Inspiratif

3 Kegiatan Alternatif Bagi Anda yang Gagal Mudik Lebaran

Jelang lebaran, jalanan biasanya dipadati oleh orang-orang yang hendak mudik ke kampung halaman. Jalan raya pun bisa dipakai untuk berbagai kegiatan seperti bermain sepak bola, lomba lari hingga mendirikan tenda. Namun, sayang kondisi tersebut akan berbeda untuk tahun ini.

Pemerintah mengeluarkan larangan mudik untuk mencegah penyebaran virus covid. Banyak perantau pun tak bisa bertemu keluarga tercinta di kampung halaman.

Rasa sedih sudah tentu dirasakan, tapi menjaga jarak di masa pandemi ini juga jadi salah satu bentuk rasa sayang.

Tak Perlu Khawatir Saat Tidak Mudik

tetap berkegiatan di hari raya

Membayangkan orang tua yang sedih karena tak bisa memeluk anak cucu tercinta di hari raya. Tapi, tentu ini bukanlah hal yang biasa. Kecanggihan teknologi seperti sekarang justru bisa mendekatkan yang jauh. Kita masih bisa saling bertukar-kabar melalui layanan video call. Masih juga bisa melihat kondisi dan kabar keluarga di sana dengan instastory yang dibagikan di media sosial.

Agenda untuk Mengisi Libur Lebaran

Pemerintah sendiri sudah memberikan alternatif bagi mereka yang ingin tetap melakukan mobilisasi selama Hari Raya Idul Fitri. Pemerintah menetapkan sejumlah wilayah aglomerasi yang dapat pengecualian pergerakan kendaraan. Pengecualian ini tentu hanya berlaku bagi moda transportasi darat dan juga kereta api.

Nah, Sahabat. Tentu bisa memanfaatkan wilayah aglomerasi ini untuk bepergian ke beberapa tempat yang masih diperbolehkan. Berikut tipsnya:

  1. Berkunjung ke Rumah Sodara

Jika Sahabat memiliki kerabat dekat yang tinggal dekat tempat perantauan. Meluangkan waktu untuk bersilaturahmi ke sana bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengisi waktu luang.Selain bisa saling bertegur sapa kita juga bisa bercerita mengenai keresahan yang selama ini dirasakan pada saat tidak bisa mudik lebaran. Bisa jadi saudara kita juga merasakan hal yang sama.

  1. Bermain ke Tempat Wisata

Tentu dengan menjaga protokol kesehatan. Jika Sahabat belum pernah mengunjungi tempat wisata di tempat perantauan maka tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi.

  1. Melatih Kebiasaan Baru

Momen liburan biasanya bagi beberapa orang bisa menjadi kesempatan untuk membuat kebiasaan baru. Bisa jadi bagi Anda yang sebelumnya terbiasa jarang untuk berolahraga bisa meluang waktu untuk olahraga. Buku-buku yang sudah dibeli namun belum selesai dibaca pun bisa Anda baca kembali.

  1. Berbagi dengan Sesama

Karena tak bisa mudik, pasti ada alokasi dana yang tak terpakai.
Setelah mengirimkan paket untuk keluarga tercinta di kampung halaman, Anda juga bisa berbagi kebaikan di hari raya. Meski tak bisa pulang, tapi kebahagiaan tetap bisa dibagikan pada banyak orang.

Selalu Ada Hikmah

Akan ada saja hal-hal diluar dugaan yang terjadi tidak di bawah kendali kita. Dengan kita tetap tidak mudik semoga bisa menekan angka pertumbuhan penularan pasien covid-19. Serta semoga juga pandemi covid-19 ini bisa segera berakhir.

Selamat berlibur, Sahabat. Semoga Anda dan keluarga di kampung halaman selalu diberikan kesehatan. Aamiin.