Inspiratif

Bentuk Pemberdayaan Komunitas di Masyarakat

pemberdayaan komunitas di masyarakat

Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu sebuah kelompok masyarakat agar bisa memiliki kehidupan yang lebih sejahtera. Melalui program pemberdayaan masyarakat, bantuan yang diberikan kepada kelompok masyarakat tersebut bisa memiliki dampak panjang dan berkelanjutan.

Berbicara mengenai pemberdayaan masyarakat tentunya tak akan terlepas dari komunitas. Pemberdayaan komunitas adalah bagian daripada adanya proses memberdayakan bentuk kelompok sosial melalui pemberian kekuasaan, hak, atau wewenang untuk melakukan berbagai bentuk tindakan sosial sesuai dengan tugasnya. Tentu saja tujuannya tak lain ialah memberi kekuasaan dan status yang lebih tinggi dalam strata kehidupan.

Seperti apakah bentuk pemberdayaan masyarakat yang melibatkan peranan komunitas masyarakat tersebut di dalamnya? Berikut beberapa contohnya! 

Pemberdayaan Komunitas di Masyarakat 

1.Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Pertanian 

Sejak lama, Indonesia sudah dikenal sebagai negara agraris. Seperti yang sudah banyak diketahui, hampir di setiap desa yang ada di Indonesia memiliki lahan pertanian yang cukup berlimpah.

Sektor pertanian menjadi mata pencaharian utama para warga yang nantinya bisa didistribusikan ke setiap daerah yang ada di Indonesia. Bidang pertanian yang sangat potensial ini tentunya bisa dikelola dengan lebih baik agar bisa berkembang.

Oleh karena itu, program pemberdayaan masyarakat desa yang revolusioner dan juga inovatif dalam bidang pertanian bisa menjadi solusi untuk membuat masyarakat petani lebih sejahtera. 

Adapun pemberdayaan tersebut bisa mencakup pelatihan dan pembinaan untuk para petani, pengetahuan tentang pengairan sawah, hingga pendistribusian hasil pertanian ke pasar atau koperasi, 

2.Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Kesehatan 

Bentuk pemberdayaan komunitas selanjutnya adalah program pemberdayaan masyarakat desa yang bergerak dalam bidang kesehatan. Diharapkan dengan adanya program pemberdayaan tersebut, masyarakat desa bisa meningkatkan kualitas hidup dan peduli akan kesehatannya.

Bila dilihat secara kasat mata saja, para warga desa seringkali mengalami kesulitan akses terhadap bidang kesehatan. Banyak desa yang masih tertinggal karena tidak adanya sarana dan prasarana kesehatan serta petugas kesehatan yang mumpuni untuk menangani penyakit-penyakit mereka.

Di beberapa wilayah, kondisi semacam ini juga bisa disebabkan karena nilai adat istiadat dan juga kepercayaan mereka. Contohnya, masih banyakwarga  desa yang memilih petugas medis non resmi seperti dukun beranak untuk menolong ibu yang melahirkan, dukun, mantri, atau sebutan lainnya.

Namun, hal tersebut tidak bisa dibiarkan karena bagaimanapun juga perkembangan zaman saat ini juga sebanding dengan munculnya berbagai penyakit yang ada dan harus ditangani oleh petugas medis ahli.

Maka dari itu, dibutuhkan program pemberdayaan di bidang kesehatan yang meliputi peningkatan sarana dan prasarana, promosi hingga penyuluhan program kesehatan, 

3.Program Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Pendidikan 

Pendidikan merupakan program terpenting yang harus bisa dirasakan oleh masyarakat desa maupun kota. Pasalnya, Pendidikan ini adalah gerbang awal agar para masyarakat bisa lebih sejahtera dan memiliki kehidupan yang lebih baik. Apapila Pendidikan tidak dinikmati langsung oleh para masyarakat di desa, maka mereka akan menjadi masyarakat tertinggal dalam segala hal.

Hampir sama dengan bidang kesehatan, pendidikan di desa ini belum bisa dilakukan secara optimal karena masih banyak desa yang belum tersentuh pendidikan dengan baik. Oleh karena itu, pemberdayaan masyarakat dalam bidang pendidikan bisa menjadi bantuan untuk mempermudah akses pendidikan bagi para generasi penerus bangsa di desa-desa terpencil. 

Pemberdayaan masyarakat di bidang pendidikan bisa dilakukan dengan cara-cara seperti peningkatan sarana dan prasarana serta pemenuhan tenaga pengajar yang memadai. 

4.Program Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Ekonomi

Program pemberdayaan masyarakat desa di bidang ekonomi termasuk kedalam program pemberdayaan yang sangat penting. Tujuannya yaitu untuk membuat masyarakat desa tersebut bisa mandiri dan juga sejahtera.

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, ada beragam potensi alam yang dimiliki berbagai wilayah Indonesia yang jika diolah dengan baik akan bisa menyejahterakan masyarakat desa setempat.

Oleh karena itu, program pemberdayaan masyarakat  di bidang ekonomi bisa menjadi salah satu cara untuk mensejahterakan masyarakat. Adapun program-program pemberdayaannya bisa mencakup pemberdayaan UMKM, pelatihan workshop, pemberian modal, bantuan alat produksi, peningkatan saran dan prasarana, dan lain sebagainya.

Salah satu contoh pemberdayaan masyarakat adalah Tenun.in, program pemberdayaan kerjasama antara Insan Bumi Mandiri dan PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI). Insan Bumi Mandiri menginisiasi program pemberdayaan masyarakat Tenun.in untuk para penenun wanita di NTT agar potensi menenun yang mereka miliki bisa lebih diapresiasi masyarakat luas

Saat ini, sentra Tenun.in telah hadir di tiga titik wilayah NTT untuk memberdayakan para pengrajin tenun di sana agar bisa hidup lebih sejahtera. Klik di sini untuk ikut berkontribusi pada program pemberdayaan masyarakat di pedalaman NTT dan membantu para wanita penenun di NTT bisa hidup lebih sejahtera.

Sumber artikel : 
https://folderdesa.com/pemberdayaan-masyarakat-desa/