Kesehatan

Menjenguk Teman yang Sedang Sakit? Coba 3 Tips Berikut

menjenguk teman sakit

Perubahan iklim dan juga cuaca yang tak menentu akhir-akhir ini seringkali membuat kesehatan semakin memburuk, ditambah pandemi virus corona yang belum juga usai membuat banyak orang menjadi begitu cemas. Kondisi tersebut membuat daya tahan tubuh mereka semakin menurun, hingga membuat rentan terserang oleh virus dan pada akhirnya bisa saja jatuh sakit.

Saat Teman Sendiri yang Sakit

Namun, bagaimana jika ternyata yang sakit itu bukan orang lain, melainkan teman atau kerabat kita sendiri? Mendengar kondisi tersebut, tentu Sahabat jadi ingin merasa sedih dan ingin membantu mereka dengan cara berempati maupun memberikan dukungan terbaik Sahabat. Bahkan, sekedar menanyakan kabar mereka pun bisa jadi salah satu bentuk kepedulian kita terhadap kondisinya. Selain itu, apa lagi hal yang bisa dilakukan, berikut penjelasannya:

1. Menjadi Pendengar yang Baik

di rawat di rumah sakit

Bagi mereka yang sakit, biasanya dokter akan menyarankan untuk beristirahat dan menjalani proses pemulihan. Bisa itu di rumah sakit (rawat inap) maupun di rumah sendiri (rawat jalan). Tak jarang kondisi tersebut membuat mereka menjadi kesepian dan butuh teman untuk saling berbagi cerita.

Sebagai makhluk sosial sejatinya manusia memang tidak akan pernah bisa lepas dari manusia lain, bahkan termasuk bagi Anda yang mengatakan bahwa Anda adalah seorang introvert sejati sekalipun. Pasti suatu waktu tetap saja akan membutuhkan orang lain.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara menjenguknya dan menjadi seorang pendengar yang baik. Datang dan membicarakan hal lain yang tidak berhubungan dengan sakitnya juga bisa menjadi alternatif untuk obrolan Anda.

Baca Juga: Cerita di Balik Senyum Adit, Pejuang Hidrosefalus dan Meningokel

2. Memberi Doa dan Semangat

mendoakan

Saat teman kita sedang sakit, bisa jadi kita sedang tidak berada di dekat mereka. Misalkan bagi Anda yang sedang berada di luar kota, sementara teman sedang sakit di tempat lain, maka akan sulit karena dibatasi oleh jarak dan juga keadaan yang kurang mendukung.

Solusinya bisa dengan cara mengabari ia dari jarak jauh, apalagi saat ini komunikasi begitu mudah karena dengan sentuhan jari Anda dapat langsung berbicara dengan teman baik yang berbeda kota maupun negara sekalipun.

Selain itu, Sahabat juga dapat mengirimkan do’a terbaik untuk teman yang sedang sakit. Semoga penyakitnya dapat segera sembuh.

3. Doa Menjenguk Orang Sakit

doa untuk orang sakit

Berkaitan dengan doa menjenguk orang sakit, terdapat hadis dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha di mana beliau berkata,

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah meminta perlindungan kepada Allah untuk anggota keluarganya. Beliau mengusap dengan tangan kanannya dan berdoa:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

“Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembuhkanlah dia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.” ( HR. Bukhari dan Muslim).

Sahabat semoga kita senantiasa diberikan kesehatan dan kesembuhan agar dapat beraktivitas kembali seperti biasa. Selain itu, sahabat juga dapat meringankan beban mereka yang sedang sakit melalui halaman berikut. Tetap menjaga kesehatan ya! Sahabat.

kebaikan untuk pedalaman