Kisah Pedalaman

Kaleidoskop 2021: Perjalanan 35.000 Kebaikan untuk Pedalaman Indonesia

Tak terasa tahun 2021 sebentar lagi akan segera berakhir, tentu ini menjadi salah satu momentum yang pas bagi kita untuk bersama melihat kilas balik diri dalam menyambut tahun 2022 yang lebih baik. Tahun 2021 tentu memiliki cerita tersendiri bagi setiap orang, termasuk bagi Sahabat yang sedang membaca artikel ini.

Pertanyaannya; bagaimana kita bisa mempersiapkan tahun 2022 dengan realistis? Dengan memaksimalkan setiap potensi yang kita miliki?

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara mengevaluasi akhir tahun dan merencanakan awal tahun, kita simak beberapa jejak kebaikan yang berhasil di titipkan oleh Sahabat di tahun 2022 ini, Yuk!

Momen Terbaik di Tahun 2021

Mengawali awal tahun 2021 tepat pada 1 Februari 2021 Insan Bumi Mandiri merayakan hari jadi yang ke-5. Seperti diketahui sejak awal berdiri hingga saat ini IBM selalu berkomitmen untuk menjaga kepercayaan setiap donatur yang sudah menitipkan kebaikan

Berlanjut di Bulan April 2021, kita disambut dengan adanya bulan Ramadhan. Momen Ramadhan di tahun tersebut menjadi peluang kita untuk terus senantiasa berbuat kebaikan dengan saudara kita di pedalaman. Dari Ramadhan kita belajar untuk senantiasa berbagi dengan sesama, salah satunya melalui program Kurma Pedalaman.

Berbagai kesempatan untuk berbuat baik pun hadir, mulai dari berbagi buka bersama dengan saudara di pedalaman, membantu mereka yang ada membutuhkan dengan berbagi sembako bersama dengan pejuang keluarga, hingga paket lebaran bagi yatim dan dhuafa di momen Hari Raya Idul Fitri.

Waktu Cepat Berlalu

Momen kebahagiaan di bulan Ramadhan dan juga Hari Raya Idul Fitri pun berlalu. Meskipun dengan adanya pandemi COVID-19, tidak mematahkan semangat kita untuk terus berbuat baik dengan sesama. Tahun ini juga, Alhamdulillah Insan Bumi Mandiri berhasil menyalurkan qurban ke pelosok Indonesia melalui program Kurban Pedalaman.

Kurban menjadi salah satu bentuk pengorbanan kita sebagai hamba Allah SWT. Bersama melalui momen kurban ini , manusia bisa belajar untuk ikhlas dan juga berbagi kebahagiaan dengan sesama. Tak hanya itu, kurban juga menjadikan kita dapat memberikan dampak yang sebelumnya tak pernah terpikirkan. Sebanyak 2509 hewan kurban berhasil tersalurkan melalui kurban pedalaman yang berhasil Anda titipkan.

Bencana Melanda

Kabar baik yang datang sepanjang tahun 2021 juga diikuti dengan berbagai bencana yang tidak pernah disangka-sangka. Mulai dari Pesawat Sriwijaya SJ-182 yang jatuh di Kepulauan Seribu, tenggelamnya KRI Nanggala-402 di Laut Utara Bali, kebakaran lapas di Tangerang yang menewaskan 49 orang, meletusnya Gunung Semeru yang berada di perbatasan Malang dan Lumajang serta Gempa Bumi dengan kekuatan magnitudo 7,4 yang mengguncang Larantuka Laut Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Adanya bencana tersebut menyentuh hati kita, sehingga membuat kita saling bahu membahu dan membantu sesama untuk meringankan korban para penyintas. 

Harapan Selalu Ada

Terlepas dari kebahagiaan dan juga penderitaan yang kita alami, tak lantas membuat kita harus kehilangan harapan. Nah, Sahabat mumpung masih belum tahun 2022, tidak ada salahnya untuk melakukan beberapa hal berikut, guna menjadi bekal sebagai persiapan kita dalam menyambut 2022 yang lebih baik. Berikut ulasannya:

  1. Jangan Pernah Menyesal

Hampir setiap orang yang ada di Bumi ini pernah mengambil sebuah keputusan, entah itu besar maupun kecil terkadang kita harus sesegera mungkin mengambil sebuah keputusan. Meskipun terkadang memang hasil dari keputusan yang diambil tidak selalu sama dengan apa yang kita harapkan, setidaknya dari hal tersebut kita bisa mengambilhikmahnya.                        

  1. Berani Mengambil Peran

Ibarat sebuah kesempatan kadang kita tidak menyadari bahwa ada begitu banyak kesempatan yang hadir di depan kita. Beberapa kesempatan tersebut seharus menjadi peluang kita untuk dapat mengambil peran posisi tertentu.

Dengan adanya peran yang kita ambil tersebut, harapannya dapat menjadi batu loncatan kita dalam meraih segala sesuatu. 

  1. Fokus Pada Tujuan

Setiap orang setidaknya memiliki tujuan dalam hidup, adanya tujuan tersebut membuat kita menjadi semangat dalam menjadi dalam hidup. Tujuan menentukan bagaimana sikap seseorang kedepannya.

Tujuan yang terukur tentu akan sangat dapat membantu kita dalam mencapai tujuan. Seringkali kita terjebak dalam sebuah kondisi yang membuat kita terkesan sibuk namun tidak ada capaian sama sekali. 

  1. Nikmati Perjalannya

Perjalanan dalam meraih impian memang tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ada saatnya keadaan begitu sangat mulus dan ada saatnya ketika keadaan begitu sangat sulit. Maka untuk itu menikmati segala proses merupakan cara terbaik yang bisa dilakukan untuk saat ini.

Sahabat! Selamat menyambut tahun yang baru, semoga tahun depan kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi.