Kisah Pedalaman

Berlibur ke NTT? Berikut 7 Makanan Khas Kupang NTT yang Wajib Dicoba!

Selain memiliki keindahan alam yang sudah dikenal hingga mancanegara, Nusa Tenggara Timur juga memiliki kekayaan kuliner yang lezat dan menggugah selera. Selain makanan olahan dari bahan dasar jagung yang menjadi komoditas utama NTT, ada banyak kuliner tradisional lain dengan cita rasa khasnya. 

Apabila Sahabat tengah berlibur atau merencanakan perjalanan ke daerah Kupang NTT, Sahabat tentunya tak boleh melewatkan makanan-makanan khas Kupang NTT ini. Berikut 7 makanan khas Kupang NTT yang wajib dicoba! 

Makanan Khas Kupang NTT

1. Jagung Titi 

Jagung Titi

Sebagai komoditas utama, jagung memang menjadi kuliner khas Kupang NTT. Salah satu olahan jagung yang paling populer adalah jagung titi. Tak hanya menjadi camilan di waktu bersantai para warga di sana, jagung titi juga banyak dipilih para wisatawan yang berkunjung ke Kupang NTT sebagai buah tangan atau oleh-oleh. 

Sekilas tampilan jagung titi ini mirip dengan emping. Proses pembuatan jagung titi juga cukup unik karena digoreng tanpa menggunakan minyak. Jagung akan ditumbuk hingga berbentuk pipih sembari ditambahkan berbagai bumbu seperti garam, lada, dan merica. Jagung titi memiliki rasa yang gurih, namun ada pula jagung titi dengan varian rasa manis karena telah direndam air gula sebelum digoreng. 

Baca juga: 5 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat ke Labuan Bajo

2. Jagung Bose

Jagung Bose

Selain jagung titi, kuliner khas Kupang NTT lainnya yang juga berbahan dasar jagung adalah jagung bose. Dalam bahasa setempat, Bose memiliki arti dilunakkan. Kuliner ini memang terbuat dari jagung putih yang dihaluskan atau dilunakkan. Selain jagung yang menjadi bahan utama, makanan ini juga sering ditambahkan kacang-kacangan seperti kacang merah atau kacang tanah. 

Jagung bose juga dilengkapi dengan labu atau sayur-sayuran. Dalam proses pembuatannya, jagung dan kacang akan direbus bersama santan hingga teksturnya menjadi lunak seperti bubur. Masyarakat NTT biasa menyantap jagung bose bersama sajian lain seperti tuna goreng, tahu bumbu, atau tumis paria. 

3. Kolo 

Kolo

Makanan khas Kupang NTT yang satu ini sering juga disebut sebagai nasi bakar NTT. Kolo merupakan sajian yang terbuat dari bahan utama beras. Biasanya kolo menjadi hidangan yang disajikan pada pesta-pesta adat seperti syukuran panen padi. Masyarakat NTT sering menyantap kolo dengan sayur daging ayam santan. 

Proses pembuatan kolo juga cukup unik karena beras akan dimasukkan pada bambu muda yang berukuran sekitar 30 sentimeter. Di dalamnya, beras akan dicampur dengan aneka bumbu dan air. Bambu tersebut kemudian akan dibakar di atas bara api selama 30 menit dalam posisi berdiri. Setelah matang, kolo akan dikeluarkan dari bambu dan dibungkus menggunakan daun. 

4. Ikan Kuah Belimbing 

Ikan Kuah Belimbing

Nusa Tenggara Timur juga dikenal dengan komoditas hasil lautnya. Melimpahnya tangkapan ikan di NTT membuat banyak kuliner khas dari daerah ini yang berbahan dasar ikan. Salah satu sajian ikan yang terkenal dari Kupang NTT adalah ikan kuah belimbing. Kuliner ini memiliki cita rasa asam segar dan sedikit pedas. 

Ikan yang biasa diolah untuk membuat sajian ikan kuah belimbing adalah ikan tongkol. Selain ikan, bahan utama untuk membuatnya adalah belimbing wuluh atau belimbing sayur. Kedua bahan tersebut kemudian akan dimasak dengan tambahan aneka rempah sehingga menghasilkan rasa yang lezat. 

5. Kue Jawada 

Kue Jawada

Kue jawada merupakan camilan khas NTT dengan tekstur yang unik mirip rambut keriting. Oleh karena itu, jawada juga dikenal dengan nama kue rambut. Selain menjadi oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kupang NTT, jawada juga sering disajikan dalam pagelaran upacara adat. 

Kue jawada terbuat dari adonan tepung yang dicampur dengan santan, air nira, dan gula merah atau gula jawa. Adonan tersebut kemudian akan digoreng hingga kering sehingga teksturnya seperti rambut. Perpaduan gula dan santan membuat kue ini memiliki cita rasa gurih dan manis yang khas. 

6. Jagung Catemak

Jagung Catemak

Tak hanya camilan dan hidangan utama, daerah Kupang NTT juga memiliki hidangan penutup bernama jagung catemak. Kuliner ini memiliki cita rasa asin dan gurih dengan kuahnya yang berwarna kecoklatan. 

Selain jagung yang menjadi bahan utama, kuliner jagung catemak juga biasa ditambahkan sayuran lain seperti labu, kacang tanah, kacang hijau, dan daun papaya yang memberikan aroma khas dan cita rasa tersendiri. 

7. Se’i

Se’i

Tak hanya di daerah NTT, kuliner se’i atau daging asap khas NTT ini juga sudah sangat populer di berbagai tempat. Dalam bahasa Pulau Rote, se’i memiliki arti daging tipis yang memanjang. Se’i khas NTT ini memiliki aroma yang khas karena proses pengasapannya menggunakan arang dan kayu dari tanaman kosambi. 

Itulah tujuh kuliner khas Kupang di NTT dengan cita rasa lezat dan wajib Sahabat coba ketika berkunjung ke daerah Nusa Tenggara Timur. Selain kekayaan kulinernya, masih ada banyak hal lainnya yang bisa Sahabat temukan di pedalaman Indonesia Timur. Klik di sini untuk mengenal lebih jauh pedalaman Indonesia.

Referensi:
https://www.idntimes.com/food/dining-guide/naufal-al-rahman-1/makanan-khas-kupang-yang-paling-enak?page=all
https://www.briliofood.net/foodpedia/11-makanan-khas-kupang-termasuk-sei-sapi-210510p.html
https://keluyuran.com/makanan-khas-ntt/