Ekonomi

Mendukung Pembangunan Berkelanjutan, Berikut Manfaat Program Pemberdayaan

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk saling membantu orang-orang di sekitar kita. Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu caranya. Melalui program pemberdayaan, bantuan dan dukungan yang kita berikan juga bisa menjadi hal yang berkelanjutan sehingga memiliki dampak berjangka panjang. 

Secara umum, pemberdayaan masyarakat dapat diartikan sebagai upaya untuk memberikan daya (empowerment) atau penguatan (strengthening) kepada masyarakat. Pemberdayaan masyarakat adalah proses pembangunan yang membuat masyarakat berinisiatif untuk memulai kegiatan sosial dalam memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri. 

Program pemberdayaan masyarakat tentunya memiliki banyak manfaat. Apa sajakah manfaat tersebut dan bagaimanakah prinsip-prinsip yang harus ada dalam sebuah program pemberdayaan masyarakat? Berikut penjelasannya!

Program Pemberdayaan Masyarakat 

1. Prinsip Kesetaraan 

Program pemberdayaan masyarakat haruslah memiliki prinsip kesetaraan. Kesetaraan yang dimaksud dalam hal ini adalah kesejajaran kedudukan antara lembaga yang melakukan program pemberdayaan dengan masyarakatnya. 

Dengan prinsip kesetaraan ini, masing-masing pihak yang terlibat dapat memiliki peranan yang sama-sama penting dalam mencapai keberhasilan program pemberdayaan yang dijalankan. Masing-masing pihak pun bisa sama-sama saling belajar serta berbagi pengalaman atau keahlian pada yang lain. 

Baca juga: Perbedaan Kemiskinan Struktural dan Kemiskinan Kultural

2. Prinsip Partisipasi 

Sesuai dengan tujuan dari program pemberdayaan yaitu untuk membuat masyarakat bisa mandiri, maka program tersebut harus memegang prinsip partisipasi agar bisa menstimulasi kemandirian dari masyarakat. 

Program pemberdayaan masyarakat yang memegang prinsip partisipasi haruslah direncanakan, dilaksanakan, diawasi, dan dan dievaluasi oleh masyarakat itu sendiri. Tentunya butuh waktu dan komitmen tinggi dari pihak lembaga yang mendampingi untuk meningkatkan partisipasi para masyarakat dalam program pemberdayaan tersebut. 

3. Prinsip Keswadayaan 

Program pemberdayaan masyarakat juga harus memiliki prinsip keswadayaan atau kemandirian. Pada prinsip keswadayaan, sebuah program pemberdayaan harus menghargai dan mengedepankan kemampuan masyarakat daripada bantuan pihak luar. 

Konsep ini tidak memandang masyarakat miskin sebagai objek yang tidak berkemampuan, melainkan sebaliknya. Mereka justru memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai kondisi lingkungannya, kendala-kendala usaha yang sering terjadi, memiliki tenaga kerja dan kemauan untuk bekerja, serta memiliki norma-norma yang telah lama dipatuhi. 

Hal inilah yang perlu digali oleh lembaga pendamping untuk kemudian dijadikan modal dalam program pemberdayaan masyarakat. Sementara bantuan dari pihak lain yang bersifat materill sifatnya adalah sebagai penunjang. 

4. Prinsip Berkelanjutan 

Prinsip berkelanjutan menjadi prinsip yang cukup penting dan harus dimiliki oleh sebuah program pemberdayaan masyarakat. Sesuai tujuan awalnya, program pemberdayaan haruslah dirancang agar bisa terus berjalan secara berkelanjutan. 

Di awal, peran lembaga pendamping mungkin memiliki porsi yang cukup besar. Namun dengan prinsip berkelanjutan ini, peranan lembaga pendamping perlahan-lahan akan dikurangi hingga akhirnnya tak ada lagi karena para masyarakatnya sudah mampu mengelola kegiatannya sendiri. 

Manfaat Adanya Pemberdayaan Masyarakat 

1. Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat 

Manfaat yang paling utama dari program pemberdayaan masyarakat tentunya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan dari masyarakatnya. Contohnya para peternak di pedalaman NTT yang sebelumnya hidup dengan perekonomian terbatas karena tidak memiliki modal usaha ataupun fasilitas untuk membuat peternakan yang lebih memadai. 

Dengan adanya program pemberdayaan seperti Ternak.in dari Insan Bumi Mandiri, para peternak kecil di NTT ini bisa mendapatkan modal ternak serta pendampingan untuk usaha sapi ternak mereka sehingga berdampak pada nilai jual dan penghasilan yang didapat. Dalam jangka panjang, kesejahteraan masyarakat pun bisa meningkat. 

2. Wadah untuk Mengembangkan Potensi Masyarakat 

Sebelum meningkatkan pendapatan yang berujung pada peningkatan kesejahteraan, program pemberdayaan masyarakat memiliki manfaat untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh masyarakat setempat. Program pemberdayaan masyarakat bisa menjadi suatu wadah untuk menyalurkan potensi yang mereka miliki. 

Di NTT misalnya, tradisi menenun telah diwariskan dari generasi ke generasi pada para wanita di sana. Namun umumnya para penenun ini hanya bekerja masing-masing, bahkan semakin lama minat generasi muda terhadap profesi penenun pun semakin berkurang. 

Melalui program pemberdayaan Tenun.in dari Insan Bumi Mandiri, potensi menenun para mamak-mamak di NTT pun bisa tersalur dalam sebuah wadah bersama. Di program pemberdayaan ini, warisan budaya kain tenun NTT pun bisa dieksplorasi dan dikembangkan lebih luas lagi. 

3. Penyaluran Ilmu Pengetahuan 

Program pemberdayaan masyarakat juga bisa menjadi sarana untuk proses transfer atau penyaluran ilmu pengetahuan. Transfer ilmu ini tak terbatas pada lembaga pendamping yang memberikan edukasi pada masyarakat saja, namun juga transfer ilmu dari masyarakat yang menjadi target pemberdayaan pada lembaga yang mendampingi. 

Hal ini sesuai dengan prinsip kesetaraan dalam pemberdayaan masyarakat bahwa masing-masing pihak bisa sama-sama belajar dalam proses berjalannya program pemberdayaan tersebut. Bagi masyarakat, edukasi yang mereka dapatkan dalam program pemberdayaan ini tentunya sangat bermanfaat untuk menggali potensi yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan pendapatan dan kualitas hidup yang lebih baik. 

Itulah prinsip dan manfaat adanya program pemberdayaan masyarakat. Dengan prinsip-prinsip yang sejalan, program pemberdayaan masyarakat dapat memberi banyak manfaat dan dampak positif untuk meningkatkan kesejahteraan hidup para masyarakat. 

Sejak tahun 2018, Insan Bumi Mandiri pun telah memiliki beberapa program pemberdayaan masyarakat yang berfokus untuk memberdayakan masyarakat di pedalaman Indonesia. Klik di sini jika Sahabat juga ingin ikut ambil bagian dalam program pemberdayaan masyarakat pedalaman. 

Referensi

-https://kumparan.com/berita-hari-ini/pemberdayaan-masyarakat-pengertian-prinsip-dan-tujuannya-1vH6b5Wy9TA
-https://www.kajianpustaka.com/2017/11/tujuan-prinsip-dan-tahapan-pemberdayaan-masyarakat.html
-https://www.kelaspintar.id/blog/tips-pintar/apa-saja-manfaat-dari-pemberdayaan-komunitas-10826/