Inspiratif Tentang IBM

Januari Berbuat Baik: Awali Tahun dengan Berbagi Kebaikan

berbuat baik

Tahun baru 2023 datang. Sepanjang tahun 2022 kemarin, sudah banyak kebaikan yang Sahabat sebarkan di pedalaman. Selama Januari, sebanyak 4.221 penerima manfaat dari 92 titik wilayah, sudah merasakan kebaikan tersebut. Di awal tahun ini juga kebaikan masih terus menyebar. Berikut ini beberapa kisah kebaikan di awal tahun yang bisa Sahabat simak!

Medi Punya Baju Sekolah Baru

Medi sudah sakit kulit bertahun-tahun. Di tengah sakitnya tersebut, Medi tidak mempunyai siapa-siapa untuk menemani dan merawatnya. Pasalnya, semenjak bercerai dengan ayahnya, ibunya tak pernah kembali ke rumah. Sedangkan ayahnya, harus bekerja mencari ikan di sungai. Adiknya, bersekolah. Medi sering merasa kesepian di kediamannya di Desa Aringin, Sumatra Selatan.

Sakit kulit yang dialaminya tersebut membuat kulit Medi menebal, bersisik, dan sangat kering. Menurutnya, rasanya sangat gatal dan perih. Tak jarang sakitnya meradang hingga kulitnya memerah dan mengelupas. Melihat kondisi Medi yang seperti ini, sudah lama ayahnya ingin membawa Medi berobat. Namun apa daya, penghasilannya sebagai pencari ikan tidak pernah cukup untuk itu.

Berkat bantuan Sahabat, kebaikan menghampiri Medi. Ia sudah mulai berobat dan bahkan sudah kembali bersekolah. Dokter bilang kalau penyakit Medi dapat disembuhkan namun, ia harus mengonsumsi obat seumur hidup. Sejak saat itu, kulit Medi semakin membaik. Terakhir, pada awal tahun, Medi dibelikan seragam sekolah. Ia langsung bergegas mencoba dengan wajah penuh senyum.

MCK dan Tempat Wudhu TPQ Sigek

TPQ Darul Huffaz di Dusun Sigek, Nusa Tenggara Barat, sudah berdiri sejak 21 tahun lalu tanpa pernah sekalipun direnovasi. Akibatnya, pintu, jendela, dan juga lantai TPQ tersebut sudah banyak retak. Selain itu, MCK dan tempat wudhu yang biasa digunakan para siswa pun sudah tidak dapat berfungsi. Hujan deras adalah mimpi buruk bagi para siswa di sana karena akan membuat kelas menjadi tergenang sebab atap yang sudah penuh lubang. Jika sudah seperti ini, kegiatan mengaji harus diliburkan.

Para siswa di TPQ Darul Huffaz memang hebat. Mereka selalu semangat belajar mengaji terlepas bagaimanapun kondisi kelas yang mereka gunakan. Melihat kegigihan mereka, para Sahabat di luar sana tergerak untuk membantu mereka. TPQ tersebut sudah mulai direnovasi sejak Agustus 2022. Terhitung sejak 25 Desember 2022, MCK dan tempat wudhu yang biasa digunakan para siswa sudah selesai direnovasi. Tak lupa, kami juga membagikan meja serta karpet untuk menunjang kegiatan mengaji siswa.

Masjid Pore

Selain kesulitan mengakses air bersih, muslim di Kampung Pore, Ngada, Nusa Tenggara Timur, juga tak punya masjid untuk beribadah. Kondisi ini sangat ironis mengingat jumlah mualaf di kampung tersebut seiring waktu semakin bertambah. Jika ingin sholat di masjid, warga di sana harus berjalan jauh ke kampung sebelah melewati medan yang tak mudah. Tak semua warga mampu menempuh perjalanan semacam ini.

Bermodalkan keinginan yang begitu besar, warga di sana nekat mengumpulkan iuran untuk membangun masjid. Alhamdulillah, iuran yang mereka kumpulkan dapat digunakan hingga peletakan batu pertama. Sayangnya, karena mayoritas warga di sana bekerja sebagai petani, mereka tidak dapat melanjutkan pembangunan yang sudah dirintis secara mandiri tersebut.

Keinginan warga yang begitu besar tersebut membuat uluran tangan Sahabat sampai kepada mereka. Masjid pertama di kampung Pore akhirnya mulai dibangun pada 8 Maret 2022. Warga menyambut pembangunan ini dengan rasa syukur. Sebagai bentuk rasa syukur tersebut, warga menyempatkan diri untuk berdoa bersama di tahap awal pembangunan. Selain itu, saat masjid belum sepenuhnya jadi, warga sudah melakukan sholat lima waktu dan tarawih di sana.

Kini, masjid di Kampung Pore telah selesai dibangun. Melihat semangat warga yang begitu besar untuk beribadah di masjid, kami juga melakukan pengeboran sumur sebagai sumber air serta membangun MCK dan tempat wudhu untuk warga yang awalnya tidak direncanakan. Walau pembangunan ini belum rampung seratus persen, warga tetap sangat berterima kasih kepada Sahabat yang sudah membantu mereka.

Terima kasih, Sahabat. Berkat bantuan Anda, warga di pedalaman dapat berbahagia. Semoga kebaikan Sahabat dibalas dengan kebaikan yang berkali-kali lipat. Semoga kebaikan semacam ini dapat terus disebarkan. Mari kita tunggu kebaikan-kebaikan di bulan-bulan selanjutnya!