Rilis

Insan Bumi Mandiri Bersama PT SMI Berdayakan Perajin Tenun di 4 Wilayah Pedalaman NTT

Bandung, 26 September 2022 – Insan Bumi Mandiri (IBM) bekerja sama dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) dalam Program Pemberdayaan Tenun di empat wilayah pedalaman NTT. Wilayah tersebut diantaranya Alor, Sumba Timur, Ende, dan Belu. Program ini pertama kali dibentuk tahun 2018 bersama 14 perajin dari Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kemudian pada tahun 2020, program ini diberi nama Tenun.in dan diresmikan di Kelurahan Prailiu, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur, NTT. Dalam acara itu juga, IBM dan SMI memperkenalkan kelompok tenun yang mereka bina.

launching tenun.in di pedalaman

Pada 30 September 2021, Ende resmi bergabung dengan Tenun.in. Kemudian Belu menyusul melalui  peresmian pada 29 Juni 2022 lalu. Dengan bergabungnya empat wilayah tersebut, pembinaan untuk meningkatkan kualitas menenun semakin meluas. Masyarakat lokal juga siap untuk menerima arahan untuk merancang motif dan berkreasi bersama. Tak hanya itu, masyarakat juga akan dibina agar mampu meningkatkan penjualan hingga mengelola keuangan.

pengarajin tenun pedalaman ntt

“Tenun.in dibentuk dengan tujuan memberdayakan perempuan lokal, khususnya di wilayah pedalaman NTT. Hasil menenun yang biasa dibuat oleh perempuan setempat juga diharapkan dapat dikenal luas oleh masyarakat Indonesia hingga mancanegara,” jelas Ridwan Hilmi, Founder Insan Bumi Mandiri.

Sebelumnya, kegiatan menenun dilakukan oleh masyarakat secara mandiri di rumah masing-masing. Kelompok tenun yang didominasi oleh mama-mama ini terbiasa membuat kerajinan ala kadarnya tanpa pembinaan. Mereka belum mengerti cara memasarkan produk kerajinannya agar lebih dikenal masyarakat luas dan bernilai ekonomi tinggi.

tenun pedalaman indonesia

Kelompok tenun di pedalaman NTT juga mengalami krisis akibat jumlah penenun yang semakin berkurang. Hal itu salah satunya dipicu oleh minat generasi muda yang rendah terhadap aktivitas menenun. Sangat disayangkan, tak banyak masyarakat lokal yang sadar bahwa potensi hasil kerajinan mereka bisa bernilai besar.

Baca Juga: Bupati Ende Resmikan Sentra Tenun.in di Ende Nusa Tenggara Timur

Ridwan mendapati bahwa pembinaan pada kegiatan tenun ini bisa menjadi kesempatan bagi perempuan-perempuan lokal di sana agar lebih berdaya. “Selain menenun, masyarakat di sini, khususnya perempuan diharapkan bisa lebih baik dalam mengelola kearifan lokalnya. Salah satunya dengan bisa menjawab kebutuhan masyarakat luas melalui produk tenun yang dibuat oleh masyarakat Prailiu sendiri”, tutur Ridwan.

Tokoh masyarakat, Bu Jamia Ali sebagai ketua kelompok tenun juga mengemukakan harapannya terhadap kelompok tenun ini. “Maka dari itu kelompok tenun ini kami beri nama Pahammu Nduma Luri yang artinya ‘Perbaiki Hidup’, semoga menjadi doa agar kehadirannya bisa memperbaiki hidup kami”, ungkap Bu Jamia optimis.

produk tenun ntt

Berjalan 4 tahun, Tenun.in telah berhasil mengeluarkan bermacam-macam jenis kerajinan tangan. Dari mulai produk berbentuk kain, tas, topi, dompet, card holder, tali lanyard, dan masih banyak jenis lainnya. Misi Tenun.in untuk meluaskan warisan budaya bahkan terwujud melalui pencapaiannya menjadi official merchandise dalam pagelaran MotoGP di Mandalika. 

Jika ditarik ke belakang, benda kerajinan tersebut masih jauh dari kata familiar untuk para mama di pedalaman NTT. Namun dengan hadirnya pembinaan, bentuk kerajinan bisa dibuat sedemikian rupa sehingga dapat menyesuaikan tren dan kebutuhan masyarakat secara lebih beragam.

Dampak positif juga dirasakan langsung oleh mama-mama perajin tenun. Kini dalam sehari, satu orang perajin bisa membuat satu lembar kain dan satu buah sarung. Produk yang dahulu baru bisa terjual dalam waktu 1–3 bulan, sekarang bisa laku cepat dalam hitungan hari. Produk bisa custom, dimana pembeli juga bisa request motif dan warna. Maka tidak heran jika penghasilan para penenun di sana bisa mencapai Rp1.500.000 per bulan. Sedangkan sebelumnya, mereka tidak memiliki penghasilan sama sekali.

Informasi lengkap tentang produk Tenun.in bisa diakses langsung di Instagram @tenun.in atau melalui website tenun.in. Anda juga bisa membantu mama-mama perajin tenun dengan berbelanja melalui Shopee Tenun.In

***

Tentang Insan Bumi Mandiri

Insan Bumi Mandiri (IBM) merupakan sebuah lembaga filantropi yang bergerak dalam pemberdayaan masyarakat untuk membangun pedalaman Indonesia. Berdiri sejak 2016, IBM telah berhasil menyelenggarakan 1.004 program dan membantu lebih dari 163.792 masyarakat pedalaman Indonesia. Kami selalu percaya, langkah kecil bersama anda #SahabatPedalaman, akan menciptakan Jejak Kebaikan untuk saudara-saudara kita di pedalaman. Berbagai persoalan, seperti akses transportasi, infrastruktur, kesehatan, dan pendidikan bisa kita benahi bersama.

Hubungi kami

Customer Service +6281282383432

[email protected]