Rilis Tentang IBM

Insan Bumi Mandiri Bangun Fasilitas MCK untuk Santri Pedalaman

mck-dusun-sigek-ntb

Bandung, 23 Januari 2023 – Setelah melalui proses pembangunan selama satu bulan, kini fasilitas MCK yang dibangun oleh Insan Bumi Mandiri untuk para santri di Taman Pendidikan Al-Quran Darul Huffaz di Dusun Sigek, Desa Pengadangan Barat, Kecamatan Pringgasel, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.  telah diresmikan. 

Tidak seperti di kota, anak-anak di pedalaman masih belum bisa merasakan fasilitas kebersihan yang memadai.  Taman Pendidikan Al-Quran Darul Huffaz sudah berdiri sejak 21 tahun yang lalu. TPQ ini memiliki tiga kelas dengan masing-masing kelas menampung sekitar 20 hingga 30 anak. Setelah puluhan tahun menjadi tempat belajar mengaji anak-anak Dusun Sigek, bangunan TPQ Darul Huffaz kini semakin rapuh dan mengalami banyak kerusakan. Dengan kondisi perekonomian para orang tua santri yang terbatas, TPQ ini pun belum bisa direnovasi. 

Bahkan para santri tidak memiliki fasilitas sanitasi yang layak. Padahal para santri amat membutuhkan MCK untuk berwudhu dan kegiatan sanitasi lainnya. Selain membuat para santri kesulitan untuk berwudhu, MCK di TPQ Darul Huffaz yang sudah tak layak ini juga membuat para santri rentan terserang penyakit kulit. Apabila dibiarkan dalam jangka panjang, penyakit-penyakit lainnya pun mengancam kesehatan para santri ini. 

Sebagai lembaga yang berfokus membantu pedalaman, Insan Bumi Mandiri memberikan bantuan berupa pembangunan fasilitas MCK baru di TPQ tersebut. Pembangunan MCK ini merupakan hasil dari penggalangan dana yang dilakukan secara daring di website Insan Bumi Mandiri. 

CEO Insan Bumi Mandiri, Zulfa Faizah berharap agar pembangunan MCK untuk TPQ Darul Huffaz ini bisa semakin meningkatkan semangat anak-anak di Dusun Sigek untuk mempelajari agama Islam. 

“Selama puluhan tahun, TPQ ini sudah menjadi sarana bagi para anak-anak Dusun Sigek untuk mempelajari Al-Quran. Tentu kita semua tidak mau cahaya Islam ini hilang hanya karena fasilitas yang tidak memadai. Dengan dibangunnya MCK ini, semoga para santri makin bersemangat untuk menimba ilmu,” tuturnya. 

Saat ini, Insan Bumi Mandiri juga masih membuka kesempatan bagi para donatur yang ingin ikut berkontribusi untuk membantu anak-anak di pedalaman agar bisa memiliki fasilitas pendidikan yang lebih layak. Informasi lebih lanjut mengenai program penggalangan dana untuk anak-anak di pedalaman dapat diakses melalui website www.insanbumimandiri.org atau Instagram @insanbumimandiri.

Tentang Insan Bumi Mandiri

Insan Bumi Mandiri (IBM) merupakan sebuah lembaga filantropi yang bergerak dalam pemberdayaan masyarakat untuk membangun pedalaman Indonesia. Berdiri sejak 2016, IBM telah berhasil menyelenggarakan 1.004 program dan membantu lebih dari 163.792 masyarakat pedalaman Indonesia. Kami selalu percaya, langkah kecil bersama Anda akan menciptakan jejak kebaikan untuk saudara-saudara kita di pedalaman. Berbagai persoalan, seperti akses transportasi, infrastruktur, kesehatan, ekonomi, dan pendidikan bisa kita benahi bersama. Informasi lengkap bisa dilihat di insanbumimandiri.org.