masyarakat Pulau Pura. Bagaimana tidak, sebanyak 5.144 penduduk di sana terbiasa mengandalkan perahu sebagai sarana transportasi utama guru dan murid menuju ke sekolah. Infrastruktur di Pulau Pura belum mendukung penggunaan kendaraan darat sehingga keberadaan perahu yang layak disambut baik oleh warga setempat.

Baca Juga: Daerah 3T: Kesenjangan Pendidikan dan Ekonomi di Papua

Dengan Perahu Guru, perjalanan menuju sekolah menjadi lebih efisien. Meski jarak yang ditempuh tetap jauh, namun para guru dan siswa bisa pulang-pergi dengan lebih tenang, tak takut lagi tidak kebagian perahu. Selain guru dan siswa, Perahu Guru juga bisa membantu mobilitas masyarakat sekitar yang perlu melintasi laut.

Program Perahu Guru pertama kali dilangsungkan pada bulan suci Ramadhan tahun 2017. Penyerahan perahu untuk masyarakat pedalaman saat itu diharapkan bisa terus berlanjut. Oleh karena itu, IBM berkomitmen untuk terus menebarkan ragam kebaikan lain untuk masyarakat pedalaman Indonesia.

IBM mengajak masyarakat luas untuk ikut menebar kebaikan melalui program-program pemberdayaan lain yang akan terus dikembangkan. Kunjungi website insanbumimandiri.org dan Instagram @insanbumimandiri untuk update program IBM lainnya.

Tentang Insan Bumi Mandiri

Insan Bumi Mandiri (IBM) merupakan sebuah lembaga filantropi yang bergerak dalam pemberdayaan masyarakat untuk membangun pedalaman Indonesia. Berdiri sejak 2016, IBM telah berhasil menyelenggarakan 1.004 program dan membantu lebih dari 163.792 masyarakat pedalaman Indonesia. Kami selalu percaya, langkah kecil bersama anda #SahabatPedalaman, akan menciptakan Jejak Kebaikan untuk saudara-saudara kita di pedalaman. Berbagai persoalan, seperti akses transportasi, infrastruktur, kesehatan, dan pendidikan bisa kita benahi bersama. Informasi lengkap bisa dilihat di insanbumimandiri.org

Hubungi kami

Customer Service +6281282383432

[email protected]