Ekonomi NTT

Selain Wisata, NTT juga Memiliki Komoditas Ekspor Unggulan

komoditas ekspor

Apabila mendengar nama Nusa Tenggara Timur, mungkin Sahabat akan langsung teringat akan pesona keindahan alam dan pariwisatanya. Nusa Tengara Timur memang dikenal dengan pesona alamnya yang indah, bahkan beberapa kawasan wisata di daerah ini telah ditetapkan sebagai destinasi wisata super prioritas. 

Namun selain beragam destinasi wisata, Nusa Tenggara Timur juga memiliki kelebihan lain, salah satunya dalam hal komoditas ekspor. Mungkin belum banyak yang tahu bahwa Nusa Tenggara Timur memiliki kekayaan sumber daya alam yang menjadi komoditas ekspor unggulan dan banyak dikirim ke pasar-pasar mancanegara. 

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, total ekspor dari Nusa Tenggara Timur (NTT) sebesar US$ 1,75 juta pada Agustus 2021. Jumlah tersebut meningkat 40,5% dari bulan sebelumnya yang sebesar US$ 1,25 juta. Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, ekspor dari NTT naik 12,8%.

Sementara  ekspor Provinsi Nusa Tenggara Timur pada bulan Maret 2022 senilai US $ 3.026.920 dengan volume sebesar 5.101,79 ton mengalami peningkatan sebesar 19,59 persen dari ekspor bulan Februari 2022 yang sebesar US $ 2.531.137. Jika membandingkan kumulatif nilai ekspor sebesar US $ 11.291.962 terhadap kumulatif nilai impor sebesar US $ 427.049, maka pada tahun 2022 NTT mengalami surplus sebesar US $ 10.864.913.

Meningkatnya kegiatan ekspor dari NTT ini membuktikan bahwa komditas ekspor NTT masih menjadi komoditi unggulan yang diminati oleh banyak konsumen di mancanegara. Hal ini tentunya merupakan sesuatu yang positif karena bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan para masyarakat NTT sebagai pelaku ekspor. 

Apa sajakah komoditas ekspor unggulan dari NTT yang membuat angka ekspor NTT terus meningkat tersebut? Berikut beberapa komoditas ekspor dari NTT! 

Komoditas Ekspor Unggulan dari Nusa Tenggara Timur 

1.Ikan 

Komoditas ekspor unggulan dari Nusa Tenggara Timur yang pertama adalah ikan. Nusa Tenggara Timur memang memiliki wilayah perairan yang luas dengan luas laut sekitar 200.000 meter persegi.  Oleh karena itu, kekayaan laut berupa ikan menjadi salah satu komoditas ekspor unggulan untuk dikirim dan memenuhi kebutuhan ikan di luar negeri. 

Pada Oktober 2021, data dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi NTT menunjukan bahwa ikan menjadi komoditas ekspor unggulan dari NTT yang dikirim ke Jepang dan Korea Selatan. 

Pada 8 April 2021, ekspor ikan tuna dari NTT dikirim ke Jepang dengan jumlah ikan yang diekspor seberat 5,172 ton. Pada tanggal 14 April 2021, sebanyak 50 ton Ikan skip Jack tuna kembali diekspor ke Jepang. Kemudian pada 21 April 2021, sebanyak 22,8 ton ikan tuna kering kembali diekspor ke Korea Selatan.

2.Rumput Laut

Sumber daya alam yang berasal dari laut tampaknya memang menjadi komoditas ekspor unggulan dari Nusa Tenggara Timur. Tak hanya ikan, komoditas ekspor lainnya yang juga berasal dari laut adalah rumput laut. 

Data pada November 2019, sebanyak 25 ton rumput laut dari Nusa Tenggara Timur diekspor hingga ke Argentina. Pada April 2020, komoditi ekspor unggulan ini juga kembali dikirim ke Filipina dalam bentuk tepung rumput laut sebanyak 22 ton. Empat bulan kemudian, sebanyak 23 ton tepung rumput laut juga kembali dikirim ke Tiongkok. 

Pada Februari 2021, NTT juga kembali memenuhi permintaan ekspor 25 ton tepung rumput laut ke Tiongkok dan 1,5 ton tepung rumput laut ke Australia. Sebulan kemudian, 56 ton tepung rumput laut kembali diekspor ke Tiongkok. 

3.Kopi Bubuk 

kopi bubuk

Mungkin belum banyak yang tahu jika Nusa Tenggara Timur juga memiliki komoditas ekspor unggulan kopi bubuk. Nusa Tenggara Timur diketahui merupakan salah satu daerah penghasil kualitas kopi terbaik di Indonesia. Hasil produksi kopi dari NTT juga banyak diminati pecinta kopi dunia. 

Pada 9 September 2019, sebanyak 14.746 ton diekspor ke Timor Leste. Beberapa pekan setelahnya, 15.685 ton kopi bubuk juga kembali dikirim ke negara tetangga tersebut. 

4.Kayu Jati 

kayu jati

Komoditas ekspor unggulan lainnya dari Provinsi Nusa Tenggara Timur berasal dari sektor perkebunan, yaitu kayu jati. Kayu jati NTT banyak diminati karena kualitasnya yang kuat dan tahan lama. Bahkan sektor ini menyumbang ekspor tertingi dari provinsi NTT selama masa pandemi. Kayu jati yang diekspor dari Nusa Tenggara Timur ini kebanyakan didatangkan dari Kabupaten Malaka, di daratan Pulau Timor, NTT.

Adapun negara – negara tujuan ekspornya adalah Timor Leste, Singapura, Amerika Serikat, Australia, Hongkong, Swiss, Tiongkok, Jepang, Perancis dan Arab Saudi. Selama September 2020, komoditas ekspor unggulan ini telah disertifikasi sebanyak 191 meter kubik dengan nilai Rp2 miliar.

Itulah beberapa komoditas ekspor unggulan dari Nusa Tenggara Timur yang telah mendunia dan berperan dalam pertumbuhan ekonomi di Nusa Tenggara Timur. Ternyata tak hanya memiliki keindahan alam yang luar biasa, namun provinsi ini juga memiliki sumber daya yang melimpah ya, Sahabat! 

Selain sumber daya yang melimpah, masih ada banyak hal lainnya yang bisa Sahabat temukan di pedalaman Indonesia Timur. Klik di sini untuk mengenal lebih jauh pedalaman Indonesia.

Sumber artikel : 
https://katongntt.com/ntt-ekspor-komoditas-unggulan-sedikitnya-ke-11-negara/

penenun ntt
Bantu Penenun di Pedalaman NTT