NTT

Berlibur ke NTT? Berikut Oleh-Oleh yang Wajib Dibawa Pulang

oleh oleh khas ntt

Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terkenal akan keindahan alamnya, budayanya, dan kehidupan alam liarnya yang beragam. Provinsi NTT terdiri dari ribuan pulau dengan beberapa yang paling terkenal di antaranya Pulau Flores, Pulau Sumba, Pulau Timor, Pulau Alor, dan Pulau Rote. Dengan daya tarik seperti itu, maka tidak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke Nusa Tenggara Timur.

Jika Sahabat ingin berkunjung ke Nusa Tenggara Timur untuk berlibur, beberapa oleh-oleh berikut ini bisa Sahabat bawa pulang.

Kerajinan Kayu Cendana

source: DHgate

Kayu cendana terkenal akan wanginya. Maka tidak heran jika kayu jenis ini sering digunakan untuk pengharum ruangan. Namun, selain itu di NTT kayu cendana juga banyak dijadikan kerajinan tangan berbagai bentuk meliputi gelang, jepitan rambut, kipas tangan, dan lain-lain. Cara menemukan kerajinan ini juga cukup mudah. Ada banyak toko oleh-oleh di NTT yang menjualnya.

Jagung Titi

source: budaya-indonesia.org

Jagung titi adalah sebuah makanan ringan berbahan dasar jagung yang diproses dengan cara digoreng tanpa minyak kemudian ditumbuk sampai pipih. Ketika ditumbuk, jagung juga dibumbui dengan penyedap rasa yang terdiri dari lada, garam, dan merica.

Oleh-oleh yang satu ini rasanya sangat gurih. Tempat menemukannya juga cukup mudah. Sahabat bisa coba mencari jagung titi di pasar-pasar di NTT. Harga per bungkusnya berkisar antara Rp20.000 hingga Rp30.000.

Kopi Flores

source: kaskus.co.id

Bagi Sahabat pecinta kopi, jika berkunjung ke NTT, jelas oleh-oleh yang satu ini tidak boleh terlewat. Kopi Flores ini berasal dari dataran Ngada yang berada di Pulau Flores. Kopi ini merupakan jenis arabika dengan rasa yang unik.

Aroma karamel, kacang-kacangan, bunga dengan sensasi tembakau menjadi ciri khas dari kopi yang satu ini. Kopi ini dapat dibeli di swalayan atau toko cinderamata di sekitar Kota Kupang.

Kolo

source: suarawajarfm

Sahabat familiar dengan lemang? Oleh-oleh yang bernama kolo ini sangat mirip dengan lemang. Kolo merupakan nasi bakar yang dimasak dalam bambu. Pada proses pembuatannya, nas diberi penyedap rasa berupa garam dan rempah-rempah kemudian dimasukkan ke dalam lubang bambu untuk dibakar.

Masyarakat NTT biasanya menghidangkan kolo ketika melakukan acara syukuran terhadap hasil panen, menyambut pergantian tahun, maupun pada saat upacara adat setempat. Kolo sangat cocok disuguhkan dengan makanan olahan berbahan dasar daging ayam.

Muku Loto

source: 7terbaik

Makanan khas NTT lainnya yang tidak kalah unik adalah Muku Loto. Muku Loto adalah sebuah makanan yang berbahan dasar pisang muda, batang pisang, dan juga daging sapi atau babi. Karena bahan-bahan dasarnya mudah ditemukan, tidak heran jika hidangan yang satu ini sangat digemari oleh masyarakat setempat.

Muku loto merupakan makanan khas daerah Nagekeo, Flores, NTT. Hingga saat ini, ketika ada upacara adat atau pesta besar di Nagekeo, muku loto masih sering dihidangkan. Nama “muku loto” sendiri berasal dari bahasa stempat yang berarti “pisang hancur”.

Manggulu

source: sayurbox

Oleh-oleh selanjutnya masih berupa kuliner. Di NTT, ada sebuah makanan yang bernama manggulu yang terbuat dari bahan utama pisang lalu dikeringkan dengan kacang tanah. Hidangan ini dibungkus menggunakan daun pisang kering. Rasanya agak manis, dengan sedikit rasa asam. Manggulu berasal dari Sumba Timur. 

Kain Tenun Khas NTT

source: tenun.in

Salah satu yang menjadi ikon dari NTT adalah kain tenunnya. Bahkan, kain tenun NTT sudah dikenal hingga mancanegara. Kain tenun khas NTT memiliki ciri khas berupa proses pewarnaan yang masih menggunakan pewarna alami. Selain itu, proses pembuatannya juga sangat rumit karena membutuhkan kelihaian dan ketelitian yang sangat tinggi untuk membentuk corak dan motif yang menawan. Oleh karena itu, wajar jika kain tenun khas NTT memiliki harga yang mahal.

Itulah beberapa oleh-oleh khas NTT yang cukup unik. Jika Sahabat memiliki kesempatan mengunjungi NTT, jangan lupa untuk membeli salah satu atau beberapa untuk dijadikan cinderamata. Dengan Sahabat membeli oleh-oleh tersebut, secara tidak langsung Sahabat juga sudah membantu UMKM lokal.

Jika Sahabat tertarik lebih jauh untuk ikut serta dalam membangun perekonomian lokal NTT, Sahabat juga dapat ikut membantu memberdayakan kelompok penenun di NTT. Klik di sini untuk bantu kelompok penenun NTT bersama Insan Bumi Mandiri!

Baca juga: 7 Pakaian Adat NTT yang Memiliki Keunikan dan Khas Masing-Masing

Sumber artikel:
https://republikwisata.com/oleh-oleh-khas-kupang/
https://hallomedan.co/read/muku-loto-hidangan-unik-dan-enak-dari-nagekeo-flores